Sunday, 3 May 2015

#21 [DIY] Jasmine Flower Infusion oil


hi~!
sudah sejak lama aku senang sekali bikin flower infusion oil, karena ini diy paling simpel untuk dilakukan. dan minggu ini aku pilih untuk bikin melati flower infusion oil. infusion oil ini sering aku gunakan sebagai bahan pembuatan sabun, body oil, dan sekarang ini lotion yang masih dalam proses.

dengan menggunakan flower infusion oil secara tidak langsung kita akan akan mendapatkan manfaat dari bahan bahan yang kita infus didalamnya.

khusus untuk melati akan bermanfaat sebagai antiseptik, menyamarkan bekas luka, baik untuk kulit dengan eczema & dermatitis, juga berfungsi sebagai sedative, aphrodisiac, dan juga baik untuk melembabkan kulit kering, pecah-pecah, dan sensitif.

dan hal yang pertama yang harus dilakukan untuk bikin diy ini adalah mempersiapkan bahan.



bahan bahan yang dibutuhkan,

- jasmine/melati segar

- carrier oil; sunflower oil/minyak bunga matahari

- vitamin e


proses pembuatan,

pertama, melati kita sortir dan dijemur dipanas matahari. waktu prosesnya sekitar 4 hari tergantung seberapa panas matahari yang ada ditempatmu. proses pengeringan ini bertujuan untuk mencegah bunganya busuk diwaktu proses pembuatan infusion oil nanti. soalnya dulu sekitar tahun 2013 aku bikin flower infusion oil dengan melati yang masih segar dan hasilnya minyaknya jadi busuk dan cepat tengik. karena masih ada kandungan air yang tersimpan dalam bunganya. 

foto. instagram @ikaamna

kedua, setelah kering masukkan melati kering dalam jar bersih yang sudah disiapkan. disini aku pakai toples kaca bekas selai.

ketiga, tambahan carrier oil berupa minyak tumbuhan. disini minyak yang aku pakai adalah minyak bunga matahari. aku pilih minyak bunga matahari karena teksturnya yang ringan dan minyak ini hampir tidak ada wanginya sama sekali. jadi menurut aku ini paling cocok dipakai sebagai carrier oil untuk infusion oil bunga melati, soalnya bunga melati itu paling sulit untuk diekstrak wanginya. aku sudah coba dengan minyak zaitun, minyak canola, dan minyak kedelai dan hasilnya ga terlalu bagus. dan mungkin untuk bunga yang lain seperti mawar atau lavender bisa pakai minyak zaitun. 

tapi infusion oil dengan minyak bunga matahari ada sedikit kelemahannya, yaitu minyaknya ga akan bertahan lama, perkiraan aku hanya sekitar 3 sampai 4 bulan. jadi supaya lebih tahan lama kita masuk kelangkah yang keempat, yaitu menambahkan vitamin e, disini vitamin e akan berfungsi sebagai antioksidan yang menjaga infusion oilnya tetap awet sampai 8 bulan lebih, dan ditambah kalo keadaan penyimpanannya baik mungkin bisa tahan sampai 1 tahunan. 

keadaan penyimpanan yang baik disini maksudnya infusion oilnya disimpan pada suhu ruang standar 25 s.d 30 celcius dan jauh dari sinar matahari langsung.



sudah semua proses diatas selesai, flower infusion ini tinggal disimpan aja, dan lama penyimpanannya 10 hari, dan sebaiknya ga lewat dari itu. 

kemudian minyak yang sudah disimpan selama 10 hari dipisahkan dari bungannya dan siap digunakan lalu sisanya bisa disimpan lagi.

selesai..!~




semoga bermanfaat 

amna

26 comments:

  1. beli sunflower oilnya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai bunda shidqi, sun flower oil bisa dibeli ditoko kimia atau super market :D

      Delete
  2. Asg dpet ilmu lg, td sblm baca lbh lanjut sempet bertanya2 dlm hati..halah..
    Oil apa yg dipakek ya..
    Eee trnyata oil bunga matahari..baru tahu ada yg begini mak..hadehhh katrok bgd eikeh
    Berkat berkunjungvke sini eikeh jd tahu..
    Tfs y emak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mba inda, aku senang sekali kalau ini bisa bermnafaat :D

      Delete
  3. Kira2 yg jual carrier oil dimana ya Mbak? Vit E-nya beli juga? Maap katrok, baru tau bisa bikin infused oil ky gini *tutupmuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang carrier oil yang seperti sun flower oil bisa dibeli di toko kimia atau super market bisa dipilih sendiri gradenya. kalo untuk vitamin e nya bisa pakai vitamin E yang dari nature-e itu loh mba, 2 kaplet aja cukup :D

      Delete
  4. kalo kamboja bs jg dong ya mbak.. kbetulan mamaku ngumpulin, tp biasanya cuma dijadikan ala2 potpouri gtu. tfs yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup mba jade, bunga kamboja juga bisa. kalo di bikin flower infus oil kayaknya bakalan wangi banget deh jadinya :D

      Delete
  5. ukurannya gimana ya mak??saya baca beberapa kali g ada ukurannya,takut salah gitu kalau mau nyoba hehhe
    tfs ya mak..salam kenal^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya ukurannya aku lupa hehe maaf, biasanya aku pake 250 ml carrier oil, dan bunga segar 400 gram nanti kalau sudah kering berat bunganya jadi sekitar 200 gram kurang. salam kenal kembali mba HM Zwan

      Delete
  6. minyak bunga matahari yang bisa untuk minyak goreng itu bukan ya mba kalau di supermarket?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup biasanya bisa buat salad, kalo goreng aku belum pernah coba dan jenisnya food grade, tapi kalo aku buat diy kayak gini biasanya pakai minyak yg jenis cosmetic grade :D

      Delete
    2. bisa dibeli ditoko kimia

      Delete
  7. DIY itu singkatan apa si mak? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. diy itu singkatan dari "do it your self" mba :D

      Delete
  8. kayaknya next pengen beli sunflower oil deh. selama ini cma pake zaitun & castor oil.

    ReplyDelete
  9. Ehmm jadi penasaran mau coba juga. Pemakaiannya biasanya buat apa aja ya neng? Aromatherapy gitukah? Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya aku pake untuk body oil, lotion, sama bahan baku handmade soap mba. untuk aromatherapy juga biasa kayaknya :D

      Delete
    2. Ow i see. tetiba langsung kepikiran pake ini untuk massage. Thanks neng. :D

      Delete
    3. nah iya itu juga bisa, sama sama mba :D

      Delete
  10. Waaw..suka sama postingan mbanya..izin nyontek ilmunya ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mba dian, mari sebar ilmunya :D

      Delete
  11. Share cara buat pengharum ruangan pk infus oil ada g mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ada aku coba bikin pengharum ruangan pakai infus oil. biasanya mah kalo pengharum ruangan pakai burner aja. jadi air ditambah essential oil kemudian di burner dalam ruangannya.

      Delete
  12. Share cara buat pengharum ruangan pk infus oil ada g mba

    ReplyDelete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...