Sunday, 13 September 2015

[Favorite] #24 DIY Coffe Infused Oil


di postingan blog yang lalu" aku pernah bikin infused oil dari bunga melati. dan itu seru banget, aku jadi banyak coba bikin infused oil dari macam" jenis rempah. dan salah satu infused oil favorit aku adalah ini~!

coffe infused oil

pada infused oil ini, oil yang dihasilkannya sangat wangi dan kuat aroma kopi. love it~

pic. instagram @ikaamna

ok, bahan dasar oil yang aku gunakan dalam infused oil ini adalah coconut oil/minyak kelapa, karena wangi minyak kelapa itu cukup tajem dan khas dan bakalan cocok banget kalo di infus dengan kopi.

untuk takaran
minyak kelapa 200 ml
kopi 4 sdm 

caranya sederhana aja kayak sebelumnya. kopinya dicampur dengan minyak kelapa, kemudian diaduk rata. dan sedikit perbedaan kalo di infused oil sebelumnya tinggal ditutup dan simpan. 

tapi kalo yang coffe infused ini sebaiknya kopi + minyak yang sudah dicampur tadi kita masak dengan dengan slow cooker, api kecil. kalo ga ada slow cooker masak aja dengan double boiling, yang itu loh minyaknya ditaro diatas dan ga langsung kena api, tapi dipanaskan sama uap air yang didihkan.

sesudah dimasak, dinginkan minyak infusnya selama 24 jam. kemudian saring deh. untuk menyaringnya bisa pake kertas saringan kopi, atau kertas whatmann, tapi kalo ga ada keduanya bisa pake tissu aja. kalo bisa pake tissu biasa yang bebas pewangi dan pemutih. biar kualitas minyak infusnya ga berkurang.


see, kayak foto diatas aku cuma pake tissu aja dan dilapisi sama penyaring teh


tinggal tunggu tetes demi tetes, ini cukup lama~

aa iya hampir lupa, aku pake kopi lokal dari pabrik penggilingan kopi disini. kopinya sangat enak dan harum. aku lupa tanyain apa jenis kopinya. tapi nanti deh kalo aku kepabriknya lagi aku tanyain mereka produksi jenis kopi apa. tapi kalo mau coba bikin juga kopinya bebas kok terserah mau pake kopi apa sesuai selera. tapi jangan kopi sachet yang sudah dicampur susu sama gula yaa.. hahaha >.<

untuk coffe infused oil yang sudah jadi biasanya aku pake untuk bahan campuran sabun, cream, dan lotion. anti oksidantnya sangat bagus kulit. buka resep dikit nih, pada formula sabun aku yang baru ini coffe infused oil ini adalah salah satu bahan wajib dalam pembuatannya. dengan begitu aku berharap bisa menghasilkan sabun dengan kualitas yang terbaik.

oke sekian, sampai jumpah dipostingan berikutnya


semoga bermanfaat

amna



4 comments:

  1. kak inikan kopi kak. kalau bubuk coklat gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana ya aku belum pernah pake bubuk coklat, pernahnya cuma pake biji coklat yang ditumbuk kasar. cobain aja dulu nanti itu bubuk bakalan ngendap juga kayaknya trus tinggal saring deh~

      Delete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...