Saturday, 15 November 2014

Handmade soap by Ika Amna

hai, aku mau sharing tentang sabun sabun yang aku buat. belum seberapa banyak sih. tapi ini beberapa yang aku buat dengan penuh cinta. haha~

sabun yang pertama, aku kasih nama AX0809


kandungannya; Madu organik, Kayu manis, Ekstrak canola, ekstrak kacang kedelai, dan untuk taburan diatasnya aku pakai campuran kering daun murbey dan bunga chrysant. "bergizi untuk kulit"


sabun yang kedua, aku kasih nama AX0761


kandungannya; french green clay, bunga kering jasmine, shea butter, campuran flower infusion oil cananga dan jasmine. "bergizi untuk kulit"


yang ketiga aku kasih nama, AX0001


kandungannya; juice kulit manggis (garcinia manggostana fructus), peppermint essential oil, vitamin E, dan serpihannya kulit manggis kering. "bergizi untuk kulit"


keempat, aku kasih nama AXE712


kandungan sabun yang ini rahasia, karena aku pake bahan yang ga wajar didalamnya hoahahahaha. sekarang aku pake ini buat cuci motor.


sabun yang kelima, aku kasih nama AX0803


kandungannya, Himalayan Pink Salt, Actived Charcoal, dan Aloe Vera. 
"bergizi untuk kulit"




Amna

Saturday, 8 November 2014

Mentradisikan Buang Sampah Sembarangan


haloh, kali ini aku mau curcol dengan kekesalan yang aku rasakan udah dari waktu yang sangat lama. aku kesal sekali dengan orang yang buang sampah sembarang. mau itu dirumahnya sendiri, rumah orang lain, atau tempat umum. aku ga punya urusan sih tapi melihatnya aja sudah sangat sangat menyebalkan.

pernah suatu hari waktu ke warung mau beli telor, aku ketemu sama ibu dan anak yang berbelanja juga, si anak lagi asik makan snack dan si ibu lagi asik chit chat sama penjaga warung. sambil nunggu telorku diambilin aku duduk disamping warung.

tiba tiba si anak yang udah puas makan snack ngelemparin sampah snacknya begitu aja didepan warung, lalu aku ngomong sama si anak. "dek itu disebelah sana ada tempat sampah, bungkus snacknya jangan dibuang sembarangan ya". si anak langsung terkejut malu, dan mengesek gesek kakinya disampah snack yang dia buang tadi sambil menunduk diam. aku juga diam, tapi yang mengejutkan ibunya malah melotot dongkol kepadaku. trus penjaga warung yang sadar momennya udah ga bagus langsung nyeletuk, "gpp nanti biar saya sapu lagi". aku dengernya langsung naik darah, aku ambil sampah snack anak tadi trus aku buang ke tong sampah. si ibu tadi malah makin melotot sampai matanya bener bener terlihat mau keluar. aku heran kenapa si ibu tersebut harus melotot begitu anaknya ditegur orang, toh anaknya udah gede umuran smp. 

menurut aku dengan melotot gitu berarti membenarkan perbuatan anaknya mentradisikan buang sampah sembarangan. anaknya ga akan merasa bersalah soalnya si ibu ga marah sama dianya. kalau aku jadi ibunya sudah aku omelin itu anak bahkan sebelum dia membuang sampahnya sembarangan. 

aku emang sangat sensitif dengan sampah yang ditebar sembarang. karena aku sendiri ga pernah buang sampah sembarangan. kalaupun aku ga ketemu tempat buangnya, sampahnya aku simpan disaku atau ditas sampe aku ketemu tempat sampah untuk buangnya. adeku yang laki sering aku omeli tentang hal ini, bahkan mama ku sendiri juga aku omeli. entalah ini dapet dari mana sifat kayak gini. kalau papa ku mah cuek cuek aja.

