Wednesday, 1 February 2017

[Tips] Merawat Kulit Untuk Yang Suka Begadang


Yo long time no see, apa kabarnya. semoga sehat selalu~

aku senang akhirnya aku bisa bikin postingan blog lagi, rasanya aku produktif kembali setelah beberapa bulan yang memusingkan ini. nah sambil menunggu nilai seminarku keluar, aku mengasingkan diri dirumah sambil menulis ini.

dibulan bulan yang lalu aku jarang banget bisa tidur, dapat tidur pun itu sama sekali ga nyenyak. aku bisa begadang sampai 2 hari 2 malam ngerjain skripsi, tapi akhirnya tumbang juga alias ga kuat. tapi setelah tumbang lanjut lagi begitu. demi skripsi, demi ikut seminar, demi kelulusan. tidur malam pun paling larut jam 2 sampai 4 pagi. lah bunuh diri kalau dilanjutkan. ditambah makanku pun ga teratur apa yang dekat dan bisa dimakan, aku makan. -_-"

akhirnya yah, kondisiku jadi memburuk apalagi kulit wajah. kalau aku bawa ngaca ini muka nampak lelah, kuyu, sayu, ada bayangan hitam dibawah mata (mata panda), dan jerawatan. karena ga inget mau pake cleansing, serum, masker, atau toner sama sekali. tapi dari semua itu ada yang bikin aku seneng loh karena berkat itu berat badanku turun 4 kilo lebih, wahahahhaha~ aku senang berkat ini kebaya untuk wisudaan jadi muat, sekaligus sedih karena ini sama sekali ga sehat.

setelah selesai semua dan pulang kerumah aku jadi punya banyak waktu untuk merawat diri. berikut hal hal yang aku lakukan untuk merawat kulit pasca begadang non-stop.

1. kembalikan waktu tidur seperti semula
kalo jadwal atau urusan begadangnya sudah selesai, kembalikan waktu tidurnya seperti semula sangat baik. biasanya aku yang paling lambat tidur pas begadang jam 2 sampai 4 pagi, dikembalikan ke jam 11 malam. huh susah, ngantuk ga ngantuk aku paksain tidur.

untuk ngantuk dengan cepat, aku bikin badan ku lelah selelahnya. bisa karena pekerjaan rumah nonstop (nyapu, ngepel, nyuci, masak, bersih kamar mandi dll), olah raga, berpikir keras juga okeh. kalau badan lelah tidur bisa sangat nyenyak dan bangunnya segar, dan kulitnya juga. aku paling suka berlelah lelahan dengan senam lantai.

karena kulit juga termasuk organ tubuh yang butuh istirahat. jika dapat istirahat yang cukup, kulit yang sehat dan awet muda bukan hal yang ga mungkin. (pernah dengar istilah sleeping beauty?) haha try it..!

2. use that damn skincare line product, lel.
mulai dari cleanser, soap, toner, cream pelembab, serum. terus ditambah 2 kali seminggu maskeran, peelingan, luluran. pas malem jangan lupa sleeping mask, sleeping lip mask, sleeping eye mask, eye cream, night serum, ampoule, dll. banyakkk hahahaha sampe aku bingung sendiri saking banyaknya jenis treatmentnya. tapi dari sekian banyak jenis treatment yang ada, yang lebih penting itu niat ingin merawat kulitnya dengan disiplin.

2.1 skincare DIY (optional)
aku suka sekali skincare diy an, hampir 80% skincare yang aku pake diy an semua. repot? ya lumayan repot tapi bisa diminimalkan repotnya kok. sebenernya diy sesuai selera mah. kalo suka lakukan, kalo tidak suka jangan lakukan.

aku juga ga menutup diri sama skincare pabrikan. semua itu oke dan baik kalo sesuai kadarnya, dan diy -an yang paling sering aku lakukan untuk merawat kulitku pasca begadang adalah kompres mata pake teh. pada foto dibawah aku pake kantong teh hijau~ (btw aku ga terlalu suka minum teh hijau, yang suka itu emak ku~ kalo aku suka bekas kantong tehnya). :v

Ika Amna


3. minum air 2 liter atau lebih per hari
nah, badan yang kurang tidur pasti kekurangan cairan dan dehidrasi. untuk itu agar cairan tubuh selalu terjaga dan seimbang. minur air yang banyak sangat disarankan. selain pola makanku yang balik ke food combining. minum air yang banyak itu juga penting untuk kulit yang sehat dan lembab. karena tubuh yang kekurangan cairan dan dehidrasi akan menyerap cairan dari bagian tubuh lain untuk menutupi kebutuhan bagian tubuh atau organ lain yang membutuhkan. ngeri ga tuh.

air dirumah
waktu begadang aku masi tetap usahakan jaga minum tetap 2 liter perhari. dan itu galon isi 8 liter kurang dari 4 hari bisa habis. sampai abang tukang galon ga dipanggil pun udah tanyain air galonku udah abis apa belum 4 hari sekali. tapi air galon itu rasanya ga enak. aku lebih suka air segar dirumah, yang sumbernya dari pegunung daerah sini, ga dimasak, cuma disaring.


