Sunday, 20 July 2014

#11 [DIY] "Beetroot" Lip Colour + Tutorial

Hai hai, ini DIY ku yang pertama tentang Lip Colour..

Dari semua jenis make up yang ada di dunia ini yang paling aku sukai adalah lipstick, entah mengapa sejak kenal make up hanya lipstick lah aku bener bener sukaaaaa banget.

 Atas nama lipstick, lip balm, lip tint, lip liquid, dll aku suka semua warnanya. walaupun ada warna yang ga cocok kalau aku pake. 

Dan, demi rasa suka ku sama lipstick aku ingin banget coba bikin dan menemukan sendiri warnanya.

Lalu setelah semedi dan searching sana sini maka aku putuskan untuk bikin sendiri.

Bahan bahan yang aku pake ada;

Minyak Kelapa, 2 sendok teh

Beeswax, 1 sendok teh, baca disini

Cocoa Butter, 1 sendok teh, baca disini
Sari dari Tanaman Beetroot/ Bit, 1 sendok teh, baca disini

Alat;
Gelas Pyrex 8 oz (boleh pake panci atau wadah yang tahan panas)
Sendok teh/Spatula
Double Boiler 

Cara pengerjaannya;
Pertama, masukan minyak kelapa, beeswax, dan cocoa butter kedalam gelas pyrex untuk dilelehkan dalam double boiler dengan api kecil ya. Kalo udah meleleh langsung diangkat



Kedua, setelah semua meleleh. Tunggu sampai adonannya agak mengental



Ketiga, setelah adonan hangat dan agak mengental, tambahkan Sari dari Tanaman Beetroot

Pada langkah ketiga ini aku sedikit agak kesulitan. Soalnya kan minyak gitu dicampur air ga bakal nyatu kecuali dikasi pelarut kayak glyserin atau alcohol. Karena ga ada glyserin aku paksain biar nyatu walaupun nanti warnanya lip colour nya  jadi ga maksimal. Di percobaanya aku sampe ngulang 2 kali pewarnaan. Yang pertama pas saat baru mendidih aku masukin sari beetroot trus dipanaskan lagi, hasilnya malah tambah ga nyatu. Kedua aku tunggu adonannya agak hangat dan mengental, baru sari beetrootnya mau nyatu sama adonannya tapi ya ga maksimal.



Keempat, diaduk aduk sampai menyatu



Kelima, kalau udah nyatu pindahin dalam wadah lipstick bekas atau wadah yang lain



Keenam, tunggu sampai beku

o iya nunggu bekunya ga aku masukin ke kulkas tapi aku biarin aja disuhu ruang, dan setelah beku nanti warnanya akan berubah dari yang sebelumnya kayak merah kecoklatan pekat, jadi pink gelap kayak gini. (aku sukanya disini) hahahaha :D



dan huffff~ akhirnya selesai dan ternyata lumayan repot, tapi aku suka dengan hasil akhir warnanya


Swatch Beet lip colour;


ditangan



dibibir

with flash


daylight



Hasilnya;

Dengan komposisi bahan bahan diatas warna lip colournya jadi berwarna campur campur gitu antara pink gelap agak kecoklatan tapi ga coklat. Duh apa ya nama warnanya pokoknya itulah. Biar ga pusing kasi aku nama shade “beet” aja.

Lip colour yang aku bikin moisture banget, trus bebas pengawet + alami, kalo dipake tahan lama sekitar 7 sampai 8 jam, kecuali kalau dibawa makan dan minum ga akan tahan selama itu.

Kalo kejilat rasanya agak manis karena sari tanaman beetroot, wanginya wangi coklat dari cocoa butter

kalo dipikir pikir teksturenya kayak lip butter cuma yang ini sedikit lebih padat dan hasilnya sedikit glossy.


***

aaaaaah senengnya besok besok aku mau bikin lagi dengan komposisi, bahan dan warna yang berbeda, mungkin aku harus beli glyserin biar hasilnya jadi lebih bagussss

**

semoga bermanfaat


update* 


1. supaya lebih tahan lama boleh tambahkan pengawet makanan "natrium benzoat" atau simpannya didalam kulkas < ini mungkin sedikit agak ribet. atau kalau ga mau tambahin natrium benzoat / masukin dalam kulkas bisa tambahin vitamin biar awet. tapi aku belum tau kemungkinan sampai berapa lama tahannya.


2. sayang sekali diy ini tidak bertahan lama, karena 3 hari kemudian warna beetnya hilaaaaang T^T, mungkin sebaiknya aku pakai pewarna makanan aja. tapi aku tetap coba terus bagaimana supaya warnanya tahan lama :D




amna




14 comments:

  1. aaaa keren banget DIY-nya tapi agak ribet ya :( aku stay dikota kecil susah ngedapetin bahan-bahan diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai dien, aku juga tinggal dikota kecil loh. semua bahannya dikit" aku kumpulin. itu pun kalau singgah ke kota besar atau nitip teman :D

      Delete
  2. Ternyata mudah ya bkin lipstick dr bahan2 natural ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mudah mudah gampang hehehe :D

      Delete
  3. Baru mo bikin juga nih DIY pake cocoa butter. Enak ya kayanya ada rasa beet sama cokelat.. *slurp* ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak *slurp* apalagi ditambah rasa vanila sama berry tambah enak >.<

      Delete
  4. mbak selain sari dari beetroot, warna yg cakep apalagi ya ?
    kumpulin dikit2 ah bahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pernah coba pake pewarna kue, bubuk coklat, dan kayu manis
      sipp dikit dikit lama lama jadi bukit :D

      Delete
  5. Keren banget Ika. Seneng deh main ke blogmu. Karena bnyk artikel DIY

    www.aloha-bebe.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng juga kalo kamu main ke sini bel, semoga bermanfaat :D

      Delete
  6. Kemarin ini, aku buat Beetroot Lip Stain. Lebih awet dan lebih berwarna. :D
    Cara buatnya juga lebih gampang, berhubung aku pun males pake bahan-bahan berat. Tapi, yes, aku pake gliserin, mungkin itu yang bikin awet. ^^
    Masalahku kemaren adalah, nggak punya wadah lip stain yang bener. Udah gitu ini harus disimpen di kulkas biar gak rusak. XD
    Tapi keren deh, kamu telaten bikin macem-macem! :)


    Main-main ke playground ku ya - http://citraramya.blogspot.com/ * GFC ada di samping kanan *

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu juga keren, aku suka baca baca blog mu :D

      Delete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...