Sunday, 4 May 2014

Hal-hal yang jarang terpikirkan untuk kulitmu

hi apa kabar, semoga kamu selalu tetap sehat dan bersemangat, menjalani hari hari dengan percaya diri. apa yang ingin aku tulis hari ini adalah tentang beberapa hal sederhana yang jarang terpikirkan olehmu dan aku sendiri. yang mana secara ga sengaja ada yang perlahan merusak kulit mudamu dan kesehatanmu.

1. pemakaian eyeliner dan eyeshadow yang extrim

aku bukan bermaksud mau bilang kalo pakai eyeliner dan eyeshadow ga boleh. cuma gini loh yang sering aku liat beberapa teman temanku mengaplikasikan eyeliner dan eyeshadow dengan cara menarik narik dan meregangkan kulit matanya untuk mendapatkan hasil yang bagus, tapi menurutku itu ga bagus loh...!! 

lama kelamaan kulit matanya akan cepat kendur dan memperbanyak munculnya garis halus serta kerutan. karena kulit mata itu lebih tipis dari pada kulit lainnya. jadi aku sarankan supaya lebih berhati hati ketika mengaplikasikan eyeliner dan eyeshadow ke kulit matanya. kalau susah bisa menggunakan alat bantu.


fivemore.com.au

2. bukan cuma perut yang butuh makan, kulitmu juga~!!

inget iklan viva skinfood cream, salah satu pemeran wanitanya bilang "bukan cuma perut yang butuh makan, kulitmu juga~!!. iya bener kulit juga butuh makan. kulitnya bukan dikasi nasi ya. tapi dikasi makannya dengan mengaplikasikan body lotion, body oil, atau pelembab yang lain, setiap hari. biar kulit tetep sehat dan gemuk~!! #loh?? kan kasian kalo ga dikasi makan nanti kulitnya jadi kering, kerontang, kelaparan, dan kurus #loh lagi??




3. pakai suncream, sunblock, and sun sun sun..

juga penting mengaplikasikan suncream, sunblock atau apalah namanya ketika kamu akan melakukan aktivitas diluar ruangan, untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar ultra violet. karena jika kulit terlalu sering terpapar sinar ultra violet akan menyebabkan kerusakan di lapisan kulit yang bisa berujung dengan kanker kulit, kerusakan DNA, dan penuaan dini.

seperti foto kakek dibawah ini, wajah bagian kanan beliau menderita major effect akibat terkena sinar ultra violet setiap hari selama 28 tahun, kulitnya wajah bagian kanannya terlihat lebih tua dari pada kulit wajah bagian kirinya.


tapi saran aku untuk pemakaian sunblock, suncream sebaiknya jangan terlalu sering. karena ga bagus juga buat kulit. nah ada alternatif lain loh kalo kamu butuh perlindungan setiap hari dari sinar ultraviolet coba aja pakai shea butter.



Shocking Proof That the Sun Makes You Age Prematurely
gizmodo.com

4. kata mama jangan lupa minum air


air adalah sumber kehidupan, yang membasahi dan melegakan. tubuhmu butuh air. setidaknya disarankan minum air 1,5 liter sampai 2 liter perhari. untuk menjaga tubuhmu tetap sehat, serta kulitmu tetep kenyal dan fleksibel.




5. kebiasaan mengernyitkan dahi dan jidat


jangan lakukan kebiasaan ini. secantik apapun kamu jika melakukan kebiasaan ini akan memperburuk kondisi kulit dan penampilan mu. aku sedikit agak terganggu ketika berbicara dengan orang yang memiliki kebiasaann seperti ini. kalo aku sering perhatikan kebiasaan ini mengidentifikasikan kalau seseorang itu dalam kondisi yang sangat emosional dan depresi. so... buang stress mu dan tetaplah berpikiran positif.




6. pakai eyecream~!!


karena tipisnya kulit dibagian mata, aku pikir sangat perlu untuk selalu menjaga kelembaban, dan nutrisi kulit mata. banyak yang tanya sebaiknya dari umur berapa ya pakai eyecream?? jawabannya "sedini mungkin" dan "tergantung kondisi dan kebutuhan kulitmu". kalian tau aku sudah pakai eyecream sejak umur 19 tahun. mencegah lebih baik dari pada mengobati kan?? ya kan??




7. jauhi asap rokok 


sebisa mungkin jauhi asap rokok, dan yang lebih penting jangan merokok. rokok dan asapnya mengakibatkan wajah berkerut, penuaan dini, kanker kulit, warna kulit berubah, tumbuh komedo dan jerawat, dan kulit jadi menipis. cegah dengan menggunakan masker atau jangan dekat dekat dengan perokok.


curhat dikit; papa ku seorang perokok dan aku sangat sedih karena ini. aku takut kalau papa tiba tiba sakit, tapi papa ku seorang yang sangat keras kepala walaupun sudah berulang kali aku peringatkan tentang bahaya rokok. papa masih tetap aja merokok, alasannya sekali sekali aja kok. tapi setiap aku bersihkan mejanya, aku bisa menemukan 5 sampai 10 putung rokok. harus gimanaaaa aaaaaaaaaaaaaaa... tidaaaaaaaaaaakkk.....!!!! jadi setiap kali papa merokok aku idupin kipas angin ke arah papa sampai papa selesai merokoknya. trus kalau papa nyuruh aku ke warung buat beli rokok...!! aku ngomong "pa, aku ga mau beli in racun buat papa..."


....




8. jangan tiduri wajahmu


sebaiknya tidur telentang dengan wajah menghadap keatas melawan gravitasi. walaupun agak sulit tapi ga ada salahnya dibiasakan. dari pada tidur telengkup atau miring dengan menghimpit wajah, yang mengasilkan lipatan lipatan yang semakin lama akan semakin jelas sebagai salah satu fineline atau mungkin kerutan. terlalu lama terhimpit juga membuat peredaran darah diwajah menjadi tidak baik.



ok, semoga bermanfaat


Amna^^

11 comments:

  1. yah....rokok racun banget aku juga sempet kok jadi perookok kulitku juga dulu agak rusak sekarang udah berenti

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai suci, wah pilihan yang bijak banget untuk berhenti :)

      Delete
  2. say contoh merk shea butter nya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. merk nya ada natures shea buttter, NDA, Mountain Rose herb, ada juga shea butter yang ga bermerk :)

      Delete
    2. o iya, aku udah bikin review tentang shea butter nya mbak :D

      http://amna-ika.blogspot.com/2014/01/shea-butter-untuk-perawatan-kulit.html

      Delete
  3. iyya udah aku baca mbak.. sepertinya susah di dpat ya.. :/ ak gak familiar dgn merk yg mbak sebutin... -_-

    yg baik itu kadang gampang-gampang susah... tp alhamdullilah sih, ak gak trllu bnyak tergantung ma product skincare... ak pakai seperlu/secukupnya aja... gak sampai berlayer-layer... yang lain nya, tgll ngatur asupan makanan.. dan rajin ngejuice.. :)
    masih makan junkfood sih, tapi gak berlebihan.. paling sebulan sekali... dan gula jg sehari 1sdt aja.. :D
    semangat.. :*

    ReplyDelete
  4. Beli beeswax sm Cocoa butter dmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai rajata raja, untuk informasinya silahkan email aku di surat.amna@yahoo.com

      Delete
  5. kak untuk eye cream kaka pakai eye cream apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk eyecream aku pake eyecream buatan sendiri dari cocoa butter dan essential oil :D

      Delete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...