Monday, 28 December 2015

Review + Curhat Ulah Diri Sendiri Selama Ngeblog di Tahun 2015


blog post diakhir tahun 2015

Hai semuaaaa~ ini review ulahku selama 1 tahun ini, bener emang yaaa menulis blog itu punya banyak sekali manfaat. aku bisa melihat progress pencapaian hidupku dari tahun ke tahun. apa yang selama ini terasa mustahil jadi terlihat mungkin untuk dilakukan. walaupun belum jelas gimana hasil kedepannya nanti. tapi setidaknya mulai tergambar apa yang bisa aku lakukan, dengan demikian aku bisa mempersiapkan banyak hal agar hidupku lebih punya arti.


Friday, 25 December 2015

DIY Woody Lotion [Oil Based] - Water Free


hai, aku masih sangat penasaran dengan lotion, jadi aku bikin lagi diy lotion dengan versi berbeda. sebelumnya aku mau mention post handmade lotion yang lama, yaitu DIY Earthy Sweet Healing Lotion by Ika Amna [Water Based]

pada diy sebelumnya lotionnya aku bikin pakai air, dan aku ngeyel ga nambahin pengawet sama sekali. belum sampai 3 bulanan aku udah berhenti makainya. walaupun sudah disimpan dikulkas. karena wanginya dan warnanya sudah berubah pada minggu ke 4. tapi berkat ini aku jadi tau rasanya gimana bahan bahan yang sebagus ini terbuang percuma karena rusak oleh bakteri, dan harus aku akui pengawet itu penting sekal., apalagi pada lotion yang mengandung air. harusnya aku juga pakai emulsifier kayak polawax yang bisa buat nyatuin minyak dan air supaya teksturenya juga menyatu dengan baik. jadi bisa dibilang diy lotion sebelumnya itu gagal.



Monday, 21 December 2015

Kangen Danau Ranau - Banding Agung (OKU Selatan) "Cerita di Foto"


hai, ini adalah salah satu tempat yang selalu bikin aku kangen setiap tahun. ini tempat bersejarah cieeeh~ alias tempat mama serta adek adek nya kecil dulu. disini dibanding agung dirumah nenek dan abo (kakek), aku yang versi kecilnya juga tinggal dalam waktu yang cukup lama. aku sering main kedanaunya mancing ikan, berenang, ikut nelayan naik sampan, dan ngegalau dipinggir danau nyari kerang.

dan tahun ini rencananya kami sekeluarga mau ke banding agung lagi. tapi dibatalin gegara suatu hal yang kayanya rencana kami kesini harus dibatalkan. aduh aku patah hati, tapi mau gimana lagi. jadi sebagai peringatan patah hatiku, aku mau share foto foto danau ranau, yang aku ambil sekitaran tahun 2012 lalu. (kualitas gambarnya agak kurang soalnya aku ambil pake kamera hp 2 mp), sekalian ini juga jadi obat kangen. haha :D



Saturday, 19 December 2015

[Herb Love] Rosemary "Rosmarinus officinalis L" + DIY Tea & Hair Mist


hai~ ini rubrik pertamaku tentang rempah rempah yaitu [Herb Love]

pertamanya aku tau dengan rempah rempah ini ketika aku lagi iseng searching cara mengatasi rambut rontok, saat itu ketemulah dengan artikel yang ngebahas mengatasi rambut rontok dengan rosemary, pertamanya aku pikir rosemary itu sejenis tumbuhan mawar. eeeh ternyata engga, tapi ini sejenis tumbuhan yang kakak adek sama peppermint, bentuknya kayak lavender, dan daunnya kayak pine needle. tapi ini wanginya lebih lembut ga semerbak peppermint, dan cendrung ke wewangian kekayuan dan akar, dengan campuran citrus dan mint.

Saturday, 5 December 2015

Review Silky Girl Natural Brow Pencil "01 Soft Black" & "02 Dark Brown"



hi, kali ini aku mau review peralatan make up yang sebenernya jarang banget aku pake. tapi akhir akhir ini aku mulai sering pakenya karena hasil make up dengan ini sesuatu banget. aku punya dua pencil alis dari silky girl yaitu "01 soft black" dan "02 dark brown" ini dua duanya hasil laper mata dimatahari minggu kemaren.

 gaak boong kok ini kebetulan beli 2 dapet 1. waktu itu aku bareng temenku ngegalau muter muter mall dan ketemu konter silky girl trus coba cobain tester disana, balik balik ini hasilnya. temenku beli lipstiknya dan aku beli pencil alisnya plus gratis 1 lagi pensil alis dengan harga terendah. 



Saturday, 28 November 2015

DIY: Herb Balm - Part 1 "Bingung dengan Kombinasi Rempah Rempahnya"


hi apa kabar? semoga hari mu menyenangkan.
 di blog post kali ini aku mau bikin herb balm, yang aku bikin dari berbagai infused herb oil. ini sebenernya masih uji coba. dan beberapa aku jadikan free sample buat teman teman yang pesan handmade soap buatanku. dan aku senang senang sekali dapat beberapa respon yang membangun untuk ini.

niat awalnya aku ingin bikin sesuatu dengan teksture cream dan balm jadi satu, dengan harapan bisa dipakai untuk apa saja mulai dari jadi face and body moisture, balm cleansing method, conditioner, masker, scrub, anti septik untuk luka, dll.


