Sunday, 7 December 2014

#15 [DIY] After Bath Patchouli Body Oil

apa kalian bosan dengan body lotion? aku terkadang bosan dan ingin coba sesuatu yang baru dengan perawatan kulit tubuh.

iseng iseng baca baca blog female daily aku menemukan sesuatu yang menarik. yaitu beauty experiment: body oil & tidak handukan setelah mandi di tulis oleh DesZeLL.


diblog nya dijelaskan kenapa membalurkan body oil pada saat badan setengah basah? karena kulit butuh air dan minyak. didalam tubuh kita terkandung dua zat tersebut.

minyak akan membantu membungkus air yang membuat kulit kita terasa lembap pada saat selesai mandi. selain itu, air juga membantu minyak lebih mudah rata dikulit. tanpa bantuan air, minyak akan terasa kasat dikulit sehingga susah diratakan yang berakibat pada penggunaan minyak yang terlalu banyak hingga bikin kulit terasa berat dan berminyak.

aku udah coba selama seminggu dan kulit jadi lembab banget loh, aku takjub sekali. malah ini bikin lebih lembab dan sehat dibandingkan dengan pengunaan lotion.

dan untuk body oil nya, kita bisa bikin sendiri loh jadinya lebih hemat. aku sendiri bikin body oil dari 3 bahan aja., yaitu.

untuk base:
Extra Virgin Olive Oil (minyak zaitun)
Corn Oil (minyak jagung)

add:
Patchouli (akar wangi) essential oil



untuk wadahnya aku pake botol bekas lotion yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan. ehe jadi kalau punya botol botol bagus bekas lotion atau yang lainya jangan langsung dibuang. simpan dulu siapa tau berguna. tapi kebiasaan ku nyimpan barang barang bekas gini bikin mama sebel. sampe mama bilang duh kayak apa aja naakk naaakkk.


cara bikin body oilnya tinggal tuang aja, aku bikin perbandingan olive oil dan corn oilnya 1:2

kalau olive oil udah banyak yang tau apa manfaatnya, kalau corn oil aku pakai ini karena si doi mengandung moisture sekelas shea butter dan tekturenya juga ringan dan cepat menyerap ke kulit dibandingkan dengan olive oil. selain itu kandungan asam linoleatnya juga sangat bagus.


trus tinggal tetesin Patchouli essential oil 10 tetes dan selesai. jangan lupa kocok kocok botolnya biar semua minyaknya nyatu. aku pake patchouli essential oil karena aku sangat suka dengan wangi dan manfaatnya.

 manfaatnya antara lain mengatasi penuaan kulit, membantu regenerasi kulit mati, serta mendorong pertumbuhan sel kulit baru. selain itu patchouli juga menangkan kulit yang meradang, mengurangi kerutan, garis garis halus dikuli,t juga meratakan warnanya, dan mengencangkan kulit yang kendur dan menyamarkan bekas luka.

dari referensi yang aku baca untuk pemakaian essential oil yang baik itu 3 sampai 6 tetes untuk 10 ml carrier oil. tapi entahlah body oil yang aku bikin ini ada berapa ml. mungkin sekitar 60 ml atau 70 ml gitu. itu pun wangi patchoulinya sudah sangat kuat.



dan, tadaaa~!! selesai. tinggal dipakai dan santai santai sambil minum kopi.

dari yang aku baca di blognya fd, karena indonesia panas tidak disarankan menggunakannya saat disiang hari lebih baik digunakan pagi sama sore. tapi aku sendiri pakainya cuma sore, soalnya aku lebih milih pakai lotion yang mengandung spf dipagi hari. terserah aja sih, ini suka suka.

 selain itu kalau olive oil terkena sinar matahari langsung akan menyebabkan tanning dikulit (kulit menggelap) karena sifat olive oil yang bisa berfotolisis menyerap sinar matahari. seandainya kompor gas mama ku juga bisa berfotolisis mungkin kami ga perlu beli gas lagi buat masak. hahahaha :v

yu bikin body oil mu sendiri, dan ciptakan kreasi baru


semoga bermanfaat

Amna








2 comments:

  1. ini kalo ga pake corn oil ngaruh ga? atau pake oil2an lainnya juga ngaruh ga? beli essential oil dimana ya? aku jarang liat di supermarket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai lia, ga ada pengaruh kok. ini suka suka aja mau campur oil nya yg mana aja tergantung selera. kalau buat beli essential oil bisa email aku langung :D

      Delete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...