Saturday, 28 March 2015

#20 [DIY] Body Oil Castor x Sunflower + Lavender Sage fragrance


Hai, Sejak aku sering bikin body oil sendiri. mama ku ikutan nyoba dan suka. kemudian mama ku minta dibikinin body oil yang lebih simpel dan wangi. aku sebelumnya nawarin pake essential oil buat pewanginya tapi sepertinya mama kurang suka dengan wanginya. ok lah

jadi body oilnya aku bikin dengan campuran fragrance oil. disini aku pake fragrance oil dari Moonwork collection "Lavender sage". yang ini wanginya sangat unik campuran wangi bunga lavender dan rempah clary sage. dan fragrance oil ini sangat aman dan gentel untuk kulit. dan kalo ga salah aku baca diwebsitenya dulu fragrance oil ini juga phthales free. sekarang moonwork udah ganti nama jadi fragrance-oil.com




kulit mama ku termasuk tipe older skin dan kering, jadi aku putuskan bikin body oil dengan campuran sunflower oil dan castor oil.

karena sunflower oil/minyak bunga matahari mengandung banyak asam lemak tak jenuh, dan juga mengandung vitamin E yang tinggi. asam lemak yang terdapat pada sunflower oil seperti Asam Linoleic atau Asam Omega 6 penting bagi tubuh namun tidak bisa diproduksi oleh tubuh sendiri, sehingga harus diperoleh dari luar seperti suplemen makanan.

lalu castor oil, castor pada kulit kering akan menyerap penuh hingga menyeluruh kedalam kulit dan memicu produksi kolagen dan elastin didalam kulit. seperti yang diketahui, kolagen dapat membuat kulit lebih halus, kencang dan cerah. oleh karena itu pengolesan castor oil secara teratur dapat memperlambat munculnya kerutan dan garis halus pada kulit, membuat kulit tampak lebih muda.



kira kira seperti gambar diatas kondisi perbandingan kulit muda dan tua. aku bukan ahli kulit yang bisa menjelaskan secara detail. ok

btw ternyata kebiasaan ngumpulin botol bekas ga sia sia. aku punya botol bekas olive oil mustika ratu yang aku daur ulang untuk bikin body oil buat mama. 

okeee mamaa apa masi mau ngomel dengan hobi sampahan anak mu iniihhh~ #angelgrin


1/4 dari botol ini aku isi dengan sunflower oil


sisanya aku penuhin dengan  castor oil



oke selesai, tinggal di aduk aduk. saranku mengaduk oilnya dilakukan secara pelan dan searah jarum jam biar pas keaduk oil oil nya ga terkejut satu sama lain hahaha :D

aku milih castor oilnya lebih banyak karena sunflower oil lebih mudah cepat rancid dibandingakan castor oil yang bisa tahan 2 tahun lebih. 

rancid atau apa ya istilah umumnya,  humm  mungkin kayak minyak goreng yang kita pake teksture dan wanginya akan cepat berubah kan ya apalagi ditaro aja ditempa terbuka, aahhh iya seperti tengik, kira kira bisa ditafsirkan begitu deh rancid itu apa.

nanti hasil akhirnya body oil ini teksturenya akan jadi sedikit lebih lengket tapi cepat menyerap kok. apalagi dipake sehabis mandi ketika kulit tubuh masih basah. 

o iya yang item item dibotol itu buah zaitun kering. emang bawaan dari botolnya.


semoga bermanfaat 


amna

No comments:

Post a Comment

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...