aku banyak melihat disekelilingku tanpa rasa bersalah mereka buang sampah sembarangan kayak ga ada dosa, ga peduli itu dari anak kecil sampe yang sudah berpendidikan tinggi bahkan diatas aku level pendidikannya. sampe aku heran ini orang bener bener terdidik ga sih? pernah sekali aku tegur mereka, dan malah jawab gini "gpp kan ada yang bersihin nanti, mereka emang digaji buat ini kok" aku langsung ga bisa berkata apa apa, dan tertegun kayak orang bego. segitunyakah?? segitunyakan mental orang orang ini?? apa aku yang terlalu idealis? 

iya kalau dianya aja yang buang satu sampah dihari itu, kalau ada 5000 mahasiswa yang buang sampah kayak dia, apa petugas kebersihan yang tua tua itu sanggup ngebersihinnya? dan hal ini terjadi setiap hari. 5000 sampah hari ini belum kelar, petugas kebersihannya harus membersihkan 5000 sampah yang baru datang. aku bener bener ga mengerti dengan cara berpikir mereka. padahal tempat sampah udah disediain tepat 5 meter disamping mereka duduk.

membuang sampah sembarangan berarti sama dengan mengotori bumi, mengotori tanah, mengotori air, mengotori udara, mengotori mahluk lain dan mengotori diri sendiri. nanti kalo udah banjir ngutuk ngutuk hujan, hujan ga datang ngutuk ngutuk tuhan. padahal itu akibat dari sebab yang dilakukan. sekarang aku cuma bisa ngomel ngomel diblog ini sambil berdoa semoga orang orang yang buang sampah sembarangan dibukakan hatinya untuk ga membuang sampah sembarangan lagi. karena itu adalah hal yang terburuk yang sudah ditradisikan turun temurun ditanah dan laut ini.

jangan heran kalau nanti kalau ditanya apa peninggalan kebudayaan kita? sampah? huh. menggelikan

grrrrrr aku geraaaaammmmm..!!!



Friday, 7 November 2014

Review Wangsa Jelita true "ROSE" Body Butter


Sebelumnya aku ga kepikiran untuk cobain body butter, karena aku pikir dengan lotion aja sudah cukup lembab buat kulitku. 

tapi pas liat packaging nya body butter wangsa jelita aku langsung jatuh cinta. aaaa~

punyaku kemasannya sedikit cacat karena kena kuku. :'|
loh kok packagingnya? iya soalnya aku sangat sangat suka dengan mawar. tapi bukan itu aja yang bikin aku suka dengan body butter ini.


alasan lain yang bikin aku suka dengan body butter ini adalah konsep produknya yang mengutamakan kelembaban kulit, bebas paraben, dan 100% no harmful chemical.

owner dari produk ini juga pro-community dengan bekerja sama dengan petani mawar di lembang, bandung. untuk mendapatkan air mawar yang segar untuk produknya. dengan begini para petani mawar akan sangat terbantu dengan usahanya. 

ini keren sekali aku suka dengan ide ownernya. karena papa ku juga seorang petani, jadi aku tau bagaimana rasanya.

lalu untuk ingredientnya;


beberapa ingredientnya kalau dijabarkan.

CETYL ALCOHOL, bentuknya serpihan putih, pembuatannya dengan cara pemanasan minyak kelapa bersama caustik soda, sama seperti pembuatan sabun. Cetyl Alcohol banyak digunakan dalam produk kosmetik khususnya produk lotion, cream dan kondisioner.  Cetyl Alcohol berfungsi untuk menghaluskan kulit dan rambut dan dalam produk cream berfungsi juga sebagai pengental (Thickening Agent) dan pengemulsi . Cetyl Alcohol telah di nilai, di evaluasi dan di uji oleh Cosmetic Ingredient Review (CIR) Expert Panel, sebagai bahan yang aman untuk kandungan dalam kosmetik. 