Monday, 23 November 2015

[Slice Of Life] Oil Oilan buat Skincare "Perkenalan Pertama"


hi, ga bisa diungkapkan kecintaan aku sama yang satu ini. 
skin care dengan oil oil an adalah skin care terbaik yang pernah ada dalam hidupku.. hahaha lebay~

kenapa aku bilang yang terbaik?
oil yang terbuat dari ekstrak tumbuh tumbuhan ini memiliki konsentrasi yang bagus untuk diserap kulit secara maksimal. selain itu, oil oil an seperti ini juga tidak mengandung zat zat yang tidak dibutuhkan seperti pengawet, dll yang biasa terdapat dalam skincare komersial. didalam oil oilan sudah ada mineral, vitamin, dan anti oksidant yang sangat bagus untuk kulit.

awalnya aku sudah pakai oil oilan kalo ga salah dari sejak tahun 2012 lalu, tau pertamanya dari forum female daily sub "oil for skincare usage" baca baca review dan cerita cerita disana aku jadi teracuni. awalnya aku cobain rosehip sama tamanu oil yang aku dapet dari seller elea di market plaza "female daily". tapi makin lama aku jadi teracuni dengan banyak jenis oil yang aku temui, dan tadaaahh~

liat tumpukan botol botol oil ini

Saturday, 7 November 2015

[OBSESI] Menjadi Wanita Abadi + Planning What To Do - PART I "Body"


pernah nonton film "The Age of Adaline"? ceritanya tentang seorang wanita biasa yang tiba tiba mengalami kecelakan mobil disungai yang bersuhu dingin, adaline tenggelam dan jantungnya berhenti berdetak, kemudian adaline tewas. namun tiba tiba mobilnya tersambar kilat berdaya 1500 volt yang membuatnya hidup kembali. tapi karena kejadian itu struktur gen nya berhenti tumbuh, artinya secara metabolisme hidup adaline berhenti pada usia 29 tahun. adaline menjadi tidak pernah menua, dan selamanya dia menjadi wanita muda abadi.

The Age of Adaline, Romansa 'Wanita Abadi' dari Masa ke Masa

Friday, 30 October 2015

Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat di Dalam Asap


halo, ini blog post aku yang kedua dibulan ini. 
seperti yang kita liat diberita televisi dan media online kalau kabut asap akibat bencana kebakaran di hutan sumatra dan kalimantan mengakibatkan beberapa kota tertutup asap dan debu. termasuk salah satunya kota tempat tinggalku solok dan padang.

mulainya dari kamis lalu asap mulai masuk dan menutup langit. jadi ga akan keliatan apa cuaca hari ini sedang panas atau mendung. matahari pun ga keliatan walau siang hari. dan asapnya cukup untuk bikin mata pedih dan sulit bernafas. jadi setiap hari aku disini selalu pakai masker kalau keluar rumah. dampak kabut asap yang terjadi disini bukan cuma berakibat buruk bagi kesehatan pernafasan tapi juga berakibat buruk bagi kulit. jadinya kulitku cepat kusam, berjerawat, dan yang paling parah jumlah komedo diluar kendali.

dan berikut beberapa kiat yang aku lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat didalam kabut, khusus untuk teman teman yang nasibnya juga terkepung asap.

1. double, tripel, kuartet, ... cleansing!!

Wednesday, 21 October 2015

Manusia Berbulu yang Absurd


aku pernah dengar seseorang bilang gini, seekor burung hanya mau berkumpul dengan burung burung yang bulunya sama. yaa kayaknya bener juga, dari sekian banyak spesies burung yang ada keliatannya mereka memang lebih suka berkumpul dengan yang sebulu. 

tapi apa ini berlaku untuk manusia? secara spesies kita adalah spesies paling kompleks yang pernah ada. tapi sepertinya itu juga berlaku bukan berdasarkan bulu rambut masing masing, tapi berdasarkan naluriah alami untuk berkumpul dengan orang orang yang bisa dibilang setipe.


Monday, 28 September 2015

[Handmade] Sea Maximum Dust Soap by Ika Amna


next.. sabun yang akan ready stock juga tanggal 12 oktober 2015, adalah ini dengan bahan bahan yang ditulis difoto, sabun ini cocok untuk semua jenis kulit. spirulina yang tedapat dalam sabun ini bermanfaat untuk menutrisi kulit, dan menjaga kulit tetap sehat dari radikal bebas. selain itu spirulina juga punya manfaat anti aging, dan mendetox kulit.


wanginya juga segar karena aku juga nambahin citrolena dan rosemary essential oil, manfaatnya juga sebagai anti septik, dan anti bakteri untuk kulit berjerawat. dan, karbon aktif sebagai penyerap debu, racun, dan polusi pada kulit.


