Saturday, 19 September 2015

#25 [DIY] Ketika Ide Tulisan ga kunjung kelar kelar


jauh ketika aku masi umur belasan masi lugu, dan ingusan, aku punya cita cita jadi penulis novel yang karyanya dibaca diseluruh dunia. wohooo~ dan pada waktu itu prestasiku yang paling membanggakan adalah masuk 10 besar menulis novel islami tingkat sma yang diadain kementrian agama. kalo ga salah jurinya waktu itu penulis asma nadia.

 dan ide untuk menulis sendiri, mereka bilang bisa dari mana saja dan kapan saja, tapi sepertinya itu berlaku untuk orang yang langsung menuliskan semua ide yang didapatnya saat itu juga. nah yang sulit bagiku adalah langsung menuangkan semua ide itu saat itu juga, karena kadang idenya datang saat aku disituasi yang tidak memungkinkan untuk menulis. 

ketika aku dapat ide untuk menulis biasanya sudah aku rangkai kata katanya diluar kepala. tapi beeh 30 menit kemudian aku lupa dengan ide tuliskanku tadi. ini apa yang salah yaa? cukup sulit untuk mengingatnya kembali sedetail mungkin. dan aku pikir daya ingatku tidak terlalu buruk, cuma ide yang seperti ilham/pencerahan itu datangnya secepat angin dan perginya juga secepat kilat. terus ini sudah terjadi berulang kali hingga naskah dan blogku mulai jamuran. -_-

seperti ide aku bikin cerita tentang "anak laki laki berumur 10 tahun yang berlarian ke arah bangku taman, dimana disitu ibunya sedang duduk dengan seorang pria yang tidak dikenalnya. kemudian saat itu juga dari arah belakang si anak ada sesuatu yang besar menarik bajunya, sang anak terkejut, melonjak, dan, menoleh kebelakang terus blaa blaa blaa aku lupa kelanjutannya". padahalnya aku sudah menulisnya berulang kali dikertas tapi tidak bisa aku tulis sedetail ingatanku sebelumnya yang menurut susunannya sudah sangat oke.

aaah ngegemesin ga sih.. karena ini terjadi berulang kali. hingga suatu hari seseorang menyaran aku untuk bawa buku catatan kecil dan pena kemana saja. jadi kalo ada ide langsung tulis tulisss dan tulis sedetail detailnya.


ini ide yang bagus kan untuk penulis pemula, nah orang itu juga bilang kalau semua ide ide nya bisa ditulis dulu sebagai plot-an metah. nanti tinggal disusun, dan disanalah akan muncul ide baru lagi, bahkan sampai karakter baru yang tidak terduga.

-

selanjutnya daya imajinasi ku yang ngumpet ga tau dimana, padahal waktu aku masi umur belasan juga, apa yang aku imajinasikan semuanya menjadi seperti benar benar nyata. kayak aku berimajinasi disela sela jariku tumbuh bunga dan daun itu rasanya mereka memang benar benar sedang tumbuh menjalar sampai ke kaki. tapi sekarang pas umurku sudah 24 tahunan gini, yang aku liat kosong, sepi, dan membosankan. hampir rasanya hidupku setengah hampah. #lebay

jadi aku mulai kayak menterapi diriku sendiri dengan menggambar dan mewarnai lagi, aku harap dengan begini imajinasi dan daya hayalku balik lagi. o iya kata rekan kerja ku dulu waktu aku masi part time di playgroup. menggambar dan mewarnai untuk orang dewasa juga bisa untuk mengurangi rasa stress dan depresi loh. dan para psikolog juga pakai metode menggambar dan mewarnai untuk mengetahui keadaan emosi seseorang.


ini peralatan menggambar aku yang udah lama sekali ga kepakai. dan beberapa juga sudah banyak yang hilang. semoga cat airnya belum rusak. dari semua peralatan menggambar ini aku paling suka crayon dan pensil warna. cat air sesekali kalo bener bener suntuk. :D

dan,

saat ini aku sudah mulai menulis beberapa hal menarik, kalau begini terus kemungkinan nyicil naskah, dan nerbitin novel sendiri bukan hal mustahil lagi, hehe. sepertinya kita manusia punya kelebihan untuk tumbuh berulang ulang kali, menarik yaa :D



amna






10 comments:

  1. boleh juga nih mak, secara nih aku sering ngadepin hal begini, nulis gk kelar2, hadeehh,
    tfs yak

    ReplyDelete
  2. Eh iya bener, aku suka mewarnai juga kalo lagi suntuk, mayan loh bisa merefresh pikiran hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, menggambar dan mewarnai emang ampuh ngusir suntuk :D

      Delete
  3. Toss...aku juga sekarang balik lagi make jurnal yg ditulis manual

    ReplyDelete
  4. Ehm...baru tau manfaat mewarnai bisa mengurangi stress :)
    Kalu mau nulis ide biasanya aku tulis di kertas/apapun yg langsung terlihat, eh pas mau dicari kertasnya keselip :( kayaknya emang kudu punya buku catatan ttg ide :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup itu akan membantu sekali untuk mengingat idenya mba :D

      Delete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...