STEARYL ALCOHOL, banyak ditemukan di produk-produk seperti kondisioner, foundation, perawatan kulit  dan tata rias wajah. Bentuknya seperti lilin, berwarna putih dan berbau samar. Stearyl Alcohol berfungsi untuk menyatukan bahan-bahan yang bentuknya minyak dan air (sebagai pengemulsi). Dalam produk perawatan kulit Stearyl Alcohol juga berfungsi untuk mengurangi timbulnya busa, karena banyak bahan-bahan yang dipakai untuk produk kosmetik dan personal care menghasilkan busa. Untuk kulit Stearyl Alcohol memberi efek halus dan lembut pada permukaan kulit. Untuk keamanannya Stearyl Alcohol FDA juga sudah melakukan evaluasi dan mengesahkan bahwa Stearyl alcohol aman untuk produk kosmetik, bahkan juga aman digunakan sebagai aditif dalam produk makanan. 

STEARIC ACID, adalah asam lemak jenuh yang memiliki berbagai kegunaan seperti sebagai komposisi tambahan dalam makanan, kosmetik, dan produk industri. Asam stearat diekstrak dari berbagai jenis lemak hewani, lemak nabati, dan beberapa jenis minyak lainnya. Senyawa ini juga banyak digunakan untuk mengubah konsistensi atau suhu leleh suatu produk, sebagai pelumas, atau untuk mencegah oksidasi. dengan kata lain juga digunakan sebagai pengawet. 

GLYCERYL STEARATE SE, adalah esterifikasi dari produk glycerine dan asam stearat yang berberntuk krim berwarna putih. Banyak digunakan untuk produk lotion, powder, produk skin cleansing, tata rias, fondation, eye shadow, eye liner, mascara, kondisioner, dan sunscreen. Glyseryl Stearate bisa juga berasal dari derivatif palm kernel, minyak sayur atau minyak biji kedelai, dalam tubuh manusia juuga di produksi secara alami.  
Glyseryl Stearate memberi efek lembut dan halus pada kulit, juga melembabkan kulit karena memperlambat hilangnya air pada kulit dengnan membentuk penghalang (skin barrier). Dan telah terbukti dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Food and Drug Administration (FDA),Generally Recognized As Safe (GRAS) dan  Cosmetic Ingredient Review (CIR) Expert Panel telah mengevaluasi dan menetapkan bahwa Glyceryl Stearate SE aman digunakan untuk kosmetik ataupun aditif untuk  makanan. 
ETHYLHEXYL PALMITATE, Digunakan dalam produk kosmetik sebagai pelarut, agent pembawa, agent menghilang pigment dan pelembut membantu melicinkan dan meminyaki kulit sehingga kulit lembab, biasa digunakanan dalam produk-produk kosmetik, produk perawatan rambut, kulit, dan makeup. 
ROSE FRAGRANCE phthales free, karena phthalates sendiri adalah material dasar untuk plastik yang berisiko tinggi terhadap kesehatan tubuh jika terhisap atau tertelan. *dari berbagai sumber*

kemudian ingredient selebihnya sudah umum seperti Shea butter, Aqua/Air, Air mawar, dan Vitamin e. kalau menurutku semuanya gentle untuk kulit.

lalu wangi body butternya, sangat lembut dan tidak menyengat dihidung, aku cocok dengan wewangian yang seperti ini. apalagi wanginya wangi mawar :D

kalau untuk pemakaiannya, aku lebih suka ikuti saran pemakaiannya yang di produk. yaitu baik digunakan segera setelah mandi. karena body butternya akan lebih cepat menyerap dikulit. kenapa jadi lebih cepat menyerap? karena saat itu kulit dalam keadaan basah.


karena body butter ini ga ada spf nya, aku lebih suka pakainya sesudah mandi sore. kalo pagi menjelang siang biasanya aku pakai lotion nivea spf 25 yang biru.

dan body butter ini akan sangat cocok sekali dengan tipe kulit kering, dan sangat kering. pakainya juga ga perlu banyak banyak sedikit aja udah bisa menyeluruh lembabnya jadi lumayan hemat. kelembabannya juga tahan lama dikulit.