untuk harga per/bar 95+ gram. Rp 40.000


email: surat.amna@yahoo.com
wa: 085357335062


amna

Friday, 25 September 2015

[Handmade] Red Sinom Soap by Ika Amna


o.. hai, apa kabar.
dipostingan kali ini aku mau share salah satu sabun yang akan ready stock nantinya. ini akan ready siap pakai pada tanggal 12 oktober 2015

spesial pada jenis sabun ini aku memakai infused coffe oil yang menjadi bahan dasar pembuatannya, dimana infused coffe oil mengandungan anti oksidan yang sangat baik untuk kulit. kemudian untuk campuran yang lain aku juga menambahkan french red clay untuk mendetox kulit dari polusi dan racun, kemudian campuran ylang ylang essential oil, dan tea tree essential oil yang mempunyai manfaat healing skin yang sangat baik untuk kulit. dan beberapa banyak manfaat lainnya. seperti yang dijelaskan oleh gambar dibawah ini. o iya yang enaknya dari essential oil ini juga hanya dengan menghirup aromanya saja kita sudah mendapatkan manfaatnya. kalo ylang ylang itu aromanya kayak bunga kenanga tapi lebih kuat dan hmm... cukup sulit dijelaskan. dan tea tree lebih cendrung aromanya seperti dedaunan dan kulit pohon. :D

    

Saturday, 19 September 2015

Ketika Ide Tulisan ga kunjung kelar kelar


jauh ketika aku masi umur belasan masi lugu, dan ingusan, aku punya cita cita jadi penulis novel yang karyanya dibaca diseluruh dunia. wohooo~ dan pada waktu itu prestasiku yang paling membanggakan adalah masuk 10 besar menulis novel islami tingkat sma yang diadain kementrian agama. kalo ga salah jurinya waktu itu penulis asma nadia.

 dan ide untuk menulis sendiri, mereka bilang bisa dari mana saja dan kapan saja, tapi sepertinya itu berlaku untuk orang yang langsung menuliskan semua ide yang didapatnya saat itu juga. nah yang sulit bagiku adalah langsung menuangkan semua ide itu saat itu juga, karena kadang idenya datang saat aku disituasi yang tidak memungkinkan untuk menulis. 

ketika aku dapat ide untuk menulis biasanya sudah aku rangkai kata katanya diluar kepala. tapi beeh 30 menit kemudian aku lupa dengan ide tuliskanku tadi. ini apa yang salah yaa? cukup sulit untuk mengingatnya kembali sedetail mungkin. dan aku pikir daya ingatku tidak terlalu buruk, cuma ide yang seperti ilham/pencerahan itu datangnya secepat angin dan perginya juga secepat kilat. terus ini sudah terjadi berulang kali hingga naskah dan blogku mulai jamuran. -_-

Monday, 14 September 2015

Video Pertama aku di Youtube


yowww, tadi malam aku iseng unggah video aku ke youtube yang sebenernya aku ga ada ide mau ngapain. ya jadi yaaah begitulah

tapi kayaknya menarik juga bikin video" gini aku tinggal curcol sambil rekam gambar. cuma ya videonya masih seadanya dulu, tapi bisa ditonton di hd kok.

untuk selanjutnya mungkin aku akan upload yang lain juga kayak diy, tutorial, dan hal hal yang menarik lainnya untuk dilakukan. ini rasanya kayak aku bisa berinteraksi langsung dengan kalian semua haha aku senang sekali..

dan

nih, disini kalian bisa nonton video pertama aku, gugup dikit gpp ya. aku juga ga ada ide apa yang mau diomongin sebenernya.. :v

Sunday, 13 September 2015

[Favorite] DIY Coffe Infused Oil


di postingan blog yang lalu" aku pernah bikin infused oil dari bunga melati. dan itu seru banget, aku jadi banyak coba bikin infused oil dari macam" jenis rempah. dan salah satu infused oil favorit aku adalah ini~!

coffe infused oil

pada infused oil ini, oil yang dihasilkannya sangat wangi dan kuat aroma kopi. love it~

pic. instagram @ikaamna

Wednesday, 9 September 2015

Review Gizi "Secret Of Seaweed" untuk Kulit Wajah


hi, apakabar di post kali ini aku berkesempatan mereview salah satu lokal brand yang udah lama banget eksis. dulu aku inget banget waktu aku sd, tante ku rutin banget pakai gizi super cream ini. kalo ga salah dulu itu kemasannya pot putih kecil gitu. aku pernah iseng ikutan colak colek abis itu kena marah soalnya sekali colek banyak banyak. hahaha :v 

tau ga gizi super cream yang jadul itu sekarang sudah berinovasi, inovasi itu bagus sekali tandanya ada perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. dan tadaaa~!! dari pihak kawaii beauty japan mengirimkanku 3 produk dari gizi "secret of seaweed" ini.

aku dapet,

- gizi super cream "daily cream spf 18"
- gizi super cream "daily cream", dan  
- gizi daily natural lightening foam


