Friday, 18 July 2014

#10 [DIY] Perwarna dari tanaman Beetroot/Bit

sebenernya aku udah lama penasaran dengan buah beetroot ini, soalnya kalo liat di tv atau internet warna nya waaahhh.... bagus banget. aku ingin bikin pewarna dari tanaman ini.

dan, secara ga sengaja waktu aku ke padang kemaren. aku singgah ke robinson sama mama. waktu liat di stand sayuran mata aku langsung ngenalin ini beetrooot. trus bilang "maaaaa, aku mau ini. beli in yaaa" hohoh :v

penjelasan tentang beetroot/bit

Pada tanaman bit, yang lebih dikenal mempunyai khasiat kesehatan adalah umbinya. Berbentuk bulat seperti kentang dengan warna merah – ungu gelap. Daunnya bisa dimasak seperti sayur hijau lainnya. Bit berasal dari Mesopotamia, yang kemudian menyebar ke negara tetangga di daratan Asia maupun di Eropa.

Bit mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dengan sedikit kandungan protein dan lemak. Banyak cara menyantap akar bit, yaitu: dibuat jus, direbus sebentar untuk salad, dibuat pure (dihaluskan) untuk sup, dan lain-lain. Yang perlu diperhatikan, apabila pada buah-buahan kulitnya dianjurkan untuk disantap, pada akar bit, kulitnya sebaiknya dibuang.

Ada yang beranggapan bahwa jus bit adalah jus yang terbaik untuk kesehatan karena mengandung gula alami, sodium, potassium, fosfor, kalsium, magnesium, sulfur, klorin, iodine, zat besi, copper, vitamin B1, B2, C dan P. Kandungan bit menyeimbangkan kadar basa dan asam, sehingga sangat bagus bagi keseimbangan tubuh kita. Walaupun mengandung karbohidrat, kalorinya rendah. Jadi jangan kuatir, menyantap bit tidak akan menaikkan berat badan Anda. Dalam mengasup jus bit, sebaiknya akar bit dicampur dengan buah atau sayur lainnya, karena akar bit saja bisa membuat tali pita Anda kaku dan sulit bicara dalam waktu tertentu, kecuali Anda minum jus murni dari akar bit organik yang justru akan menyembuhkan kekakuan/kelumpuhan pada pita suara (http://en.wikipedia.org/wiki/Beet).


sampai di rumah tanaman ini ga selamat. beetrootnya langsung aku parut untuk diambil sarinya.
rencananya sih mau dibuat jadi pewarna.


beetroot yang udah diparut aku peras pake kain. kandungan airnya banyak banget loh rasanya juga manis, sedep juga dibikin jus :D

nah, beetroot yang udah diperes aku simpan di wadah kecil (ini jadi pewarnanya) 

kalau mau beetroot nya juga bisa dibikin jadi bubuk. tapi prosesnya cukup lama dan panjang. mulai dari dikeringkan, dihancurkan, dikeringkan lagi, trus diayak dalam ukuran tertentu.



 o iya, hati hati pake parutan ya. jangan sampai tangannya luka luka kayak aku. duh jadi jelek




amna

No comments:

Post a Comment

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...