untuk teksturenya


kalau dioles kekulit jadi begini


gosok gosok


dan, lembab trus ga lengket sama sekali loh~


biasanya sih paling sering juga aku gunakan untuk bagian kulit yang agak sedikit kasar seperti tumit, siku, dan mata kaki. kemudian digosok dengan sikat silikon kalau ga punya bisa coba dengan batu apung atau sabut kelapa. cara ini efektif untuk mempercepat melembutkan dan mecerahkan kulit yang kasar, pecah pecah, dan menghitam. tapi gosoknya jangan kuat kuat ya nanti kulitnya lecet.

o iya, hampir lupa untuk harganya 100 gram Rp 78.000, selain ini ada juga varian green tea. baru ada dua itu aja sih di web nya. aku ngarep ditambah lagi variannya, kenanga misalnya :D hehehe~

selain body butternya aku juga punya rose body lotion dan scrubnya, nanti kalau ada waktu lagi akan aku tulis juga reviewnya.



terima kasih sudah membaca



Amna




Tuesday, 4 November 2014

Paket Welcome dari Viva Exclusive Membership Club

aku terkejut sekali tiba tiba datang paket dari viva. karena sebelumnya aku ga inget pernah belanja di web viva. pas dibuka ternyata ini paketan welcome viva exclusive member club. oo aku inget sebelumnya aku pernah registrasi di web viva. rencananya emang mau belanja tapi belum jadi.

paketan yang datang ke aku, dibungkus kertas cantik warna merah, walaupun sudah mengkerut kerut karena   proses pengiriman kesini.



pas dibuka isinya ini~
o iya sebenernya ada notes kecil warna merah juga, lupa fotoinnya.


haha rasanya exclusive sekali dikasih kartu ini


aku juga dikasih milk cleanser dan face tonic, sepertinya ini kemasan viva yang lama. dan aku juga udah jarang liat seri produk yang ini dipasaran.


viva juga ngasih sampel viva white clean mask sama hand & body lotion. menarik untuk dicoba~


dalam paketannya juga ada katalok produk viva, dan keterangan kegunaanya


katalok lipstiknya


ada tips tips juga~


free ongkos kirim dengan pembelian minimal 100 ribu, lumayan hemat kalo belinya patungan bareng temen. 


kalau mau dapetin exclusive member viva kayak aku bisa langsung registrasi ke web nya viva ---> http://www.vivacosmetic.com/ trus aku saranin sekalian belanja juga biar dapat sampel lebih banyak. lol

btw terima kasih viva


amna



Sunday, 2 November 2014

Curhat: Sedikit Duka jadi Mahasiswa Transfer

dulu aku kuliah DIII di politeknik negeri sriwijaya palembang jurusan teknik kimia, kemudian sesudah lulus tahun 2012 dulu aku mutusin buat kerja aja rasanya udah cukup. karena kuliah diteknik itu berat sekali bagi aku.

tapi udah enak enak 2 tahun kerja orang tua nyuruh aku pulang ke solok alasannya mereka mau sama sama aku sebelum aku menikah dan diboyong suami nanti. eaaaak masih jomblo gini -.-

akhirnya aku pulang solok dan tinggal. selama disolok aku berusaha cari kerja kesana dan kesini tapi ga dapat dapat maklum karena kota kecil, jadi lowongan kerja untuk engineer tidak ada karena emang ga ada industri sama sekali disini kecuali industri kecil rumah tangga. kayak pabrik roti dan pabrik jagung.

akhirnya aku disuruh transfer kuliah ke padang untuk ngelanjutin S1. ok maa (nurut aja). walaupun padang dekat dengan solok aku sama sekali jarang kesana palingan cuma 4 sampai 6 kali. dan kesasar kesana kesini cari informasi universitas mana yang buka jurusan teknik kimia. ternyata di padang itu yang buka jurusan teknik kimia cuma universitas bung hatta.

