Thursday, 20 July 2017

[Curcol] Update Skincare Rutin - Wajah


skincare rutin? sebenernya itu hal sensitif yang jarang aku bahas dalam 1 postingan blog. tapi demi request-an temen temen di instagram ku kenapa tidak.

aku bilang sensitif karena skincare rutinku ga heboh heboh amat kayak step-an skincare korea yang sampe berlayer layer. menurutku skincare ala korea terlalu merepotkan buat aku yang pemalas ini, aku ga sabaran nunggu 1 layer kering lalu timpuk lagi layer berikutnya. tapi sebenernya sih kalo aku lagi mood 100 layer pun bukan masalah. dan nyari skincare koreanya musti online dan biayanya cukup mahal. maka dari itu kepada pembaca blog ika amna yang aku sayangi, muka mulus harus dirawat, muka sehat harus dijaga. walaupun step an skincare ku simpel kayak niatku tapi ini worth it dimuka ku sebagai dasarnya.

dulu banget aku pernah bikin postingan blog yang inti isi postingannya "skincare rutin tidak akan pernah gagal" ga bergantung produknya apa pun itu. mau mahal, mau murah, mau standar, atau mau diy an, merk korea, merk drug store, merk lokal, atau merk indie. terserah~! semuanya ga akan berguna kalau tidak dipakai secara rutin, dan ya tentu saja juga harus disesuaikan dengan keperluan dan jenis kulitmu. kalau kulitmu kering pakai tipe skincare untuk kulit kering, kalo berminyak pake yang untuk berminyak dan seterusnya.

http://amna-ika.blogspot.co.id/
kehabisan stock viva milk cleanser yang green tea

karena aku sendiri ga terlalu pusingin mau pake brand/merk apa, selama itu aman, bagus dikulitku, dan sesuai buget yang aku punya, ga masalah. lalu kebanyakan skincare ku sekarang adalah brand lokal yang mudah ditemuin disupermarket terdekat. trus rata rata yang aku pake itu viva, himalaya, sariayu, mustika ratu, dan ovale. kebanyakan dari semuanya adalah jenis cleanser dan masker. difoto ada yang utama spice aku dapet itu dari menang giveaway. keduanya ini pelembab sejenis lotion dan butter.

nah kalo dipostingan tentang skincare rutin ini, aku akan bahas perawatan apa yang aku pakai sehari hari. sebelumnya tipe kulitku sendiri sekarang adalah campur aduk kombinasi cendrung kering + masi berjerawat. percaya atau ga dulu tipe kulitku berminyak dan berjerawat parah entah ini karena pengaruh usia atau cuaca sekarang kulitku cendrung kering sudah dalam beberapa tahun ini.

"skincare first make-up second"

urutan skincare pertama yang selalu aku lakukan setiap pagi, adalah "membersihkan"
bangun tidur aku selalu membersihkan kulit wajah, walaupun sudah aku bersihkan malamnya. aku rasa masih perlu dibersihkan. karena dari pernah yang aku baca kalo tiap malam itu kulit kita beregenerasi menggantikan sel kulit lama dan tua. jadi sisa sisa kulit lama kalau ga dibersihkan akan menumpuk dikulit. itulah yang akan menyebabkan kulit menjadi kusam, komedo, jerawat. dan lain lain.

http://amna-ika.blogspot.co.id/
kulit bersih pangkal kulit sehat, tapi tiap bulan dapet dan jerawatan. ok fine~!

untuk membersihkan kulit aku paling sering pakai viva milk cleanser varian green tea, lemon, atau bengkoang, kadang juga pakai milk cleanser yang dari merk nivea, itu pakenya sambil dipijat pijat ringan dimuka. kedua cleanser ini melembabkan dikulit. dan untuk membersihkannya aku pakai kapas atau sponge. keduanya sama sama bagus untuk membersihkan milk cleanser, tapi kalau kapas bisa langsung dibuang, kalo sponge harus dicuci kembali karena bisa dipakai berkali kali. lebih hemat juga sebenernya sih dari pada kapas, tapi ya lebih repot.

lalu selain pakai milk cleanser, aku juga pakai cleansing water kalau lagi malas. ini pakenya lebih cepat dan ringkas cuma muka jadi rada kering gitu sesudahnya.

selain itu aku juga pake minyak kelapa yang sudah aku infus dengan rempah atau ditambah essential oil. khusus untuk membersihkan kulit wajah dengan minyak kelapa aku pakai handuk hangat untuk membersihkannya. jatuhnya kayak ocm gitu. tapi ini tergantung mood dan kalau sedang tidak buru buru.

kemudian setelah membersihkan kulit pakai milk cleanser aku pake sabun cuci muka untuk membersihkan sisa sisa produk cleanser. khusus untuk sabun cuci muka aku pake sabun yang aku bikin sendiri dari bahan bahan natural dan alami, kalau teman teman ingin coba kebetulan aku juga buka costume order untuk sabunnya. bisa cek disini

http://amna-ika.blogspot.co.id/
sabun yang lagi sering aku pake sekarang, varian matcha green tea + kaffir lime (jeruk purut) + himalayan pink salt

nah kalau yang produk pabrikan aku sudah jarang pakai tapi dulu sekali aku pernah coba pakai facial wash dari himalaya herbal sama dove, dan dua produk itu lumayan cocok dikulitku.

setelah membersihkan maka lanjut ke bagian "menutrisi" karena yang makan bukan cuma perut aja, tapi kulit juga. setelah kulit bersih maka saat itu adalah keadaan paling baik memberi nutrisi untuk kulit. kalo aku sehari harinya sehabis membersihkan kulit muka aku pakai toner.

