Saturday, 24 June 2017

Menyusun Rencana Kabur dari Kebosanan

ah hi there, disini ika amna. apa kabar? semoga sehat selalu.

lama ga ngisi blog, kayaknya hampir sebulan lebih? ga kayaknya cuma sebulan kurang. ya whatever. aku ga punya alasan apapun untuk bilang kenapa aku jadi jarang sekali ngeblog. aku disini terlalu asik bermalas malasan dan tidur siang. ah.. tapi terlalu lama bermalas malasan dan tidur ga enak juga, aku jadi jamuran dan ketinggalan sendiri. sendirian itu sedih #sigh 😤

aku juga jadi merasa bersalah karena aku merasa punya tanggung jawab untuk produktif dan berkarya kepada diri sendiri, entah apapun itu. secara aku udah selesaiin sekolah dan kuliahku, harusnya waktuku jadi lebih banyak untuk melakukan apapun yang aku inginkan. tapi ternyata tidak begitu, aku masi terjebak dalam pola pikir yang memalaskan dan membuat aku terjerumus dalam kebosanan atas nama malas. hahahahaha~

bonus: burung cinta punya papanya adek sepupuku di purwakarta

sebelum aku menyusun rencana untuk kabur dari kebosanan, aku bikin list dulu kenapa seseorang bisa bosan. kira kira kurang lebih seperti yang dibawah ini:

1. tidak menyukai pekerjaan/kegiatan yang dilakukan
2. tidak menguasai/terlalu menguasai pekerjaan/kegiatan yang dilakukan
3. terlalu sering melalukan pekerjaan/kegiatan yang sama berulang kali (monoton)
4. tidak mendapatkan keuntungan dari pekerjaan/kegiatan yang dilakukan
5. jenuh dengan lingkungan pekerjaan/kegiatan
6. tidak punya tujuan dan arah dalam melakukan pekerjaan/kegiatan
7. tidak punya teman

semua point diatas terlihat masuk akal untuk pemalas dan introvert yang mudah bosan seperti aku, ha.. jadi sekarang bagaimana rencananya?

ya tinggal lakukan kebalikan dari semua point diatas, mulai dari melakukan kegiatan yang disukai. gimana kalau kegiatan yang disukai adalah tidur dan malas malasan? o hayolah hidup cuma sekali masa hanya disia siakan untuk tidur dan malas malasan. #ngomongsamadirisendiri. aku masi percaya ada banyak hal menarik yang belum aku ketahui untuk dikerjakan. rasa malas itu benar benar akan menghancurkan semuanya.

salah satu favoritku adalah mempelajari skill baru apapun itu, aku selalu bersemangat untuk belajar skill baru. kemarin ini aku baru belajar bikin rendang dan hasilnya lumayan enak untuk besok dimakan lebaran. walaupun tidak seenak buatan mama hehe~ o iya ada banyak sumber kalo ingin belajar sesuatu yang baru, kalo aku salah satunya suka liat liat pinterest.com ada banyak hal seru seru yang bisa dilihat disana.

contohnya; untuk lebaran besok aku ingin pakai makeup jadi aku liat liat pinterest kira kira apa yang bagus. dan ketemu yang ini, mungkin besok aku mau pake makeup rada rada glam nude. ada banyak contohnya 💓



lalu deal dengan keadaan yang monoton kalau memang itu yang terjadi dan dibutuhkan, contohnya setiap hari kita makan. masa gara gara tiap hari kita makan, lalu kemudian kita akan bosan dengan makan. itu ga masuk akal. kalo ga makan kita bisa mati. jadi deal with it. gunakan kreativitas agar kegiatan monoton makan tidak jadi membosankan. makanya setiap hari menu makanan yang kita makan terus berganti.

contoh lainnya; ketika bekerja disebuah perusahaan jangan mentang mentang bosan lalu main keluar aja, ga begitu juga. banyak pertimbangan dan harus ditimbang timbang dulu. kalo berenti kerja disini bakal susah ga nanti ekonominya, bakalan merusak citra diri sendiri apa engga kalo ngelamar keperusahaan lain sesudahnya. ya kira kira begitu.

dan seharusnya kalau kita menyukai suatu pekerjaan atau kegiatan, secara ga langsung kita akan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. dan keuntungan itu bisa dalam bentuk apa pun, tidak selalu materi. bisa jadi teman baru, kenalan baru, pengalaman baru, dan apapun yang membuat kita tumbuh jadi lebih baik. dan kalo dapat materi itu syukur sekali. hahaha~

kalo suka dengan kegiatan yang dilakukan pasti tau apa tujuannya. misalnya aku suka bikin diy diy-an dengan tujuan sharing lalu aku tulis di blog diantaranya yang berguna bagi orang lain, dan orang lain itu terbantu. aku senang ada kepuasan tersendiri disitu.

tidak punya teman? aku ga tau mau komentar apapun. pass dulu deh kayaknya. :v

jadi kalau disimpulkan rencana kabur dari kebosanannya, sebagai berikut;

1. mulai dari melakukan kegiatan yang disukai
2. mempelajari skill baru
3. deal dengan keadaan + use ya own creativity to not to get bored easily
4. kalo suka dengan kegiatan yang dilakukan pasti tau apa tujuannya
5. + cari teman (minimal teman yang sehobi) - mencari teman yang sehobi bisa lewat perkumpulan forum atau grup online, kalau rasanya menemukan teman di real life cukup sulit

aku sekarang mikir juga kira kira apa yang akan aku lakukan sesudah postingan ini, mungkin akan bikin postingan berikutnya. lanjut ke postingan berikutnya lagi lalu begitu seterusnya. aku ngerasa blog juga membantu aku untuk tetap produktif, dan menemukan hal hal seru. 💓💓💓

🎮 dan jangan lupa untuk menikmati prosessnya 🎮

dan selamat lebaran ya. mohon maaf lahir batin kalo aku ada salah salah yang disengaja atau ga disengaja diblog ini. aku doakan semua bisa berbahagia berkumpul dengan orang orang yang disayang.



amna







4 comments:

  1. Aku suka sama yang kukerjakan. Tapi masih sering ngerasa bosan :)) Emang dasarnya gampang bosan sih. Mau mencoba hal baru, lah malasnya minta ampun. Repot ya mau jadi manusia berguna :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. whahahahahahhaah best komen yang aku baca hari ini :*

      Delete
  2. Salah satu penyebab aku bosan adalah lelah, mba. ENtah kenapa kalau lelah tuh mengerjakan sedikit aja langsung deh bosan. AKhirnya istirahat dlu buat menggumpulkan ide

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba baik sekali itu istirahat dulu biar yang dikerjakan nanti maksimal hasilnya. cuma mending saran aku kalau istirahat yang plek istirahat aja mba ga mikirin atau nyambi ngumpulin ide buat pekerjaan, jadi bisa bener bener rileks mbanya. habis itu baru deh hajarr~ :D

      Delete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...