Saturday, 30 May 2015

1# Tips: Anti Gugup, Anti Galau, Anti Malas di sidang proposal & akhir ala Ika Amna



Yow,
 apa kabar. maaf 3 bulan ini aku sibuk banget belajar dan mempersiapkan laporan untuk sidang proposal tugas akhir dan sidang proposal penelitian. sampai blog ini sedikit terbengkalai. baru proposal sih tapi ya tetep bikin huuffff aku ga bisa main main sesuka hati~

dan ya, pas mau sidang siapa yang ga gugup termasuk aku sendiri. pas kemaren sebelum sidang aku sedikit gugup tapi ya ga sampe demam panggung sehingga semua materi diotak ku jadi hilang. karena aku punya beberapa teknik andalan sebelum sidang. yang bikin aku lebih pede.

nah tips ini sudah aku praktekan sejak jaman kuliah D3 dulu. and it works for me~ 

okay,

Tips 1, sehari sebelum sidang udah ga perlu belajar lagi, 
karena hal itu hanya membuat pikiranmu jadi tambah padet dan stress. kalo itu laporan yang bikin kamu sendiri dari awal sampe akhir, ga perlu dihapalin banget juga semua sudah ada terekam diotak mu secara akurat. 



Tips 2, Istirahat seperti bobo siang, 
dan apapun itu yang membuat tubuhmu jadi rileks. kalo aku sih biasanya cuma tidur siang aja. tapi jangan kelewatan tidur siangnya 2 sampe 3 jam aja cukup. sekedar pelepas lelah.


Tips 3, pelajari profile dosen pengujimu, 
hoho ini sepertinya aku ngajarin jadi stalker. ga kok. cukup cari tau aja informasi tentang dosen pengujimu dari kakak tingkat atau peserta sidang lain yang dosen pengujinya juga dosen pengujimu. gali sebanyak mungkin informasi yang bisa didapatkan. cari tau lewat google juga aku sarankan. ada beberapa dosen yang aktif dimedia sosial dan blog penulisan jurnal. itu bisa jadi referensi profile dosen untukmu.

minta izin ya bu, ika pakai fotonya :3

ini tips paling pamungkas pengusir gugup, dan demam panggung dariku

Tips 4, dengerin musik pembangkit semangat, 
kalo masalah musik menurutku ini adalah selera pribadi, dengerin musik yang munurutmu bisa merubah mood dari yang gugup menjadi pemberani dan penuh semangat. yeaaah~!

aku punya dua lagu wajib sebelum sidang bisa didengerin disini, disarankan pake earphone yaaw

yang pertama, Never Give Up by Sonar Pocket


yang kedua, Just Awake by Fear and Loathing in Las Vegas


Tips 5, minum 2 gelas air segar, 
karena air akan membantu membuat emosi mu tetap tenang, dan selain itu aku juga menggunakan lavender essential oil, yang salah satu manfaatnya menghilangkan rasa gugup dan cemas, lengkapnya bisa dibaca disini. biasanya aku pake dengan cukup mengoleskannya didahi dan leher.

Lavenderessentialoil


nah, itulah beberapa tips dari ku, semoga berguna

amna



No comments:

Post a Comment

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...