Wednesday, 7 May 2014

Review Natur-E, d alfa tocopherol (Natural vitamin E 100 IU)

Hai apa kabar, ketemu lagi di blog post amna.

Dikesempatan ini aku mau review salah satu suplemen makanan yang berupa vitamin E, dalam kapsul lunak 100 IU.  Ada yang pernah coba ini??




aku adalah konsumen setianya sejak 2011 yang lalu. Dikatakan dikemasannya natur-e mengandung jenis vitamin E, d-alfa tocopherol” yang merupakan  vitamin E alami yang berasal dari tumbuhan. Kalo ga salah dari fanpage nya Natur-e, dibilang vitamin E nya berasal dari ekstrak biji bunga matahari dan biji gandum.

 biji bunga matahari mengandung asam linoleat dan linolenat, salah satu lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Asam lemak ini bertanggung jawab terhadap pembentukan prostaglandin atau jaringan hormon yang mengatur kesehatan pembuluh darah jantung, kesuburan, daya tahan tubuh, dan sistem saraf pusat. 

Selain itu, suplemen kulit ini mengandung

 biji gandum yang juga mengandung vitamin E aktif dan alami (d–alfa-tokoferol).

untuk dosis pemakaian;

1-3 kapsul lunak setiap hari, dan 1 kapsul lunaknya mengandung vitamin E 100 IU .

suplemen vitamin e dari Natur-E yang aku minum selama ini banyak membantu untuk kesehatan dan kebutuhan nutrisi kulitku. harganya juga terjangkau sekitar Rp 16.000, dan mudah ditemukan dimana mana, diapotik atau warung.

kemudian, menurut beberapa referensi; dosis standarisasi vitamin e dalam tubuh itu 120 IU. tapi tidak berlaku untuk semua orang. 

lalu, apakah kamu boleh meminum vitamin E 200 IU atau lebih ??

boleh kok, bila kamu terlalu sibuk dengan aktifitas, sering bekerja di ruangan yang ber AC, terkena polusi, sering terpapar radikal bebas dan sering memakan – makanan yang berpengawet. dengan dosis vitamin e 120 IU tidak akan cukup untuk membantu kebutuhan nutrisi mu.
 sebab itulah disarankan untuk usia 12 sampai 30 tahun dosis vitamin e yang di anjurkan 200 IU, dan untuk usia 30 ke atas dosisnya 400 IU.

kalo, aku pribadi konsumsinya cukup 1 kali sehari aja, karena kegiatan aku ga terlalu sibuk, aku juga jarang terkena polusi, tidak bekerja diruangan ber AC, dan aku hampir ga pernah makan makanan berpengawet dan siap saji.  

kemudian sisanya 100 IU bisa aku dapatkan dari asupan makanan sehari hari. sayuran & buah lover here, hehe~<3 <3 <3


kemudian banyak pernyataan yang bilang kalo vitamin E yang dia minum bikin jerawatan, inilah, itulah, dan bla bla? kenapa ?

sebenernya lebih baik konusumsi suplemen vitamin e dibarengi dengan meningkatkan konsumsi vitamin a dan c, karena vitamin e dari informasi yang aku dapatkan, vitamin e cenderung untuk meningkatkan penggunaan vitamin a, jadi harus dibarengi dengan meningkatkan konsumsi vitamin a, jika tidak maka bisa menimbulkan gejala kekurangan vitamin a seperti jerawat dan gangguan pengelihatan. 

selain itu konsumsi vitamin c juga harus ditingkatkan karena vitamin c meregenerasi vitamin e sehingga daya kerjanya lebih optimal dan bisa aktif kembali / beregenasi. Jadi jangan membuat sesuatu yang bagus terlihat buruk, sesuatu yang baik pastilah baik untuk kita jika kita tahu cara penggunaannya yang baik dan benar.

vitamin a, c, dan e merupakan kombinasi hebat untuk kesehatan kulit, sehingga selama ini aku tidak pernah merasakan masalah jika diharuskan mengkonsumsi suplemen yang menurut aku bagus meskipun dosisnya tinggi. Jadi, sebelum mulai mengkonsumsi suplemen lebih baik cari tahu dulu informasi tentang kandungan suplemen tersebut, terutama kandungan utamanya selengkap – lengkapnya, agar kedepannya tidak  menyalahkan sana sini setelah mengkonsumsi suplemen tersebut.