Sunday, 23 August 2015

[Handmade] Morroc Soap by Ika Amna


Haai, 
akhirnya setelah ber-explorasi sekian lama muter muter ga karuan akhirnya
pada postingan blog kali ini aku mau memperkenalkan sabun yang aku bikin dengan formula baru dengan 15% coconut oil yang aku harap lebih baik dari sebelumnya.

pada sabun ini aku menggunakan tambahan lavender essential oil, peppermint essential oil, carrot seed essential oil, oat, and coffe. 

dengan formula baru ini, aku lebih berfokus ke campuran bahan yang lebih baik untuk meningkatkan conditioning dari sabun. dimana ini berguna untuk mempertahankan kelembaban kulit selama 24 jam.

kemudian dengan campuran bahan" diatas aku ingin sabun ini memiliki manfaat untuk mempercepat regenerasi jaringan kulit, hingga masalah kulit seperti bekas luka, dan bekas jerawat cepat kembali sembuh seperti semula.

Friday, 21 August 2015

DIY Earthy Sweet Healing Lotion by Ika Amna [Water Based]


hai man teman skin care mania, kali ini aku bikin diy lotion dari bahan bahan alami, bahan yang aku pakai pada diy ini, bisa ditemukan dibeberapa online shop yang ada di indonesia. jadi tinggal googling aja pasti ketemu kok.

ceritanya kemarin itu aku kehabisan stock lotion, trus mau keluar rumah buat beli pun males banget, sebenernya sih males gerak juga. lagian ga ada orang rumah yang bisa nganter pada sibuk semua. jadi aku mikir mending bikin sendiri aja yaa :D

lotion yang aku bikin ini selain jadi pelembab, juga punya manfaat healing (menyembuhkan) karena aku ngombinasiin beberapa essential oil didalamnya seperti peppermint, palmarosa, dan patchouli, yang wanginya earthy banget. selain itu efek healingnya berupa melegakan pernafasan apa lagi yang lagi flu, kebetulan aku lagi flu. trus manfaat lainnya buat ngilangin pegal dan nyeri badan, juga enak banget buat rileksasi otot, selain itu bagus juga buat ngilangin bekas bekas luka, mempercepat regenerasi kulit, dan buat anti aging juga pasti ada ini mutlak ada hahaha :D

so, berikut bahan"-nya;

Thursday, 30 July 2015

[Recommended Product] Review Taman Sari Royal Heritage - Body Treatment Relaxing "Neck & Shoulder Spray"

  hi, 
di post kali ini aku mau rekomendasiin produk kesayanganku, ini produk favorit aku banget, yang selalu jadi temen setia aku dari dulu.

curcol dikit. waktu aku kuliah D3 teknik kimia dulu adalah masa kuliah yang berat dan capek banget, pulangnya bisa sore bahkan kadang sampe agak kemalaman buat ngerjain tugas, balik balik kekost an badanku rasanya super pegeeeeel, badanku ga berasa badan lagi. kadang saking capeknya pernah sore sore baru pulang kuliah langsung ambruk di kasur ketiduran sampe paginya lagi. duh kalo keinget itu parah banget masi pake baju kuliah tadi siang loh, mandi gaa, cuci muka pun enggaa -_- #puaaarah
hahahahahhh >.<

karena keseringan kayak gitu aku cari alternatif buat pegel pegel badanku awalnya cuma pake balsem aja, tapi lama lama bete juga. soalnya pas temen se kost an masuk ke kamar aku dibilang bau nenek nenekk! dan itu jadi bahan becandaan berminggu" aaa tidaak~

jadi aku pakai produk ini Taman Sari Royal Heritage buat ngatasin pegel pegel dibadan gantiin si balsem, dan wanginya enaaaaaaaaaak banget banget. aku malah sangat takjub banget pas pertama kali pakai, aromanya bikin relax, dan nyaman. hangatnya juga enakkk pokoknya bener bener bikin nyaman.


Thursday, 23 July 2015

[Handmade] MACHO MAN Soap by Ika Amna


o hai~
aku bikin sabun kali ini dengan beberapa campuran rempah, karena salah satu request dari pemesan sabun yang baik hati, ingin sabun yang macho untuk kulit berjerawatnya :D

wah, baru kali ini aku dapat request seperti ini. yang macho untuk kulit berjerawat, huh?

beberapa hari aku galau dan bingung yang macho maksudnya gimana? lalu aku minta saran dari papa, kata papa kenapa ga bikin dari campuran cengkeh. cengkeh termasuk salah satu rempah yang macho loh kata papa sambil nyengir 
>///<.
ehh iya bener juga, lalu selain cengkeh, aku juga dapat ide nambahin beberapa rempah macho lainnya sepeti peppermint, lavender, dan sage.

referensi cengkeh berdasarkan riset Cornelia Zicu (Staf Elizabeth Arden Red Doors Spas), kandungan Eugenol pada cengkeh (yang juga dikenal sebagai antiseptik pelembab kulit alami) membantu proses pencegahan jerawat dan proses menghilangkan noda hitam bekas jerawat. 


