Saturday, 8 November 2014

Mentradisikan Buang Sampah Sembarangan


haloh, kali ini aku mau curcol dengan kekesalan yang aku rasakan udah dari waktu yang sangat lama. aku kesal sekali dengan orang yang buang sampah sembarang. mau itu dirumahnya sendiri, rumah orang lain, atau tempat umum. aku ga punya urusan sih tapi melihatnya aja sudah sangat sangat menyebalkan.

pernah suatu hari waktu ke warung mau beli telor, aku ketemu sama ibu dan anak yang berbelanja juga, si anak lagi asik makan snack dan si ibu lagi asik chit chat sama penjaga warung. sambil nunggu telorku diambilin aku duduk disamping warung.

tiba tiba si anak yang udah puas makan snack ngelemparin sampah snacknya begitu aja didepan warung, lalu aku ngomong sama si anak. "dek itu disebelah sana ada tempat sampah, bungkus snacknya jangan dibuang sembarangan ya". si anak langsung terkejut malu, dan mengesek gesek kakinya disampah snack yang dia buang tadi sambil menunduk diam. aku juga diam, tapi yang mengejutkan ibunya malah melotot dongkol kepadaku. trus penjaga warung yang sadar momennya udah ga bagus langsung nyeletuk, "gpp nanti biar saya sapu lagi". aku dengernya langsung naik darah, aku ambil sampah snack anak tadi trus aku buang ke tong sampah. si ibu tadi malah makin melotot sampai matanya bener bener terlihat mau keluar. aku heran kenapa si ibu tersebut harus melotot begitu anaknya ditegur orang, toh anaknya udah gede umuran smp. 

menurut aku dengan melotot gitu berarti membenarkan perbuatan anaknya mentradisikan buang sampah sembarangan. anaknya ga akan merasa bersalah soalnya si ibu ga marah sama dianya. kalau aku jadi ibunya sudah aku omelin itu anak bahkan sebelum dia membuang sampahnya sembarangan. 

aku emang sangat sensitif dengan sampah yang ditebar sembarang. karena aku sendiri ga pernah buang sampah sembarangan. kalaupun aku ga ketemu tempat buangnya, sampahnya aku simpan disaku atau ditas sampe aku ketemu tempat sampah untuk buangnya. adeku yang laki sering aku omeli tentang hal ini, bahkan mama ku sendiri juga aku omeli. entalah ini dapet dari mana sifat kayak gini. kalau papa ku mah cuek cuek aja.

aku banyak melihat disekelilingku tanpa rasa bersalah mereka buang sampah sembarangan kayak ga ada dosa, ga peduli itu dari anak kecil sampe yang sudah berpendidikan tinggi bahkan diatas aku level pendidikannya. sampe aku heran ini orang bener bener terdidik ga sih? pernah sekali aku tegur mereka, dan malah jawab gini "gpp kan ada yang bersihin nanti, mereka emang digaji buat ini kok" aku langsung ga bisa berkata apa apa, dan tertegun kayak orang bego. segitunyakah?? segitunyakan mental orang orang ini?? apa aku yang terlalu idealis? 

iya kalau dianya aja yang buang satu sampah dihari itu, kalau ada 5000 mahasiswa yang buang sampah kayak dia, apa petugas kebersihan yang tua tua itu sanggup ngebersihinnya? dan hal ini terjadi setiap hari. 5000 sampah hari ini belum kelar, petugas kebersihannya harus membersihkan 5000 sampah yang baru datang. aku bener bener ga mengerti dengan cara berpikir mereka. padahal tempat sampah udah disediain tepat 5 meter disamping mereka duduk.

membuang sampah sembarangan berarti sama dengan mengotori bumi, mengotori tanah, mengotori air, mengotori udara, mengotori mahluk lain dan mengotori diri sendiri. nanti kalo udah banjir ngutuk ngutuk hujan, hujan ga datang ngutuk ngutuk tuhan. padahal itu akibat dari sebab yang dilakukan. sekarang aku cuma bisa ngomel ngomel diblog ini sambil berdoa semoga orang orang yang buang sampah sembarangan dibukakan hatinya untuk ga membuang sampah sembarangan lagi. karena itu adalah hal yang terburuk yang sudah ditradisikan turun temurun ditanah dan laut ini.

jangan heran kalau nanti kalau ditanya apa peninggalan kebudayaan kita? sampah? huh. menggelikan

grrrrrr aku geraaaaammmmm..!!!



8 comments:

  1. Iya ih....masih banyak yg belum sadar soal kebersihan ya. Ditegur aja dek, kalau mereka ngajak berantem atau ngotot kayak si ibu yang anaknya sudah SMP tadi, ..malu ngak mereka berantem gara-gara ditegur soal buang sampah sembarangan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau juga mba, mereka punya pemikiran sendiri. dan yang mereka lakukan adalah hal biasa dan sudah biasa jadi ga salah menurut mereka. -.-

      Delete
  2. Mulai dari diri sendiri... mari budayakan buang sampah pada tempat sampah...

    ReplyDelete
  3. samaa.. saya jg paling sebel kalo lihat orang yg buang sampah sembarangan.. suka aneh aja gitu, kok bisa2nya orang dengan enteng buang sampah ngasal banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah nih aku juga sebel dan bingung mba, kok bisa bisanya -_-

      Delete
  4. Semangat jadi agen kebersihan yak ;)

    ReplyDelete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...