Tuesday, 26 July 2016

[Handmade Soap] Green Olive Lavender Honey Oat Clay Soap by Ika Amna + Desain Sabun?



hai, udah lama rasanya ga bikin postingan tentang sabun, dan sabun yang aku buat dipostingan kali ini adalah salah satu sabun costum order yang dipesan oleh costumerku yang baik hati. lalu banyak pertanyaan soal bentuk dan desain sabun nih apa itu costum juga?




jawabnya sayang sekali engga.. :D 

aku ga punya desain awal atau costum desain mau gimana, dan desain atau bentuknya itu mengalir begitu aja tergantung campuran bahan apa yang dipakai. yaa kebanyakan seperti yang dilihat pada foto sabun sabun sebelumnya. kebanyakan kalo temen temen ku bilang kayak kue/cake, pernah juga ada yang bilang kayak lukisan, wehehe~ tergantung imajinasi yang liat. 

untuk sabun ini aku pakai bahan campuran, autralian olive gren clay, lavender powder, oat, dan madu. maunya nanti bisa dipakai untuk kulit berminyak dan berjerawat yang pasti tetep melembabkan kulit. 


salah satu yang jadi kesukaan ku kalau bikin sabun adalah tambahin toping kayak rempah atau bunga kering diatas sabunnya karena bakalan bikin sabunnya keliatan tambah cantik.

 tapi sedihnya kelembaban udara/humid ditempatku sangat tinggi. secara aku tinggal didesa (kota kecil yang ga ada mall-nya) dibawah kaki gunung. jadi kalau ga ditambahin pengawet topingnya akan cepat berjamur. kadang aku kilap ga nambahin pengawet jadinya bagian toping sabunnya pernah berjamur. rasanya kerja kerasku jadi sia sia liat satu jamur aja.

kalau udah gitu biasanya aku potong aja yang bagian topingnya yang jamuran dan sabunnya masih layak dipakai, karena sabun handmade itu sendiri bisa tahan sampe 1,5 sampai 2 tahun paling lama. (tergantung bahan dan proses).

pengawet yang biasa aku pake itu optiphen, pengawet ini bebas paraben dan formaldehyde. dengan total penggunaan 1% dari total berat bahan.

yaawwnnn!, sepertinya aku ngantuk, aku mau tidur dulu ya selagi liburanku masi cukup banyak hari ini. dadah..


amna


No comments:

Post a Comment

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...