Saturday, 18 July 2015

Selamat hari raya idul fitri "kapan nikah?"


haaai, selamat hari raya idul fitri. pas hari raya ini aku "ika amna" selaku pemilik blog ini minta maaf apabila ada postingan/foto yang menyinggung hati dan kata kata komentar yang tidak berkenan.

dihari lebaran kemaren dan hari ini tidak ada yang begitu berlebihan, karena aku ga dapat kesempatan buat ikutan sholat id tahun ini. rasanya sedih sekali T^T. dirumah mama juga ga bikin kue soalnya anak bujangnya ga dirumah. mama tau aku suka makan kue, dan mama takut kalo ngasih aku kue nanti aku jadi kalap, dan berubah gendut. jadi dirumah cuma ada 1 pack kue nanas jadi jadian. mama juga masak rendang yang enak tapi aku ga suka daging cuma sanggup makan 1 atau 2 potong kecil aja.

kue nanas jadi jadian

Wednesday, 1 July 2015

DIY: Limeline Cake Cleanser by Ika Amna


Hai, sepertinya ini bakalan jadi postingan blog aku yang paling panjaaang dengan foto". aku dapet ide bikin cleanser ini dari salah satu produk handmade cosmetic yaitu LUSH. aku kagum sekali dengan brand ini apa lagi cleansernya yang unik. seperti varian LUSH - Angels on Bare Skin.  aku tertarik buat nyobain tapi sepertinya belum waktunya. ehe~

jadi aku bikin sendiri cleanser ala ala LUSH versi aku gitu. cara bikinnya sangat simpel dengan bahan bahan yang bisa ditemukan dibeberapa toko kimia, online shop, dan kebun sendiri.

Monday, 29 June 2015

Gula aren + Kopi + Coklat Handmade Soap by Ika Amna


hai, 
ini postingan pertamaku dibulan puasa. aku ga begitu produktif bulan ini gara" main game online. tapi masi aku sempatin bikin postingan blog. 

selagi game nya maintance mingguan, aku sempatin bikin sabun. sabun ini aku buat dari campuran gula aren, kopi, dan coklat. aku terinspirasi dari kolak yang dibikin mama untuk buka puasa. hmm wanginya enak banget pas pertama dibikin. campuran gula aren bisa jadi pilihan kalo ingin sabunnya wangi tanpa tambahan pewangi. sebenernya beberapa kali aku dapat komplen kalo sabun buatanku ga wangi. ya iyah aku emang ga pake pewangi disabunnya. ga ada alasan spesifik sih. entahlah aku juga bingung. mungkin pake pewangi baik juga. tapi yang lebih suka wangi dominan dari bahan alami gula aren, kopi, dan coklat bisa jadi pilihan.

kali ini aku buat dengan bentuk yang lebih simpel. aku suka warna yang dihasilkan bahan" diatas pada sabunnya. coklat gelap kehitaman dan diendus dominan wangi gula aren. yumm :3


Friday, 5 June 2015

Review Nyx Tinted Lip Spa TLS 04 Vintage


Hai,
 di post ini aku mau review salah satu lipstik andalan ku setiap hari. Nyx lip tinted spa "shade" TLS 04 Vintage. lipstik ini sudah jadi andalan ku sejak lama. tapi baru bikin reviewnya sekarang. pemalasnya aku yaaa..


Saturday, 30 May 2015

1# Tips: Anti Gugup, Anti Galau, Anti Malas di sidang proposal & akhir ala Ika Amna



Yow,
 apa kabar. maaf 3 bulan ini aku sibuk banget belajar dan mempersiapkan laporan untuk sidang proposal tugas akhir dan sidang proposal penelitian. sampai blog ini sedikit terbengkalai. baru proposal sih tapi ya tetep bikin huuffff aku ga bisa main main sesuka hati~

dan ya, pas mau sidang siapa yang ga gugup termasuk aku sendiri. pas kemaren sebelum sidang aku sedikit gugup tapi ya ga sampe demam panggung sehingga semua materi diotak ku jadi hilang. karena aku punya beberapa teknik andalan sebelum sidang. yang bikin aku lebih pede.

nah tips ini sudah aku praktekan sejak jaman kuliah D3 dulu. and it works for me~ 

okay,

Tips 1, sehari sebelum sidang udah ga perlu belajar lagi, 
karena hal itu hanya membuat pikiranmu jadi tambah padet dan stress. kalo itu laporan yang bikin kamu sendiri dari awal sampe akhir, ga perlu dihapalin banget juga semua sudah ada terekam diotak mu secara akurat. 

Sunday, 3 May 2015

DIY Jasmine Flower Infusion oil


hi~!
sudah sejak lama aku senang sekali bikin flower infusion oil, karena ini diy paling simpel untuk dilakukan. dan minggu ini aku pilih untuk bikin melati flower infusion oil. infusion oil ini sering aku gunakan sebagai bahan pembuatan sabun, body oil, dan sekarang ini lotion yang masih dalam proses.

dengan menggunakan flower infusion oil secara tidak langsung kita akan akan mendapatkan manfaat dari bahan bahan yang kita infus didalamnya.

khusus untuk melati akan bermanfaat sebagai antiseptik, menyamarkan bekas luka, baik untuk kulit dengan eczema & dermatitis, juga berfungsi sebagai sedative, aphrodisiac, dan juga baik untuk melembabkan kulit kering, pecah-pecah, dan sensitif.

dan hal yang pertama yang harus dilakukan untuk bikin diy ini adalah mempersiapkan bahan.