Natur E,  juga mengandung d beta dan d gamma tocopherol
saran;
jika membeli vitamin e, pilihlah yang alami dan yang rendah akan efek samping, serta mempunyai komposisi terlengkap, bukan hanya d-alpha tocoperol saja, tapi juga d-beta, d-gama, dan juga d-delta, agar mengoptimalkan penyerapan vitamin e sesuai dengan kebutuhan harian mu.
jadilah pembeli yang teliti, lihat label halal, bpomRI, dan juga tanyakan terbuat dari apa vitamin e dan juga cangkangnya.
dari fanpage Natur-e, adminnya bilang kalo cangkang natur-e terbuat dari sum sum tulang sapi. natur-e juga sudah dapat seterfikat HALAL dari MUI. InsyaAllah Aman :)

tapi, aku akan stop pemakaian suplemen vitamin E dari natur-e. Alasannya karena sejak awal tahun 2014 aku sudah komitmen jadi seorang Vegetarian pesco


artinya vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi ikan serta produk turunannya. dan aku ga bisa mengkonsumsi ini lagi karena cangkangnya terbuat dari gelatin sapi. 


apa itu gelatin?? 

Gelatin merupakan protein yang diperoleh dari hidrolisis kolagen yang secara alami terdapat pada tulang atau kulit binatang. Gelatin komersial biasanya diperoleh dari ikan, sapi, dan babi. Dalam industri pangan, gelatin luas dipakai sebagai salah satu bahan baku dari permen lunak, jeli, dan es krim. 

Di bidang farmasi, gelatin digunakan sebagai cangkang kapsul. Di Indonesia, kapsul yang beredar adalah kapsul jenis hard. Kapsul ini terbuat dari gelatin, pewarna, pengawet serta pelentur. Menurut informasi yang berasal dari Badan POM gelatin yang masuk ke Indonesia bahannya berasal dari organ sapi.

Di Indonesia sendiri untuk keperluan industri hampir setiap tahun kita mengimpor gelatin dalam jumlah yang cukup banyak. Pada tahun 2000, Indonesia mengimport gelatin 3.092 ton dari Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Brasil, Korea, Cina dan Jepang. (www.iptekda.lipi.go.id). Dan di luar negeri, sebanyak 70 persen gelatin terbuat dari kulit babi. (www.republika.co.id).

Berdasarkan data dari indohalal.com, gelatin yang sudah mendapat sertifikasi halal dari LPPOM MUI yaitu Hard Gelatin Capsul Indonesia yang diproduksi oleh PT. Universal Capsules Indonesia, KCPL-Gelatin Produksi Kerala Chemical & Proteins Ltd., dan Halagel TM ( Edible Gelatin, pharmaceutical gelatin,di-calcium phosphat) yang diproduksi oleh Halagel (M) Sdn.Bhd. sumber

jangan terlalu khawatir, aku hanya ingin berbagi informasi yang aku rasa penting untuk dikethui dengan beberapa pernyataan diatas dari berbagai sumber, okey :)

semoga bermanfaat

Amna

16 comments:

  1. hai mbak cantik... aku salah satu orang yang jadi parno konsumsi vit. e karena isu bikin tamah jerawatan tersebut... :D
    malah kadang natur e.. sekali-sekali aku oles kwajah tipis-tipis... :P tapi itu dulu.. sekarang udah nggak lg kok...

    mbak aku mau tanya, mbak tau seloxy aa? itu aman dan halal gak ya..? dulu aku penah di resepin dr spkk... sekarang aku pengen jadiin itu suplement harianku.. tapi masih maju mundur juga.. kalo mbak tau informasi nya kasih tau dong... secara ak gaptek banget orang nya... :/

    ohya mbak, lain kali pengen deh mbak review halal skincare atau vegan skincare... luar negeri punya klo bisa... tapi yang gak begitu asing & susah didapat.. he heheeee.. maafkan aku yang cerewet ini terlalu banyak meminta...

