Ika Amna. Powered by Blogger.

[Slice Of Life] Oil Oilan buat Skincare "Perkenalan Pertama"

by - 11/23/2015 09:55:00 am


hi, ga bisa diungkapkan kecintaan aku sama yang satu ini. 
skin care dengan oil oil an adalah skin care terbaik yang pernah ada dalam hidupku.. hahaha lebay~

kenapa aku bilang yang terbaik?
oil yang terbuat dari ekstrak tumbuh tumbuhan ini memiliki konsentrasi yang bagus untuk diserap kulit secara maksimal. selain itu, oil oil an seperti ini juga tidak mengandung zat zat yang tidak dibutuhkan seperti pengawet, dll yang biasa terdapat dalam skincare komersial. didalam oil oilan sudah ada mineral, vitamin, dan anti oksidant yang sangat bagus untuk kulit.

awalnya aku sudah pakai oil oilan kalo ga salah dari sejak tahun 2012 lalu, tau pertamanya dari forum female daily sub "oil for skincare usage" baca baca review dan cerita cerita disana aku jadi teracuni. awalnya aku cobain rosehip sama tamanu oil yang aku dapet dari seller elea di market plaza "female daily". tapi makin lama aku jadi teracuni dengan banyak jenis oil yang aku temui, dan tadaaahh~

liat tumpukan botol botol oil ini


tapi rata rata hampir semuanya dari "organik natural shop", ini online shop favorit aku banget. belanja disana banyak promonya dan owner nya juga sangat ramah. kalo ga salah selain oil oilan owner juga bikin finish product kayak suncreen, lip balm, lotion, dll. kapan sempat mau cobain juga :3

oil oilan untuk skin care aku bagi jadi dua;

pertama, 
carrier oil atau base oil (mengandung fatty acid), ini adalah minyak nabati murni yang digunakan sebagai campuran untuk essential oil sebelum digunakan kekulit, karena berbahaya sekali menggunakan essential oil langsung kekulit, karena essential oil itu konsentrasinya sangat tinggi hingga kalo ga dicampur dulu dengan carrier oil bisa membakar dan mengiritasi kulit. carrier oil bisa juga bisa digunakan langsung dikulit karena ini termasuk oil yang aman untuk langsung apply ke kulit. ini carier oil biasa dibuat dengan coldpress, tapi dulunya aku pernah coba bikin dengan alat pressing vakum jadi praktis banyak hasil oilnya.

kedua,
essential oil atau minyak atsiri (tidak mengandung fatty acid), nah ini yang dibicarakan diatas tadi. essential oil adalah minyak dengan konsentrat tinggi yang diekstrak dari tumbuhan, bayangkan untuk bikin 7 ml lime essential oil aku butuh 10 kilo daun. gila ga tuh konstrasinya sadis. pantes harganya mahal. soalnya prosesnya lama, bahan yang dibutuhkan juga banyak, energi yang digunakan juga gede. kecuali pakai pelarut n-heksan dengan ini bisa dapet jumlah essential oil yang banyak tapi dengan begitu kualitasnya jadi menurun dan ga bagus tapi bisa dijual murah. hahah dasar perhitungan. kalo yang pakai pelarut n-heksan biasanya dikasi nama "refined" kalo yang murni "unrefined".


nah ini koleksi carrier oil ku, ada meadowfoam, cranberry, golden jojoba, borage, blackberry, camellia, soybean, wheatgerm, almond, rosehip, castor, tamanu, dan pomegranate. ini beberapa diantranya. selain itu aku juga punya kiwi, cherry kernel, greentea, coffe bean, cinnamon, jasmine, dan grapeseed. lama lama aku jadi terobsesi cobain semua jenis oil. tapi kalo diturutin ga akan abis abis, soalnya ada banyak jenis tumbuhan didunia. 

disini carrier oil yang jadi favorit ku adalah grapeseed, almond, dan blackberry. tapi ga juga ah aku suka semuaaaa.. semuaaa favoritku. <3

ada yang menarik nih, untuk yang carried oil ini juga level kekentalannya, dari yang ringan, menengah, sampai yang berat. kayak beberapa oil seperti golden jojoba, borage, grapeseed, cherry kernel tipe kekentalannya ringan jadi sangat mudah menyerap dikulit, dan yang menengah kayak olive, rosehip, soybean, dan yang berat kayak castor ini oil teksturnya kayak madu jadi musti dicampur sama oil yang ringan dulu kalo mau dipake. sejauh ini aku suka oil yang ringan selain mudah menyerap rata rata oil jenis ini kebanyakan dari berry berry an yang mengandung linolenic acid yang tinggi. abis cuci muka timpuk toner dan oil oilan jenis ini oke banget.


