Saturday, 7 November 2015

[OBSESI] Menjadi Wanita Abadi + Planning What To Do - PART I "Body"


pernah nonton film "The Age of Adaline"? ceritanya tentang seorang wanita biasa yang tiba tiba mengalami kecelakan mobil disungai yang bersuhu dingin, adaline tenggelam dan jantungnya berhenti berdetak, kemudian adaline tewas. namun tiba tiba mobilnya tersambar kilat berdaya 1500 volt yang membuatnya hidup kembali. tapi karena kejadian itu struktur gen nya berhenti tumbuh, artinya secara metabolisme hidup adaline berhenti pada usia 29 tahun. adaline menjadi tidak pernah menua, dan selamanya dia menjadi wanita muda abadi.

The Age of Adaline, Romansa 'Wanita Abadi' dari Masa ke Masa

yah tapi itu semua fiksi, kalo benerannya mah ga seenak itu dan teori tentang gen yang berhenti tumbuh itu ga masuk akal, kalo mati ya mati aja walaupun kesambar listrik 1500 volt yang ada gosong. tapi yang menarik disini adalah adeline yang tetap muda cantik selamanya.

aku mau deh kayak gitu tetap muda dan cantik di usia tua nanti tapi ogah se-ekstrim adaline, ngeri maak. trus kalo tetap terlihat muda, cantik, dan sehat di usia tua nanti kan enak, pas punya anak nanti kita masih bisa terlihat seumuran, dan pakai baju yang sama biar kembaran. MWAHAHAHAHAHA~

nah mumpung aku masih muda, single, dan fakir cinta #eh, aku ingin bikin planning kira kira apa ya~ yang akan aku lakukan dengan obsesi ini. lol

setelah bolak balik baca beberapa referensi,inilah yang aku dapatkan beberapa planning yang aku  khusus untuk tubuh aja;

plan 1. menjaga pola makan (food combining)

ini kelihatan agak agak gimana gitu karena sudah umum banget dibaca artikel manapun. tapi percayalah ini sangat penting. balik cerita beberapa tahun yang lalu aku adalah seorang vegetarian pesco yaitu vegetarian yang hanya bisa makan daging ikan. kemudian secara ga sengaja aku ketemu sama yang namanya pola makan  food combining. awalnya aku ga ngeh sama sekali apa ini food combining tapi lama lama aku ngikutin perkembangan grupnya dan nyobain food combining juga untuk testing selama 2 bulan. hasilnya aku shock banget! bener bener diluar dugaan. tubuhku tidak pernah terasa sesehat ini rasanya ringan seakan akan aku bisa loncat kesana kesini sesuka hati, plus berat badanku pun berkurang 5 kilo. bukan cuma itu aja efeknya juga berasa dikulitku lebih sehat dan bersih dari sebelumnya. woww woo.. aku tertarik untuk melanjutkan pola makan ini selamanya.

oke, secara umum~
Food Combining ini adalah metode pengaturan asupan makanan yang diselaraskan dengan mekanisme alamiah tubuh, khususnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Efek pola makan ini meminimalkan jumlah penumpukan sisa makanan dan metabolisme sehingga fungsi pencernaan dan penyerapan zat makanan menjadi lancar dan pemakaian energi tubuh juga lebih efisien – Andang Gunawan (Food Combining, Kombinasi Makanan Serasi)

trus food combining ini memiliki beberapa aturan makan dan tata tertib yang harus dilakukan, seperti dipagi hari sekitar jam 4 sampai 6 pagi wajib minum air jeruk nipis peras hangat.

warm water + lime in the morning by Food Combining Indonesia:

kemudian dipadu padankan dengan dasar menu makannya yang harus dilakukan seperti yang dibawah ini. kebanyakan yang disarankan oleh pelaku food combining senior adalah raw food (makanan mentah ex; sayuran).

Food Combining Indonesia. Food Combining Chart.:

dan jadwal makannya mengikuti ritme srikadian tubuh yang dibagi menjadi 3 fase:

12.00 – 20. 00 Waktu Cerna
Sistem Cerna berlaku akif dalam menerima makanan masuk. Fase ini sejalan dengan waktu makan siang, kudapan sore dan makan malam

20.00 – 04.00 Waktu Penyerapan
Pada fase ini tubuh memanfaatkan secara maksimal apa yang dimakan pada waktu sebelumnya dan berlangsung penyerapan zat gizi, sirkulasi zat-zat berguna yang diproses dari makanan, pergantian sel, perbaikan jaringan, dsb.

04.00 – 12.00 Waktu Pembersihan
Sisa metabolisme dan tumpukan makanan pada usus besar dikonsentrasikan tubuh untuk dibuang pada fase ini. Banyak energi di alokasikan tubuh untuk membersihkan sisa kotoran tersebut. Menyibukkan kerja sistem cerna dengan konsumsi makanan berat akan mengganggu alokasi energi.

