Saturday, 19 December 2015

#28 [Herb Love] Rosemary "Rosmarinus officinalis L" + DIY Tea & Hair Mist


hai~ ini rubrik pertamaku tentang rempah rempah yaitu [Herb Love]

pertamanya aku tau dengan rempah rempah ini ketika aku lagi iseng searching cara mengatasi rambut rontok, saat itu ketemulah dengan artikel yang ngebahas mengatasi rambut rontok dengan rosemary, pertamanya aku pikir rosemary itu sejenis tumbuhan mawar. eeeh ternyata engga, tapi ini sejenis tumbuhan yang kakak adek sama peppermint, bentuknya kayak lavender, dan daunnya kayak pine needle. tapi ini wanginya lebih lembut ga semerbak peppermint, dan cendrung ke wewangian kekayuan dan akar, dengan campuran citrus dan mint.


di masa lalu pada zaman dahulu kala, rosemary diyakini bisa membantu menjaga dan meningkatkan memori menjadi semakin tajam,  penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa asam rosmarinic, salah satu unsur utama rosemary, menghambat enzim tertentu terkait dengan gangguan neurologis yang menyebabkan hilangnya memori. para ilmuwan di Kew menyelidiki manfaat asam rosmarinic ditemukan memiliki sifat anti-oksidan yang kuat.

 daun dan bunga rosemary juga dapat digunakan untuk membuat teh, dikatakan baik untuk sakit kepala, sakit perut, pilek dan penyakit saraf serta depresi. rosemary juga telah digunakan dalam pengobatan herbal untuk menghilangkan asma. dan digunakan dalam kombinasi dengan minyak essensial dari thyme (Thymus), lavender (Lavandula) dan cedarwood (Cedrus). rosemary essential oil dilaporkan juga meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang dengan allopecia (itu sejenis penyakit kerontokan rambut akibat faktor keturunan, penuaan, penyakit tertentu, dan gaya hidup). 

dan juga rosemary memiliki sifat antibakteri dan antijamur. ada bukti bahwa minyak essensial rosemary melemaskan otot-otot saluran pencernaan, dan dapat meningkatkan aliran darah ke jantung. tapi rosemary essential oil dalam dosis tinggi dapat menjadi racun, dan ini harus dihindari oleh ibu hamil dan menyusui, dan oleh orang-orang rentan terhadap kejang. sumber


penampakan bunga aslinya yang masih segar,  cantik ya

Berkas:Rosemary bush.jpg
sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Rosemary_bush.jpg

rosemary termasuk rempah yang asing di indonesia, karena habitat-nya emang bukan di kepulauan tropis kayak indonesia. asalya dari mediterania sana didaratan tinggi eropa yang sejuk pada suhu berkisar 20 s.d 25 celcius. tapi mungkin bisa dibudidayakan disini. 

kalau aku sendiri, rosemary sudah aku pake untuk bikin infused oil pada sabun, balm, dan lotion. tapi aku paling suka ini dibikin jadi balm karena dengan begitu wanginya masih bisa kecium dan nempel dikulit (sebenernya dibikin lotion juga oke "tapi belum jago bikin lotion"). dan rata rata semua masalah kulit dari jerawat, kering, kusam, enzema, luka, bekas luka, gatal, dan dll cocok dengan rempah rempah ini. (tapi masi perlu diuji lagi)

selain itu aku suka bikin teh dari rosemary selain rasanya yang menurut aku enak, manfaatnya juga banyak seperti yang dijelaskan diatas tadi, dan manfaat yang paling aku sukai adalah mengurangi rasa sakit saat datang bulan, serius ini ampuh banget.. di aku ya~ ga tau kalo sama yang lain gimana :D

untuk bikin teh rosemary aku cuma butuh sejumput rosemary kering aja dan diseduh dengan air hangat, pertama masukin air hangatnya dulu baru rosemary nya. aduk dan minum. dicampur madu juga enak loh


untuk konsumsinya biasanya aku seduh pada waktu tea time ku sendiri, yaitu jam 3 sore. itu biasanya ganti gantian sama rempah rempah yang lain kadang rosemary, peppermint, atau chamomile. tergantung suasana hati dan cuaca. dan hujan disore hari waktu yang paling passs buat ini.. 

malam juga enak, apalagi kalau aku harus begadang (lagi dalam proses berhenti ngopi)

selain itu rosemary tea hangat cocok banget untuk relaks dari kegiatan dan beban sehari hari, aku ngerasa ini cocok banget buat ngurangin depresi pikiran karena wanginya bikin tenang dan santai. kira kira 11 - 12 sama chamomile. cuma yang ini bikin kerja otak lebih fokus dari sebelumnya. trust me~! malam malam begadang bikin laporan penelitian ditambah rosemary tea dari yang tadi gagal fokus, jadi kembali dan semakin fokus. entah ini karena sugesti atau emang tehnya. tertarik cobain?

familiar ga sama gelas kacanya?? :p

ah iya diatas aku bilang aku tau rempah ini karena iseng searching cara mengatasi rambut rontok. dan  untuk itu rosemary nya aku bikin jadi hair mist seperti foto dibawah ini. jadi sesudah keramas aku semprotin rosemary hair mist nya dari kulit kepala sampe ujung rambut.

tapi untuk komposisinya aku juga nambahin vegetable glycerin dan peppermint essential oil biar makin segar dikulit kepala, soalnya kadang kulit kepala ku gatal. dan gimana ya hasilnya?? harus aku bilang aku belum tau hasilnya, karena rambutku masi rontok tapi ga sebanyak sebelumnya.

untuk hair mist aku pake resep

aquadest / distillate water (paling disarankan), air biasanya juga boleh - 100 ml
rosemary kering - secukupnya
peppermint essential oil (optional) - 3 drop
vegetable glycerin (optional) - 7 drop

(selain semprot kerambut "ke kulit wajah juga oke") #grin



aku beli ini di toko sanitas (tokopedia) Rp 13.000 untuk 100 gram rosemary kering. cukup murah banget kan ya, soalnya aku pikir harganya bakalan mahal banget mungkin sekitar 30 ribu ke atas. soalnya essential oilnya aja untuk 10 ml harganya 100 ribuan ke atas. aku jadi ketagihan belanja rempah rempah yang belum aku jumpai sebelumnya ditokopedia. seruh ih. ada banyak jenis rempah yang unik unik dan asing banget. atau yang namanya sulit ternyata banyak ditanem di indonesia hahaha lucu ya.

aku juga beli oregano dan thyme. tapi thyme nya kehabisan stock. T^T




amna



9 comments:

  1. oh ada juga belanja rempah di tokopedia

    ReplyDelete
  2. Wakakakakak, kukira rosemary ini juga sejenis mawar :D rambut rontok coba lulurin pakai putih teluar aja Mbak, saya pernah pakai dan alhasil ada rasa njebrik di kepala karena banyak anak rambut tumbuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mbak nama rose gitu jadi mikirnya sejenis mawar gitu, lol. wah belum pernah nih pake putih telur. amis ga mba?

      Delete
  3. Mba kalau untuk buat essensial oil rosemary gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku bikin laporan dan metode pembuatannya dilink dibawah ini. enjoy~

      https://www.scribd.com/doc/92565809/Isolasi-minyak-atsiri

      Delete
  4. Mba kalau untuk buat essensial oil rosemary gimana caranya?

    ReplyDelete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...