Saturday, 28 November 2015

#27 [DIY] Herb Balm - Part 1 "Bingung dengan Kombinasi Rempah Rempahnya"


hi apa kabar? semoga hari mu menyenangkan.
 di blog post kali ini aku mau bikin herb balm, yang aku bikin dari berbagai infused herb oil. ini sebenernya masih uji coba. dan beberapa aku jadikan free sample buat teman teman yang pesan handmade soap buatanku. dan aku senang senang sekali dapat beberapa respon yang membangun untuk ini.

niat awalnya aku ingin bikin sesuatu dengan teksture cream dan balm jadi satu, dengan harapan bisa dipakai untuk apa saja mulai dari jadi face and body moisture, balm cleansing method, conditioner, masker, scrub, anti septik untuk luka, dll.



prinsip dasarnya bikin balm itu simple banget, lelehkan kemudian tuang. disini aku ngelelehin beeswax, oil, dan butter.

untuk herb balm ini, kombinasi rempah rempah yang aku pake antara lain; teh hijau, kopi, jintan, kayu manis, dan peppermint. semuanya itu di infus kedalam oil oilan. 

aku sempet mikir gini apa rempah yang aku pake nyambung ya? apa ga nabrak nabrak jadinya ya? secara aku belum punya alat analisa, dan literatur yang memadai. tapi akhirnya aku percayain aja sama hidungku. sekiranya hidungku suka dengan aromanya aku anggap cocok dan oke kalo digabung. kalo hidungku ga suka dengan aromanya aku hindarin pemakaiannya untuk digabung dengan rempah lain. kayak pernah dulu aku gabungin teh hijau dan lavender abis itu aku langsung mual dan pusing dengan aromanya.

ini sekiranya sama kayak harmoni seperti kita sedang memasak sesuatu. pasti pas masak kita mikirin rasa yang enak dan wangi yang sedap dihidung untuk dimakan. kalo wanginya sedap pasti rasanya enak, dan sebaliknya. ya kan? :D


ketika semua udah dilelehin dan didinginkan sebentar, tinggal tuang aja kedalam wadah bersih yang sudah di sterilkan dengan alkohol. aku suka sekali pas proses ini tuaang tuaang dan tuang semua. dan biarin dingin sampai suhu ruang~ 


dan, hasilnya jadi seperti ini. imut imutkan yaa. #loh


ga sabar aku colek duluan buat lembabin bibir, menurutku hasilnya bagus aku suka sekali. tapi aroma jintannya itu loh nusuk banget, dan mamaku ga suka, tapi aku suka. aneh!

 jadi apa dengan kombinasi rempah yang gini mungkin yang bisa pake aku aja gitu? atau dengan hidung kita yang sama sama suka dengan aromanya berarti cocok dengan ini gitu? masih misteri.

apa deh postingan ini berakhir dengan curhatan aku aja. abisnya ini menarikkan ya ngekombinasiin rempah rempah dengan modal hidung kayak orang jaman dulu. orang jaman dulu mana ada punya alat analisa yang tinggal masukin sample pencet tombol semua keterangan bahan keluar kayak alat GC (gas chromatography). semuanya berdasarkan trial and error aja kemudian masukin ke catatan jurnal, dengan begitu ini jadi tambah seru. mungkin aku perlu belajar kimia organik dan kapita selekta lebih dalam lagi.

berikutnya aku ingin bikin dengan kombinasi rempah rempah yang lain, biar hidungku semakin terlatih juga. sniff sniff...~ mungkin itu kunyit, jahe, dan bawang #loh 


amna




14 comments:

  1. jadi itu buat nglembapin bibir, Mbak? aku kira buat balsem, gitu, anget-anget, hihihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga cuma bibir mba, ini bisa buat apa aja, bibir, rambut, badan. hehe iya emang kayak balsem. kalo balsem anget anget biasa ditambah mentol, gandapura, kamfer, atau eucallyptus mba

      Delete
  2. Butter apa yang dipakai.. Terus itu maksudnya di infus itu dialain yah. Hehehe.. Kira kira tahan sampai berapa minggu *nanya muluk* #wartawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. butter yang aku pakai cocoa blend shea butter mba, infus disini maksudnya ngambil ekstrak dari rempah rempah dengan metode perendaman. kayak postingan aku yang dibawah ini :D

      http://amna-ika.blogspot.co.id/2015/09/favorite-diy-coffe-infused-oil.html

      http://amna-ika.blogspot.co.id/2015/05/diy-melati-flower-infusion-oil.html

      sebenernya aku belum bisa mastiin tahan berapa lama, tapi karena ini ga pakai air bisa aku perkirakan tahannya sampai 6 bulanan lebih. di suhu ruang 25 s/d 30 celcius

      asik ada mba wartawan. *berasa femes* lol

      Delete
  3. terus bisa bikin aroma terapi gitu ya Mak, cakep dech. Btw, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dibikin aromatherapy bisa juga mba, mungkin juga bisa ditambah essential oil biar makin greget :v

      Delete
  4. Kreatif banget sih mbak.. Aku juga suka herbal2 gini tp bikinnya yg males hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini pun bikinnya kalau ada waktu mba :D

      Delete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...