Tuesday, 11 April 2017

[Tips] 10 Cara Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Kebutuhan Sehari Hari


Halo, semoga hari-mu bahagia selalu.

sebenernya postingan ini sudah lama ingin aku publish dan ternyata baru ada kesempatan sekarang publishnya setelah berbulan bulan lamanya mendem cantik jadi draf.

dipostingan kali ini aku ingin sharing tentang minyak kelapa yang manfaatnya sangat keren untuk untuk dipakai sehari hari. tapi sebelumnya aku ingin berpendapat sesuatu nih. walaupun negara kita punya kebon kelapa yang sangat banyak tapi kayaknya termasuk jarang loh minyak kelapa ini benar benar digunakan untuk sehari hari. maksud aku dalam kegiatan rumah tangga. dan lebih banyak sawit semua. coba cek dapurmu ada minyak kelapa? kalau ya beri tau aku dong, kalau ga kasi tau juga dong. buat survey kecil kecilan. haha



minyak kelapa yang asalnya dari buah pohon kelapa, banyak tumbuh dinegara kita dengan subur. lalu mulai dari batangnya, daunnya, lidinya, dan tentu saja buahnya, semua bisa dimanfaatkan. lalu minyak kelapa yang dihasilkan dari buah kelapa mengandung asam lemak yang baik untuk tubuh terutama kulit.

nah, disini minyak kelapa yang diproduksi oleh masyarakat dan industri lokal kita ada yang berupa minyak kelapa olahan, minyak kelapa (fraksinasi), minyak kelapa murni (virgin coconut oil - vco) dan minyak kelapa hidrogenasi.

minyak kelapa olahan -> diolah dari kopra yang diekstrak menjadi minyak

minyak kelapa fraksinasi -> diolah dengan metode fraksinasi dengan mempertahankan kandungan asam lemak

minyak kelapa vco -> minyak kelapa murni yang diolah secara tradisional tanpa pemanasan atau tanpa proses penambahan bahan tertentu

minyak kelapa hidrogenasi -> ini adalah minyak yang ditambah dengan molekul hidrogen + katalis nikel, jadinya nanti minyak kelapanya akan beku dalam suhu ruang. tapi asam lemaknya berubah menjadi asam lemak trans

dari ke 4 jenis minyak kelapa diatas aku akan sangat merekomendasikan vco/minyak kelapa murni untuk aplikasi tips diy-an dibawah. kecuali tips yang no 8 aku lebih bisa coba minyak kelapa fraksinasi atau olahan.

lalu tips tips penggunaan minyak kelapa, sebagai berikut;

1. oil pulling
ini adalah metode membersihkan mulut dan gigi dengan kumur kumur dengan minyak. asal muasalnya dari india (sejenis teknik ayurveda) dan dipercaya dapat menyerap racun dalam mulut dengan warna minyak yang berubah menjadi putih susu. itu kalo yang aku baca di wikihow. tapi rasanya pernyataanya belum terlalu bisa meyakinkan. karena sama aja kayak aku nguncangin air dalam botol yang tadinya jernih berubah jadi keruh. tapi mungkin botolnya emang kotor. sama kayak mulut yang mau dibersihkan. huh? racun seperti apa yang ingin bersihkan sebenernya sampai saat ini aku masi penasaran.

tapi aku percaya metode ini bisa membersihkan gigi, mengurangi bau mulut, dan menguatkan gigi. karena yang dari aku coba lebih dari sekedar sikat gigi. metode oil pulling ini sukses secara perlahan membersihkan karang gigiku, juga menghilangkan bau mulut. dan tentu saja minyak yang aku pakai untuk oil pulling ini adalah minyak kelapa. tapi sebenernya bisa coba minyak nabati yang lain kayak sesame atau zaitun. tapi minyak kelapa rasanya lebih ringan mulut, kalau mau coba.

cara melakukan oil pulling ini bisa dilakukan setiap pagi bangun tidur sebelum gosok gigi. kumur kumur sama 1 atau 2 sendok minyak kelapa sekitar 15 s/d 20 menit (mayan pegel mulutnya). kemudian jangan lupa dibuang ya jangan ditelan. dan setelah itu jika dirasakan masih perlu boleh sikat gigi kok. tapi kalo aku cuma seharian dirumah aku ga sikat gigi lagi. paling bilas dengan air dan lanjut makan kayak buah buahan kalo ada.