Tuesday, 28 April 2015

[SPESIAL] Handmade Soap Fermentasi Beras + Jasmine & Cananga by Ika Amna

hi~!
aku senang sekali bikin postingan ini soalnya, item sabun kali ini sangat spesial. setelah 5 kali uji coba dengan fermentasi beras akhirnya aku bisa bikin sabun fermentasi beras dengan baik seperti ini.

sebelumnya, ga usah diceritain ya, perjalanannya panjang dan menyebalkan. hahaha :v

beras yang aku pake untuk fermentasi adalah beras solok jenis "anak daro", yang terkenal dengan rasanya yang manis dan lembut juga wangi. beras ini komoditas andalan dikotaku dan termasuk beras unggulan di indonesia. baca disini

btw ada lagunya sendiri untuk si bareh solok. google aja nanti ketemu deh. bareh solok vs samba lado.


melalui proses fermentasi manfaat berasnya akan semakin kaya, menurut yang aku baca di salah satu website, fermentasi beras akan meningkatkan kandungan antioksidan, mineral, vitamin e, dan pitera. kandungan ini dapat menyembuhkan kulit, mengurangi keriput, garis garis halus, peradangan, dan memperbaiki tektur penampilan kulit.

aku ga akan panjang lebar mengulas soal pitera, karena pitera sudah di patenkan oleh salah satu produk skin care kenamaan dari jepang.  yah begitulah #manyun2cm

menurut The Epoch Times beras juga mengandung vitamin B kompleks yang disebut inositol. inositol ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan sel, memperlambat proses penuaan dan merangsang peredaran darah. seperti yang kita ketahui, jika peredaran darah lancar maka nutrisi dan oksigen akan terdistribusikan keseluruh bagian sel. dengan begitu kulit akan menjadi kencang, bercahaya, dan pori - pori mengecil.

sumber referensi


untuk hiasan diatasnya aku pake bunga jasmine dan kenanga kering.  kemudian setelah dipotong potong hasilnya seperti foto dibawah ini. awal pembuatan sabun ini kecium banget wangi beras fementasinya, dan  lama kelamaan wanginya berkurang.


-


o iya sebenernya sabun ini statusnya masih uji coba, dan aku sendiri yang jadi kelinci percobaaanya. lalu ada beberapa teori yang masih aku bingung tentang fermentasi beras ini, dan semuanya masih aku pelajari, dalam prosesnya untuk dijadikan sabun.

ini belum selesai dan sudah aku posting. soalnya aku ga sabaran, hohoho~

ngomong" soal handmade soap fermentasi beras yang aku bikin, dapat idenya ini dari salah satu blog favoritku Lintang, Random Wonderland kalian bisa baca selengkapnya disana.



Amna
(Happy Soap Blogger)

Friday, 24 April 2015

Handmade Soap: Mini Australian Clay + Honey + Jasmine by Ika Amna

Hi ada yang baru nih~

aku bikin sabun dengan ukuran mini sekitar 30 gram, sabun ini aku buat dari campuran autralian green olive clay yang dikombinasikan dengan madu dan bunga jasmine kering.

sabun ini dikhususkan untuk kulit wajah dengan kondisi berminyak dan berjerawat. kira kira kegunaannya hampir sama dengan dengan sabun yang aku bikin sebelumnya,

ternyata bikin sabun dengan ukuran mini gini lebih enak dipake dan muat digenggaman. dari pada sabun yang aku bikin sebelumnya karena ukurannya yang lumayan besar, jadi aku harus memotong motongnya terlebih dahulu sebelum dipake.








Amna

Monday, 30 March 2015

[Handmade] Honey Roses Soap by Ika Amna


Hai, beberapa minggu yang lalu aku bikin sabun dengan campuran wild rose flower infusion oil yang sudah aku simpan sejak akhir 2014 yang lalu yeaaayyy~, kemudian dicampur dengan madu yang manis. sabun ini enak banget wanginya. 

wild roses, atau bunga mawar liar tumbuh sangat banyak didaerahku, dan bunga ini sangat wangi dibandingkan bunga mawar lainya, kalau dituliskankan wanginya itu heavenly banget. dari referensi yang aku baca mawar liar mempunyai spiritual energi yang membangkitkan kesimbangan tubuh, dan membuang semua energi negatif yang tidak dibutuhkan. wanginya akan membuatmu rileks dan merasanya nyaman (kalau suka wanginya), sensual, energic, and love.

dan wild roses adalah astrigen yang sangat bagus sebagai pengencang kulit, pengecil pori-pori, dan membuat lapisan pelindung pada kulit. dengan kombinasi madu sebagai tambahan moisture dan juga sebagai anti aging dan mempercepat perbaikan kulit yang rusak.