    sukses sllu mbak cantik... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai juga mbak cut nurul yumi, dari referensi yang aku baca seloxy aa belum ada data keamanannya. mengenai efek samping, tidak ada efek samping yang serius selama pemakaian dalam dosis wajar yang dianjurkan. kemudian halal apa engga nya aku belum dapat datanya dari temen ku yang kerja dirumah sakit. tapi mba rata rata obat yang diresepkan dari rumah sakit itu hanya diperiksa oleh departemen kesehatan, dan beberapa oleh bpom. jarang yang ada label halalnya dari mui, karena itu bukan obat yang dijual bebas dipasaran.

      ya mbak, aku juga sudah kepikiran mau review halal & vegan skincare. doain aja aku dapat banyak rezeki ya mbak biar bisa ikutan PO barang" dari luar negeri, hehehe :v

      ga perlu minta maaf mbak, aku senang sekali dengan komentar mbak cut, sukses selalu juga ya mbaa :D

      Delete
  2. temenku katanya pernah pake vit ini, tapi ga dia minum malah dipake langsung di wajahnya. Dan jadi bagus katanya. Tapi belum pernah coba sih hehehe

    Nice share ^^

    Sweetlikeapeach.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai ririe, terima kasih sudah mampir, aku ikut senang buat temennya :D

      Delete
  3. Employing sun lotion that prevent UVB is among the first elements.
    There are close to veto disapproving part property from deficient fill taking vitamin D supplements, even next to seemingly lofty
    doses such as 4000 - 8000 IU for each daylight hours (more than ten epoch the current U.

    Eventually I clawed my way back to something like semi-human.


    my web blog :: อาหารเสริมเด็ก

    ReplyDelete
  4. hai mbak ika, aku pemakai natur E. vit E ini bagus utk menteraturkan haidku yg tadinya nggak teratur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga mbak, aku kemaren juga dapat komentar kalo vit e juga bisa jadi painkiller saat haid, dan ternyata vit e juga bisa buat bikin haid jadi lancar waaah terima kasih infonya bisa aku coba nih mbak :D

      Delete
  5. Bs mencerahkan. Ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai anonim, kalo buat mencerahkan sepertinya engga :D

      Delete
  6. Saat menstruasi boleh gag d'konsumsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, maaf aku ga bisa bantu jawab. lebih baik coba konsultasikan ke dokter atau ahli gizi :D

      Delete
  7. Emg bisa dioles di wajah ya Mbak? Biasanya penggunaan di wajah Untuk mengatasi apa ya? Kalo boleh review vitamin A sekalian dong mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kalo mau, biasanya kalo dioles diwajah langsung paling baik untuk melembabkan. mengatasi kulit kering dan gatal atau menyembuhkan dan menyamarkan bekas luka. ok nanti kalo ada waktu ya aku review vitamin A

      Delete
  8. "Jadi jangan membuat sesuatu yang bagus terlihat buruk, sesuatu yang baik pastilah baik untuk kita jika kita tahu cara penggunaannya yang baik dan benar."
    Saya suka kalimat ini (y)
    Saya juga -hampir- rutin mengkonsumsi vit E dari berbagai merk, alhamduliLLaah tidak ada keluhan apa-apa..

    ReplyDelete
  9. "Jadi jangan membuat sesuatu yang bagus terlihat buruk, sesuatu yang baik pastilah baik untuk kita jika kita tahu cara penggunaannya yang baik dan benar."
    Saya suka kalimat ini (y)
    Saya juga -hampir- rutin mengkonsumsi vit E dari berbagai merk, alhamduliLLaah tidak ada keluhan apa-apa..

    ReplyDelete
  10. Mba suplemen ini untuk umur 17 aman ngga ya?

    ReplyDelete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...