Tuesday, 28 April 2015

[SPESIAL] Handmade Soap Fermentasi Beras + Jasmine & Cananga by Ika Amna

hi~!
aku senang sekali bikin postingan ini soalnya, item sabun kali ini sangat spesial. setelah 5 kali uji coba dengan fermentasi beras akhirnya aku bisa bikin sabun fermentasi beras dengan baik seperti ini.

sebelumnya, ga usah diceritain ya, perjalanannya panjang dan menyebalkan. hahaha :v

beras yang aku pake untuk fermentasi adalah beras solok jenis "anak daro", yang terkenal dengan rasanya yang manis dan lembut juga wangi. beras ini komoditas andalan dikotaku dan termasuk beras unggulan di indonesia. baca disini

btw ada lagunya sendiri untuk si bareh solok. google aja nanti ketemu deh. bareh solok vs samba lado.


melalui proses fermentasi manfaat berasnya akan semakin kaya, menurut yang aku baca di salah satu website, fermentasi beras akan meningkatkan kandungan antioksidan, mineral, vitamin e, dan pitera. kandungan ini dapat menyembuhkan kulit, mengurangi keriput, garis garis halus, peradangan, dan memperbaiki tektur penampilan kulit.

aku ga akan panjang lebar mengulas soal pitera, karena pitera sudah di patenkan oleh salah satu produk skin care kenamaan dari jepang.  yah begitulah #manyun2cm

menurut The Epoch Times beras juga mengandung vitamin B kompleks yang disebut inositol. inositol ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan sel, memperlambat proses penuaan dan merangsang peredaran darah. seperti yang kita ketahui, jika peredaran darah lancar maka nutrisi dan oksigen akan terdistribusikan keseluruh bagian sel. dengan begitu kulit akan menjadi kencang, bercahaya, dan pori - pori mengecil.

sumber referensi


untuk hiasan diatasnya aku pake bunga jasmine dan kenanga kering.  kemudian setelah dipotong potong hasilnya seperti foto dibawah ini. awal pembuatan sabun ini kecium banget wangi beras fementasinya, dan  lama kelamaan wanginya berkurang.


-


o iya sebenernya sabun ini statusnya masih uji coba, dan aku sendiri yang jadi kelinci percobaaanya. lalu ada beberapa teori yang masih aku bingung tentang fermentasi beras ini, dan semuanya masih aku pelajari, dalam prosesnya untuk dijadikan sabun.

ini belum selesai dan sudah aku posting. soalnya aku ga sabaran, hohoho~

ngomong" soal handmade soap fermentasi beras yang aku bikin, dapat idenya ini dari salah satu blog favoritku Lintang, Random Wonderland kalian bisa baca selengkapnya disana.



Amna
(Happy Soap Blogger)

9 comments:

  1. wah, keren ya mba, sabunnya unyuu..ditunggu reviewnya :)

    ReplyDelete
  2. Mbak Ika, aku coba ngeringkan Kamboja dan kenanga tp warnanya hilang jd coklat tua/hitam. Gimana caranya yg benar ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada cara yang spesifik kalo di aku mba. cuma ditaro aja dibawah sinar matahari dan dibawahnya dilapisin dengan tissu, kemudian ngeringin bunganya ga langsung diterpa sinar matahari :D

      bisa jadi warnanya hilang karena humid dan jenis bunganya beda,

      Delete
    2. Aku petik kenanga-nya yg sdh kuning, atau hrsnya yg msh hijau? Kalau yg sdh kering warnanya hitam msh bisa utk infuse oil kah?

      Delete
    3. Aku petik kenanga-nya yg sdh kuning, atau hrsnya yg msh hijau? Kalau yg sdh kering warnanya hitam msh bisa utk infuse oil kah?

      Delete
    4. yup tentu saja bisa, aasal ga busuk sama jamuran aja

      Delete
  3. Mbak Ika, aku coba ngeringkan Kamboja dan kenanga tp warnanya hilang jd coklat tua/hitam. Gimana caranya yg benar ya mbak?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...