http://amna-ika.blogspot.co.id/
bikin toner

toner yang aku pake disini paling sering adalah air mawar kadang aku bikin sendiri atau pakai air mawar dari viva. kadang juga aku bikin toner dari air aquadest yang aku campur dengan essential oil. untuk pemakaian toner aku punya dua cara;
  •  yang pertama pakai kapas ➜ kapasnya aku basahin dengan toner kemudian aku tempel diwajah ala ala chizu saeki method. jadi bisa sekalian maskeran.
  • yang kedua pakai botol spray ➜ dirumah aku punya botol spray kecil yang aku isi dengan toner itu tinggal semprot semprot doang di wajah. kemudian di tepuk tepuk manjah dan kelar.
setelah toner, kalau aku keluar rumah aku akan pakai sunscreen. dan sunscreen yang sering aku pake itu dari merk wardah dia kayak sunscreen gel gitu dengan spf 30. sunscreen ini mudah menyerap dan ga lengket dikulit. dari beberapa sunscreen yang pernah aku coba yang dari wardah ini cocok banget sama kulitku. selain itu harganya juga hemat. untuk kemasan 40 ml nya dibandroll dengan harga sekitar 28 sampai 30k.

tapi kalau hanya dirumah setelah toner aku pakai oil oilan. dan oil yang saat ini aku pake ada beberapa jenis; diantaranya cranberry oil, jojoba oil, blackberry oil, grapeseed, sama meadowfoam oil. semua oil oilan ini bagus untuk kulit.

http://amna-ika.blogspot.co.id/
botol oil oilan yang aku blend sebagai serum atau pelembab, udah mau habis sisa beberapa tetes lagi

karena semua oil oilan diatas cukup susah untuk dicari kalo aku kehabisan, sebagai penggantinya aku kadang juga pake minyak kelapa yang dicampur dengan essential oil.

minyak kelapa yang aku pake itu virgin coconut oil (vco) < dimana jenis ini lebih murni dan bagus. nanti kapan kapan kalo sempat aku mau bikin tutorial bikin minyak kelapa vco.

untuk sore/malamnya; setelah muka bulukan dan debuan karena aktivitas. untuk merawat kulit, aku kembali ke metode awal yaitu membersihkan kulit. kalau aku pake makeup aku bisa pakai double sampe triple cleansing untuk membersihkan makeupnya. mulai dari:

milk cleansing / cleansing water / oil (coconut oil) > baru sabun cuci muka > toner > dan oil sebagai pelembab atau serum

setelah itu biasanya juga 3 kali dalam seminggu,  "optional" (boleh pake atau ga)
aku maskeran dengan masker clay. kadang aku masker clay yang diy atau masker clay yang udah jadi kayak yang aku pake ini dari merk sariayu isinya kaolin clay atau masker nya himalaya yang isinya multani mitti clay/fuller's earth. masker clay kayak gini bagus untuk mendetox kulit dari racun racun dan polusi serta juga menyerap kelebihan minyak dan kotoran dikulit. juga sehabis maskeran pake clay aku biasanya juga pakein toner dan oil sesudahnya, karena rasanya abis maskeran pake clay itu kulit jadi rada kering.

selain dengan clay kadang aku juga suka maskeran sama sisa sisa sayuran atau buah (ya apa yang ada), kadang kulit pisang aku templokin ke muka atau timun, kadang parutan wortel. #lol

ada lagi yang namanya exfoliating pake scrub atau produk khusus gitu untuk menggangkat kulit mati dan mencerahkan, aku pikir karena aku sudah rajin gosok mukaku setiap hari pake kapas atau sponge. exfoliating sudah ga perlu lagi dimasukkan dalam skincare rutinku.

jadi sifatnya skincare rutin ku ini fleksible apa aja hayo kalo perlu pake kalo ga ya ga usah pake, dan kalo diringkasin cuma gini;

membersihkan > menutrisi > optional


http://amna-ika.blogspot.co.id/
poker face: mari maskeran mbak & mas

nah, skincare rutin aku biasa aja kayak gitu. cuma ini rutin aku lakukan setiap hari. selain dari skincare rutin untuk merawat kulit aku juga banyak minum air putih. sehari bisa sampai 2 liter lebih. aku juga minum air jeruk hangat tiap pagi dan banyak makan sayur dan buah. sebenernya niat awalnya ingin sehat. tapi pola makan dan minum yang baik juga memberikan banyak pengaruh ke kesehatan kulit kita. walaupun aku juga suka makan gorengan tapi makannya ga banyak, aku juga banyak hindari dan potong porsi makanan bergula, tapi tetap makan kok cuma ga berlebihan. kue kue manis, cake, dan es krim tetap favorit aku.





semoga informansi ini bermanfaat, o iya bagaimana skincare rutinmu?

amna




8 comments:

  1. Sayangnya aku males banget kak maskerannya 🤗 hahaha tp boleh juga tuh kak resep tonernya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupp diy tonernya boleh dicoba neng

      Delete
  2. Lengkap. Bisa dicoba nih. kalau pakai masker timun, pernah, meski nggak rutin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup mba, apa aja sisa sisa sayuran yang bisa dipake.

      Delete
  3. Aku paling malas kalau perawatan hehe

    ReplyDelete
  4. Aku juga bagian dari skin care junkie. Aku lebih sering nerapin 8 step skin care biarpun ribet tapi hasilnya bagus buat jangka panjang.

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp deh, sesuaikan dengan selera :3

      Delete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...