nah selanjutnya, koleksi essential oilku. aku punya lavender, tea tree, rosemary, citrolena, patchouli, frankincense, geranium, palmarose, carrot seed, peppermint, sweet orange, bergamot, ylang ylang, dan cananga. semuanya punya manfaat manfaat yang sangat keren. 

gara gara ini aku rela nabung berbulan bulan karena manfaatnya banyak banget, selain aku jadiin skincare ini juga bisa jadi obat. kalo mama sama papaku capek capek, alergia, luka, atau papa ku  tuh sering batuk dan digigit serangga aku bikinin obat dari essential oil ini. sembuhnya jadi cepat ga butuh nunggu hitungan hari soalnya beberapa jam kemudian udah aman. 

aku juga anggapnya beli essential oil ini sama kayak investasi karena essential oil ini sama sekali ga ada kadarluarsa nya kayak carried oil. jadi bisa disimpan terus selama bertahun tahun. semakin lama disimpan kualitasnya juga akan semakin baik. ah iya yang ini semua essential oilnya organic dan unrefined ini kualitasnya paling bagus. pakenya cukup beberapa tetes untuk sekian ml carried oil. kira kira kayak gambar dibawah ini.


aku biasanya bikin yang 3%  10 ml  untuk face oil. 

nih aku bagi resep ku untuk calming and uplifting skin;

       carrier oil: grapeseed oil 10 ml

essential oil:  geranium 3 drop,
                      bergamot 3 drop, 
                   lavender 3 drop

pakenya sore dan malam hari. untuk ngeblend essential oil ada baiknya cari dulu referensi sebanyak banyaknya karena ga semua cocok jika diblend apa lagi diblend dikulit.

 btw jumat minggu ini aku mau ikut young living first public class, yang membahas topik dasar tentang essential oil. waah aku ga sabar, ada yang mau ikutan juga? pm aja aku di facebook nanti aku invite :D


nah kalo untuk penyimpanan essential oil ini syaratnya sendiri. mereka semua harus disimpan dalam botol gelap dan disimpan didalam tempat kering yang jauh dari sinar matahari. paling bagus disimpan dalam suhu ruang yang sejuk. aku biasanya simpannya dilemari aja. yang essential oil aku masukin dalam kotak kardus gini kemudian taro dilemari dalem laci yang bakalan jarang dibuka. kalo carrier oilnya aku masukin ditas kosmetik merah gini aja. sama aku simpen dilemari juga. tapi ada beberapa oil yang khusus aku simpen dalam kulkas biar lebih tahan lama kayak wheatgerm, rosehip, dan pomegranate. 

gara gara oil oilan gini aku bikin terobsesi menjadi ahli botani kalo ada rezeki aku mau kuliah dijurusan botani. tapi entahlah riset sendiri juga seru ngumpulin data dan resume sendiri, bikin laboratorium mini dan ngangsur alat alatnya dari sekarang. hahahah ini bener bener jadi passion ku sekarang. setelah tamat kuliah nanti aku ingin ambil alih kebun papaku dimaninjau aku ingin bangun pabrik essential oil disana, akan aku sabotase semuanya mwahahahaha~

o iya, penggunaan oil oilan ini untuk skincare bisa temen temen diliat dikolom atas "DIY" disana lumayan lengkap. 




amna


You May Also Like

6 komentar

  1. Mamaku membernya young living dan suka banget EO, ayooo kamu jualannnn hehehe pasti keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mama kamu member young living, kereeeeeeen..~! salut aku :D
      iyah pengennya jualan semoga aja dilancarkan usahanya.

      Delete
  2. Waahhh tulisannya kerreennn ..kalau jualan sesuai dg passionnya, pasti senang dan dapet uang..bisa bikin bahagia...

    ReplyDelete
  3. Kalau menurut mbak, untuk campuran rosehip seed oil, cumin seed oil dan camellia oil berapa tetes masing-masing di tambahkan untuk menghilangkan kerut,kencang dan clear..?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. sy jg mulai seperti anda...koleksi oil2 an,,,paling paporit apa? merk apa?? wkwkkwkw

    ReplyDelete

Sharing is caring <3