Monday, 18 January 2016

[Handmade] Sweet Cocoa Herb Soap by Ika Amna



hai, kali ini masi sama dengan yang kemaren, yaitu handmade hot process soap. aku suka dengan motif totolnya, apa ya ini bisa dibilang totol abstrack. karena tiap motif totol disetiap potongan sabunnya berbeda beda. dan untuk dapetin totolan abstrack ini, sabunnya aku rebatch 2 kali. bener bener nguras energi, dengan waktu pembuatannya 2 hari.



sabun ini aku bikin dengan campuran (high fine quality) palm sugar. karena itu palm sugar aku ambil dari petaninya langsung, dan juga ada campuran cocoa powder, cocoa butter, dan cocoa chocolate bar. karena banyaknya coklat sampe busanya juga coklat. dan aku juga nambahin beberapa rempah yaitu peppermint dan cengkeh. jadi wanginya ga pure coklat. kalau dipakai akan kecium samar samar campuran wangi coklat dan rempah rempah, tapi lebih dominan wangi gula.


bisa dibilang sabunku ribet, karena sebelum dibikin semua bahan oilnya lebih dahulu aku rendam dengan campuran beberapa rempah rempah yang baik untuk kulit. masa perendamanan kurang lebih 10 hari. jadi oilnya punya aroma sendiri. 

dan untuk rempah rendamannya aku pakai 12 jenis rempah rempah tradisional yang unik, rata rata punya aroma yang kuat tapi setelah dicampur aromanya jadi light medium sweet, hmm menarik ya 

tapi mungkin akan aku coba berikutnya dengan campuran rempah rempah yang lain. 12 jenis rempah sepertinya kebanyakan. walaupun aku lebih mementingkan manfaat rempah rempahnya setelah dikombinasikan dengan rempah rempah lain. 

sejauh mungkin tidak ada bentrokan yang bikin hasilnya jadi minus. dan beberapa sepertinya harus ditanam sendiri. *sigh*



dadah, aku nulis ini sambil ngantuk

amna


6 comments:

  1. pas ngeliat gambarnya di awal aku pikir itu brownies hehehehe

    Hello!
    Titaz
    www.titaztitaz.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe jangan sampai ketipu rasanya ga enak loh :v

      Delete
  2. Nyesel gue baca post ini! Gue kira di dalamnya ngebahas cara bikin ini kue eh gak taunya. Bikin laper ah :(
    Mana gak ada makanan lagi di rumah :(

    ReplyDelete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...