2. pelembab kulit (hand,body, and face)
vco adalah jenis minyak kelapa yang sangat aku rekomendasikan untuk ini. ga pusing pusing caranya bisa dengan langsung templok aja minyaknya ke kulit secara rutin.

nah ada salah satu teknik asik nih yang aku baca di female daily dulu banget. minyak kelapanya bisa dipakai sesudah mandi ketika tubuh masih basah. dengan cara ini akan lebih cepat mempercepat meresapnya minyak kelapa dikulit. dan abis itu ga perlu handukan lagi, biarin aja dikulitnya sampai kering sendiri.

khusus untuk kulit wajah, bisa sama aja dengan yang diatas. atau bisa juga dicoba dengan memanaskan minyaknya ditangan dengan cara digesek gesek lalu di tap tap kan dikulit. dengan cara ini cuma perlu sedikit sekali minyak.

untuk yang kurang suka dengan sensasi minyakan dikulit, tenang aja. minyak kelapa termasuk minyak ringan yang cepat meresap dikulit kok.

oil based lotion
kadang juga suka aku bikin lotion gini, tinggal campur sedikit beeswax agar teksturenya lebih padat dan creamy. biar wangi tambah beberapa tetes essential oil. and HEAVEN~ our magic lotion doneeee~!!

3. masker rambut dan serum untuk alis dan bulu mata
untuk masker rambut aku suka pakai minyak kelapa dengan bubuk kunyit, dan pakenya ketika rambutnya dalam keadaan basah.

lalu untuk serum alis dan bulu mata, minyak kelapanya suka langsung aku oles oles aja ke alis dan bulu matanya. atau pake sikat maskara yang bersih untuk aplikasi di bulu matanya. cuma cara ini agak ga enak kalau kebanyakan bisa masuk kemata jadi hati hati. cara yang baik juga bisa langsung aplikasiin ke lingkaran mata bagian luar itu juga sudah cukup.

4. makeup remover
minyak kelapa sebagai makeup remover adalah salah satu favoritku. habis ini tinggal pakai milk cleansing untuk membersihkan sisa sisa minyaknya.

beberapa waterproof

biarkan minyak kelapa meresap beberapa saat

make up akan meleleh dan mudah untuk digosok

bersihkan sisanya dengan kapas atau tissu

5. lip gloss
ini sebenernya trik lama, kalo punya lipstik matte yang agak kering bisa dioles sedikit minyak kelapa agar terlihat glossy dan lembab. tapi hati hati jangan sampai terlihat seperti habis makan gorengan. lol

matte

glossy shine fab, heheh~
6. shaving oil
shaving oil, ini buat mu suka cukuran. minyak kelapa bisa dijadikan oil sebelum melakukan shaving atau cukuran rambut rambut liar yang tumbuh di tubuh. minyak kelapa sebagai shaving oil akan mengurangi iritasi dan tetap membuat kulitmu lembut sesudah shaving.

cara pakainya, oles oilnya dulu sebelum dishaving~

7. diy-an ocm (oil cleansing method)
membersihkan kulir wajah dengan oil cleansing method bisa dicoba perbandingan ini 1:3 castor oil dan minyak kelapa. sebelumnya aku juga pernah bikin pembahasannya. bisa dibaca di disini.

8. base oil untuk parfume, dan infuse (rempah-rempah)
minyak kelapa fraksinasi bisa dipakai sebagai base oil untuk parfume dan infuse karena aromanya tidak terlalu tajam, warnanya bening, dan termasuk jenis oil ringan yang mudah diblend dengan parfume, essential oil, dan rempah rempah.

essential oil koleksiku

9. obat gatal, ruam, lecet
kalo aku suka gatal, ruam, atau lecet. minyak kelapa bisa membantu untuk mengurangi rasa gatal dan perih dikulit. mama ku juga dulu suka kasi minyak kelapa sebagai pengganti baby oil untuk ruam popok. kalo pantat kami (aku dan adekku) udah merah merah karena lembab dan iritasi popok. #nostagila

10. scrub oil
dibandingan dengan oil oilan yang lain, minyak kelapa adalah oil yang paling cocok digunakan sebagai oil scrub, karena tekturenya lebih ringan dan cepat menyerap dikulit. untuk scrub biasanya aku pakai garam, gula, kopi, atau beras yang ditumbuk. udah kayak sembako dan cocok tuh scrub dikasi nama scrub sembako.



punya tips menggunakan minyak kelapa? boleh sharing disini akan update dari creditnya darimu juga akan ditulis.



amna


3 comments:

  1. Waaah, nomor 4 boleh juga tuh sebagai make-up remover, kelihatannya tongcer juga. Tapi apaka yang dimaksud dengan minyak di postingan ini, minyak kelapa yang diolah sendiri (rumahan)? Apakah bisa juga dari berbagai merek yang ada di pasaran yang dalam kemasan 1 atau 2 kg? Postingan yang manfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak kelapa yang diolah sendiri juga boleh bunda malah lebih bagus, yang pasaran juga ga masalah.

      kadang aku pake minyak kelapa yang untuk masak itu tapi ya masi olahan usaha rumahan juga. yang pasaran dan udah ada merk nya juga aku pernah coba ga masalah juga. pake aja, cuma ya kualitasnya ga terlalu bagus kayak minyak kelapa murni (vco) atau yang diolah sendiri dirumah.

      makasi bunda, senang postingannya bisa bermanfaat.

      Delete
  2. Wah., bermanfaat banget informasinya mbak, jadi lebih tahu manfaat minyak kelapa.

    ReplyDelete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...