selain aku kombinasikan dengan wild rose infusion oil, ku juga pake wild rose water untuk campurannya.


bagian atasnya aku hias dengan kelopak bunga mawar liar kering, jadi terlihat vintage and cute~


tapi sayang sekali, sepertinya proses pengeringan kelopak bunga yang aku bikin kurang baik sehingga kelopak bunganya jadi jamuran. T^T


selain proses pengeringan kelopak bunga yang aku bikin ga sempurna, juga dikarenakan humid di tempat tinggal ku juga tinggi (daerah pegunungan).

aku cukup kesulitan memilih tempat penyimpanan yang baik untuk sabun sabun ku. jadi sementara ini aku simpan diruangan khusus. dengan intensitas aliran udara yang cukup baik dan suhunya yang lumayan hangat dan kering.


trus sabun yang ini juga selama aku kuliah ke luar kota, letaknya dipindahin ketempat lain. jadi 2 minggu aku tinggal sudah begini nasibnya. tapi sabun ini masih bisa dipakai karena yang jamuran itu hanya kelopaknya aja. nanti tinggal dicabutin dan buang. huuff sedihnya aku sudah susah payah bikinnya karena aku ga teliti jadi jamuran gini. -_-


amna



Sunday, 29 March 2015

Aku bukan seorang hijaber blogger


kadang aku ga mengerti dengan diriku sendiri buat apa aku ngeblog dan nulis di blog, secara aku ga terlalu lihai merangkai kata kata yang menyenangkan untuk dibaca. sampai tiba hari ini aku sangat bingung.

seseorang mengirimku email untuk bertanya, dan kemudian mengkategorikan ku sebagai seorang hijab blogger. itu  hal baik. tapi, bagiku itu terlalu berlebihan. karena sebenernya aku belum sepenuhnya memakai hijab. kadang aku masih santai aja keluar rumah dengan celana pendek, kaos oblong, dan rambut terurai panjang.

aku merasa sangat terbebani dengan kategori hijab blogger. karena bagiku hijab termasuk sesuatu yang sakral tapi aku belum mampu memenuhi kesakralan itu dengan baik. menyedihkan sekali.

aku tinggal didaerah yang cukup religius, dan keluargaku termasuk yang cukup religius juga, dan rata rata semua masyarakatnya disini memakai hijab. jujur aja aku sudah pakai hijab sejak kelas 4 sekolah dasar. karena waktu itu aku disekolahkan di madrasah yang mewajibkan semua siswi nya memakai hijab. kemudian tahun demi tahun muncul peraturan baru daerah yang mewajibkan semua pelajar disumatra barat memakai hijab ga peduli apapun keyakinannya. 

jadi aku sudah terbiasa memakai hijab sejak kecil. tapi masalahnya hijab yang aku pakai bukan atas keinginan ku sendiri tapi tuntutan dan keinginan orang lain. mungkin kalimat ini tidak akan disukai beberapa orang. tapi ini kenyataannya yang terjadi denganku.

dan aku pun merasa baik baik saja, ini tidak melukai ku secara fisik, tapi ini cukup melukai hatiku secara emosional. karena disatu sisi aku merasa punya tanggung jawab memakai hijab untuk masyarakat, dan sisi lain aku belum mampu untuk melakukkannya dan tidak mau melakukannya. karena ini bukan untuk diriku sendiri tapi orang lain, aku merasa susah jika begini dan ini sama sekali tidak menyenangkan. 

apa kalian tau apa yang terjadi ketika hijabnya dilepas, orang orang disekitar akan menjadikan mu bahan pembicaraan dan menganggap dirimu tidak punya akhlak yang baik sebagai seorang perempuan. aku tidak suka masyarakat fanatik seperti ini. kemudian bla bla blaaa

aku pakai hijabku, kadang hijabnya pendek, panjang, kadang juga pas pas an, lalu kadang aku santai aja dengan rambut ku yang langsung diterpa panas.  ini rumit, ini sangat sangat rumit dan aku tidak mengerti dengan apa yang harus kulakukan. judge dan hukum masyarakat pun sangat menakutkan. tapi mama ku bilang kalau belum mampu melaksanakannya dengan baik coba aja perlahan lahan. hanya kata kata ini yang bisa menenangkanku. 

dan maaf aku bukan seorang hijaber blogger

aku hanya blogger iseng yang sedang mencari jati diri untuk lebih baik. ada banyak sekali kegalauan diotakku dan semuanya terjalin kayak butelan benang wol yang kusut. entah sampai kapan kekusutannya akan diselesaikan. aaaahhh rasanya pikiranku mulai kacau dengan hal ini. mungkin dibalik semua ini ada sesuatu yang belum aku pahami.