4. jauhi mengkonsumsi cafein berlebihan.
cafein bukan cuma ada dikopi, tapi juga ada di teh, minuman jenis lain dan makanan dengan kadar tertentu. nah pas masi begadang buat skripsi, sumber cafein utamaku adalah kopi. aku bisa minum kopi sampe 7-8 gelas/hari paling banyak. macem macem kopinya, dari mulai kopi item tanpa gula, kopi item pake gula, kopi item pake susu kondensat, kopi item pake santan, kopi item pake gula aren, kopi item pake jahe + gula, kopi item pake kayu manis, dan berbagai jenis kopi sachet yang dijual diwarung.

Ika Amna

semua itu tidak baik jika berlebihan, ya ya ya sama sekali tidak baik. karena berlebihan minum kopi aku ngalamin beberapa gejala sejenis kecanduan, kalo ga minum kopi aku jadi stress, mudah marah dan susah untuk konstrasi. mood-ku kalo digambarin dalam grafik dari bawah sesudah minum kopi menukik keatas kemudian turun lagi.

hubungannya dengan kulit? aku baca juga dalam sebuah literatur, kelebihan cafein juga menyebabkan tubuh dehidrasi yang otomatis juga bikin kulit menjadi kering lalu menimbulkan kerutan dan kehilangan kelenturannya. nooo~

5. berendam di air panas/hangat
berendam di air panas juga ampuh ngembali-in kesegaran kulit sekaligus tubuh. kalo ada waktu aku suka sempetin diri pergi kepemandian air panas disini, tapi itu jarang sekali karena ga ada yang bisa diajak. pas berendem di air panas itu rasanya nyesss~!! darah ngalir ke otak semua sampai muka merah~ wkkwkwk..

dikotaku "solok" ada beberapa tempat pemandian air panas. yang paling dekat lokasinya ada di koto baru, bukit kili - solok. airnya langsung dari gunung talang, suhunya sekitar 42 celcius. kalo main main ke pemandian air panas disini tempatnya lumayan lah, abis berendem juga ada banyak warung yang jual makanan dan buah buahan segar kalo lapar.

kalo ga, berendem dirumah aja juga oke. masak airnya sendiri terus masukin bak dan berendem cantik sambil mikirin gimana caranya menguasai dunia. eh- yang punya pemanas air otomatis dikamar mandinya beruntung sekali. aku iri~

selain itu, aku juga suka berendam sama air rebusan rempah rempah. bisa dibaca disini > [DIY] Mandi Rempah Rempah


nah itu beberapa tips merawat kulit yang menurutku penting dilakukan oleh para pelaku begadang, jangan lupa ingat juga untuk menjaga kesehatan. nasehat untuk diri sendiri #plak. o iya ada yang mau tambahin tipsnya?




xoxo

amna

6 comments:

  1. Bagian menjauhi kafein itu susah banget yaa kalau begadang. Kalau begadang kan maunya ada temannya minimal kopi lah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak usah dijauhi, cafein itu enak~ apalagi campur coklat manis <3 cuma jangan berlebihan aja :3

      Delete
  2. Tehya harus teh hijau kah mbak? Kalau teh biasa gtu bisa gk ya? TFS tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba, ga harus teh hijau kok. teh apapun bisa~ suka suka :3

      Delete
  3. Berendam sama air rebusan rempah rempah? Uuuuu.., gima rasanya tu, bau rempah2 lah badan, hehehe. Tapi pada masa2 mengerjakan skripsi dulu, aku lebih mengutamkan minum jus, dan buah untuk membuatku menjadi segar kembali, kalau kopi yang ada membuat kambuh asam lambungku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mandi sama rempah rempah rasanya seger mba, iya jadi wangi rempah badannya. ngurangi bau badan juga loh.

      wah buah juga sangat oke dari pada kopi kalo ada asam lambung. :D

      Delete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...