***

awalnya emang agak pusing tapi coba aja gabung sama grup dan forumnya pasti sedikit sedikit akan paham, lagian orang orang grupnya sangat welcome dan ga pelit informasi.
aku menjalankan food combining ini bukan karena ingin langsing tapi ingin seimbang dan sehat. langsing itu bonusnya.. hehe~

penjelasan spesifiknya:

bisa langsung cus ke grup food combining:
 https://www.facebook.com/groups/FoodCombiningIndonesia/

wesite keterangan juklak dasar food combining:
 http://foodcombiningindonesia.co.id/juklak/faq-food-combining-wajib-di-baca/


plan 2. body oil and body massage

ah ini yang paling rutin aku lakukan dari semua tahapan skin care yang ada, pertama karena ini penting dan sangat mudah dilakukan kayak postingan aku sebelumnya tentang diy body oil, bisa dibaca DIY: After Bath Patchouli Body Oil


dan DIY Body Oil Castor x Sunflower + Lavender Sage fragrance



oilan sesudah mandi bagus untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat, kulit yang dirawat kelembaban dan kesehatanya secara laten dari muda, pas tua nanti ga berasa pernah tua percaya deh. body massage ini sebenernya agak jarang juga aku lakukan tapi aku pikir ini akan membantu dalam proses penyerapan minyak kekulit dan merileksasi tubuh, pijat pijat ringan aja sambil olesin oil mungkin sudah cukup. kalo pijat beneran sepertinya harus minta bantuan. sama siapa huh?


plan 3. olah raga & latihan otot

nah ini yang musti harus aku tingkatkan soalnya aku lumayan pemalas soal olah raga, tapi mulai saat ini akan aku telatenin tiap minggu olah raga 3 atau 4 kali, biasanya aku dulu cuma jogging sekali seminggu, dan paling sering olah raga aku itu jalan kaki. tiap pergi dan pulang kampus aku usahain selalu jalan kaki. tapi mama ku suka heboh kalo aku jalan kaki, soalnya abis jalan kaki biasanya muka ku langsung gosong karena kepanasan. aku maklum indonesia panas, lagian aku selalu pakai sunscreen sih jadi ga masalah. gosong gosong dikit gpp lah ya, anggap itu tanda penghargaan dari matahari. #eaaaak

olah raga juga akan membantu menumbuhkan massa otot, juga membakar lemak dan selulit, aah iya aku ketemu video menarik di youtube tentang bagaimana otot terbentuk.


berdasarkan video diatas aku ingin liat sampai batasan myostatin level optimal untuk tubuhku, dengan goal yang ingin aku capai adalah, aku ingin punya abs seperti foto dibawah ini. wehehe~

edgestrength.com
tapi dengan begitu aku harus bekerja keras lebih dari yang sekarang, karena dengan joging ini sepertinya belum cukup. tapi ga tau juga ya aku masi newbie dengan ini. mungkin ada saran? :D

atau ingin cepet improve bisa pakai menu latihannnya "Saitama-Sensei" (one-puch man).



dengan efek samping:
kebotakan (tidak bisa dicegah) & perasaan hampa (mungkin)

LOL

apa kalian baca manga dan nonton anime nya, seru loh... hohoh banyak parodinya~


plan 4. yoga dan meditasi

Yoga dalam kamus kesehatan adalah, sistem latihan low impact lembut yang berfokus pada postur tubuh, pernapasan, dan meditasi. Yoga berasal dari praktik India kuno dan telah menjadi teknik terapi terkemuka di dunia. Dengan mengadopsi postur yang sangat mendasar dan kadang-kadang sangat kompleks dan teknik pernapasan, tujuan yoga adalah memberikan sejumlah manfaat fisik dan mental.
Yoga dapat membantu meredakan sakit otot dan tulang dengan merehabilitasi cedera otot dan tulang serta mencegah kembalinya cedera melalui peregangan, penguatan dan keselarasan tubuh.Yoga juga dapat meningkatkan oksigen ke otak dan menyebabkan respon relaksasi yang mengurangi ketegangan otot dan stres.
keponews.com

Yoga (Aksara Dewanagari योग) dari bahasa Sanskerta (योग) berarti "penyatuan", yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta". Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atautapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan.
Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekkan selama lebih dari 5000 tahun.

Orang yang melakukan tapa yoga disebut yogisyogin bagi praktisi pria dan yogini bagi praktisi wanita.

awalnya aku sudah mempraktekin yoga secara autodidak, tapi kayaknya lebih baik dibimbing sama tutornya kali ya. mungkin aku akan mendaftar kelas yoga dalam waktu dekat ini. kira kira dipadang sini ada ga ya yang buka kelas yoga?

***

ya aku rasa baru itu aja planning aku kedepan ini, nanti kalo ada waktu lagi aku ingin update perkembangan dari planning ini. trus aku juga ingin update obsesi planning untuk wajah juga. hmm ini menarik ya. kira kira ada ide buat nambahin? :D


amna






7 comments:

  1. dari kemarin udah rencana nyoba food combining, tapi belum kesampaian hingga sekarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo sempetin hayo mba, sekali kerasa manfaatnya ga mau berenti nanti loh :3

      Delete
  2. Ish kok pikiran kita sama yah, apakah kita pernah bertemu di kehidupan sebelumnya? hmmm...

    kec no 1 sy msh suka gantian antara pesco sm fc sih..eh yoga d bdg banyak sampe pusing nentuin. cm saran coba meditasi 5x sehari abis solat, bagiku itu baik n bermanfaat ;) see u :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup mungkin kita pernah bertemu dikehidupan sebelumnya mba hahahah~ :v

      wah enaknya kelas yoga bertebaran dibandung bisa pilih pilih, dipadang kemarin aku cek cuma ada 1 kelas yoga loh mba, cuma satuu~ T^T

      terima kasih sarannya mba, ide briliant untuk meditasi setiap habis sholat 5 waktu dengan khusuk. pagi ini habis subuh aku sudah meditasi dengan latihan pernafasan. legaaa :3

      Delete
  3. Tertarik sama food combining, kayaknya bikin seger badan, cuman kudu niat ye.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mba, kudu niat. kadang kalo aku ga kuat niat kebablasan cheating juga tapi diminimalkan :D

      Delete
  4. Dulu pas kuliah juga belajar food combining, soalnya jadi salah satu pelajaran penting kalau di Ilmu Gizi, penting buat diri kita sendiri sama orang lain hehe.

    Tapi sayang masih jarang orang yang tau dan tertarik sama food combining ini huhu

    ReplyDelete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...