amna




Saturday, 28 March 2015

DIY Body Oil Castor x Sunflower + Lavender Sage fragrance


Hai, Sejak aku sering bikin body oil sendiri. mama ku ikutan nyoba dan suka. kemudian mama ku minta dibikinin body oil yang lebih simpel dan wangi. aku sebelumnya nawarin pake essential oil buat pewanginya tapi sepertinya mama kurang suka dengan wanginya. ok lah

jadi body oilnya aku bikin dengan campuran fragrance oil. disini aku pake fragrance oil dari Moonwork collection "Lavender sage". yang ini wanginya sangat unik campuran wangi bunga lavender dan rempah clary sage. dan fragrance oil ini sangat aman dan gentel untuk kulit. dan kalo ga salah aku baca diwebsitenya dulu fragrance oil ini juga phthales free. sekarang moonwork udah ganti nama jadi fragrance-oil.com




kulit mama ku termasuk tipe older skin dan kering, jadi aku putuskan bikin body oil dengan campuran sunflower oil dan castor oil.

karena sunflower oil/minyak bunga matahari mengandung banyak asam lemak tak jenuh, dan juga mengandung vitamin E yang tinggi. asam lemak yang terdapat pada sunflower oil seperti Asam Linoleic atau Asam Omega 6 penting bagi tubuh namun tidak bisa diproduksi oleh tubuh sendiri, sehingga harus diperoleh dari luar seperti suplemen makanan.

lalu castor oil, castor pada kulit kering akan menyerap penuh hingga menyeluruh kedalam kulit dan memicu produksi kolagen dan elastin didalam kulit. seperti yang diketahui, kolagen dapat membuat kulit lebih halus, kencang dan cerah. oleh karena itu pengolesan castor oil secara teratur dapat memperlambat munculnya kerutan dan garis halus pada kulit, membuat kulit tampak lebih muda.



kira kira seperti gambar diatas kondisi perbandingan kulit muda dan tua. aku bukan ahli kulit yang bisa menjelaskan secara detail. ok

btw ternyata kebiasaan ngumpulin botol bekas ga sia sia. aku punya botol bekas olive oil mustika ratu yang aku daur ulang untuk bikin body oil buat mama. 

okeee mamaa apa masi mau ngomel dengan hobi sampahan anak mu iniihhh~ #angelgrin


1/4 dari botol ini aku isi dengan sunflower oil


sisanya aku penuhin dengan  castor oil



oke selesai, tinggal di aduk aduk. saranku mengaduk oilnya dilakukan secara pelan dan searah jarum jam biar pas keaduk oil oil nya ga terkejut satu sama lain hahaha :D

aku milih castor oilnya lebih banyak karena sunflower oil lebih mudah cepat rancid dibandingakan castor oil yang bisa tahan 2 tahun lebih. 

rancid atau apa ya istilah umumnya,  humm  mungkin kayak minyak goreng yang kita pake teksture dan wanginya akan cepat berubah kan ya apalagi ditaro aja ditempa terbuka, aahhh iya seperti tengik, kira kira bisa ditafsirkan begitu deh rancid itu apa.

nanti hasil akhirnya body oil ini teksturenya akan jadi sedikit lebih lengket tapi cepat menyerap kok. apalagi dipake sehabis mandi ketika kulit tubuh masih basah. 

o iya yang item item dibotol itu buah zaitun kering. emang bawaan dari botolnya.


semoga bermanfaat 


amna

Sunday, 22 March 2015

Handmade soap pertama untuk Costumer Offline "Amna Home Soap Packaging #2"


Hi, packaging handmade soap kali ini aku buat khusus untuk costumer offline pertama ku.
aku sangat senang sekali ada seseorang dari kota tempat tinggal ku yang memesan. aku harap dia suka dengan sabun buatanku~

packagingnya aku buat seperti kado yang cantik, karena aku berpikir semua orang senang diberi kado walau pun dia membeli untuk ini. hehe


kalo untuk sabun yang ini, beratnya 300 gram oil, jadinya sekitar 400 gram lebih sabun. aku buat dengan campuran shea butter, french green clay, dried flower (jasmine dan cananga), dan aloe vera, dan tetap semua sabunku bebas pewangi. 

dan yang paling aku suka, sabun ini sudah mendapatkan wangi lembutnya dari bunga kering, dan flower infusion oil, yang aku campur didalamnya. sabun ini cocok sekali untuk menutrisi kulit normal-kering, kusam, dan berjerawat.

aaaaa aku harap aku segera bisa pulang kerumah supaya bisa ketemu mama papa dan bikin sabun lagiii~!



~happy soap blogger~

amna

Saturday, 14 March 2015

Packaging Amna Home Soap #1


O hai apa kabar. aku bikin post ini untuk menunjukkan beberapa bentuk packaging sabun yang aku bikin. awalnya jujur saja aku bingung ini sabun mau dibungkus gimana? karena kadang juga aku memiliki keterbatasan waktu, bahan, dan tenaga untuk menyelesaikannya. soalnya mulai dari proses pembuatan dan packagingnya aku urus semuanya sendiri.

jadi kalau ada yang tidak sama atau yang tidak puas dengan packagingnya.. aku mohon maaf
berikutnya aku akan berusaha semaksimal mungkin untuk lebih kreatif lagi.










amna

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...