universitas bung hatta adalah universitas swasta yang terkenal dipadang. tapi aku diejek sama teman temanku " loh amna kamu kan asalnya dari negri kok masuk swasta sih apa ga sayang sama ijazahnya dan bla bla" awalnya aku galau secara ijazah tamatan universitas swasta itu dipandang gimanaaa gituh... tapi lama lama well siapa yang peduli skill lebih penting dari pada ijazah.

duka jadi mahasiswa eh mungkin mahasiswi transfer tepatnya. karena aku sepenuhnya sendiriaaaaaan. sedikit sekali mahasiswa yang transfer di bung hatta tahun ini. cuma lima orang kalo ga salah. karena transfer mungkin jadi dianggap sudah dewasa hingga aku sama sekali ga dapat orientasi pengenalan kampus. jadi pas pertama masuk aku kebingungan cari gedung dan kelas kuliah. sampe aku turun naik tangga 3 lantai beberapa kali dan itu pun kelasnya ga ketemu ketemu. kebetulan ketemu sama petugas kebersihan disana trus nanya, mereka pun ga tau, dan malah nyaranin naik lagi kelantai 2 #beh -_- 

trus akhirnya tanya sama mahasiswa disana ternyata gedung dan kelas kuliahku ada digedung sebelah. abisnya cuma ada tulisan ruang 1.3.3.2  

haaaah capek~

dan dalam tiap tiap mata kuliah, aku dihadapkan dengan kelas kelas dan orang orang yang berbeda. bagiku ini sulit karena aku memang memiliki masalah kesulitan mengenal orang lain jika ga ketemu intensif setiap hari. jadi celingak celinguk mana orang yang aku kenal kemaren yaa siapa yaaaa namanya??? mau tanya namanya lagi segaaann. karena aku merasa itu ga sopan -.-

 trus suatu saat ketika mau masuk kuliah fisika yang sekelas dengan ku sudah sibuk nulis nulis pas aku tanya itu apa ternyata itu tugas dari dosen. loh bagaimana bisa?? kan kuliah fisika minggu kemaren bapaknya sama sekali ga kasih tugas. mereka bilang ini tugas yang dikasih hari jumat. 

loh kok bisa? akhirnya hari itu aku sama sekali ga ngumpulin tugas, walaupun udah ngomong sama bapaknya aku sama sekali ga tau ada tugas. aku tetep ga dikasih kesempatan untuk ngumpulin tugasnya dilain waktu. katanya ini salah aku sendiri karena sama sekali ga punya inisiatif untuk kuliah dan bla bla bla...

teganya~

akirnya beberapa hari kemudian aku kenalan dengan beberapa teman teman yang transfer juga. aku disaranin untuk minta no hp, pin bb, email, pokoknya apa aja yang bisa dihubungi milik komting, komting itu sejenis ketua kelas. jadi kalo ada apa apa bisa tanya.

aku juga dikasih tau tempat pengumuman pengumuman yang biasa dipakai dosen untuk nempel pemberitahuan dari mereka. 

kita juga cerita cerita tentang kebiasaan dan kriteria beberapa dosen yang mengajar disini. 

ok, aku pikir lama lama aku akan terbiasa, ini ga sulit.



amna





Hadiah dari kak Glory Chen's Brithday Giveaway

hi, apa kabar. sebenernya aku mau bikin postingan ini dari bulan lalu. 

tapi baru ini aku sempat ngepostnya.

aku menang giveaway yang diselenggarakan oleh blog kak glory chen, dan aku pemenang keduanya. ini menyenangkan sekali karena baru pertama kali ini aku ikutan giveaway dan menang. hohoho

oleh kak glory chen aku dikasi hadiah hadiah beauty item dari korea selatan, ada masker dan face wash dari brand Etude House, Tony Moly, sampel sampel cc cream dan skin care brand Elisa Choy, Skin Food, dan softlens brand Diva Lollipops berikut dengan tempat softlensnya yang unyu unyu :D



aku udah nyoba yang face wash nya dan wanginya enaaaak sekali. wangi blue berry dan dijilat pun manis. lol


terima kasih kak glory chen. i love it

sumber: glory chen's blog


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...