Ika Amna. Powered by Blogger.

Review Rosehip Seed Oil

by - 4/03/2014 05:07:00 pm


hi, masih dengan obsesi aku cantik dengan bahan bahan alami dan organik. aku mau review Rosehip Seed Oil (RHSO) dari mountainroseherb.com

aku punya yang share 10 ml buat dicoba :D



aku beli oil ini khusus untuk mama ku yang super cantik dengan kondisi kulit beliau yang kering dan mature dengan beberapa flek flek, dan noda hitam akibat sinar matahari.  Dan aku sendiri juga ikutan pake.

Dari deskripsinya oil ini di proses dengan Cold Pressed maksudnya bijinya diperas sampai keluar minyak tanpa dimasak.

Rosa canina
Rosa canina

Setelah berbunga, Rosa canina akan menghasilkan buah yang diberi nama rosehip

Rosehip

nah, rosehip inilah yang akan diolah menjadi oil.

dari situs mountainroseherb.com dan sebuah forum dijelaskan. ini adalah oil yang unik dengan kandungan essential fatty acid (Asam Lemak essential) yang sangat tinggi, dan semua yang mengandung fatty acids memiliki fungsi untuk balance moisturizing, anti inflamasi, pertahanan kulit (anti oksidan).

tingginya kadar essential fatty acids (EFA) –
yang dimaksud "essential" adalah dibutuhkan tubuh manusia tapi tubuh kita tidak bisa cukup memproduksi sendiri.  jadi emang harus disupply dari luar (bisa dari diet maupun topical).

EFA yg menyolok kadarnya di RSHO adalah linolenic acid (omega-3) sekitar 30-40% sementara di oil lain seperti Argan dan Tamanu jumlahnya kurang dari 5%. Si omega-3 inilah yg dikenal ampuh untuk menyebuhkan luka dan bekas luka.

mengandung trans-retinoic acid atau yg dikenal sbg derivat vit.A (tretinoin, retinol).

Soal derivat vit.A pasti udah banyak yg tau deh manfaat utamanya: anti-aging! (yippiiee...)
tapi.. pernah baca, sedikit berbeda lho ama tretinoin yg kita kenal bisa juga utk ngobatin jerawat, karena yg ada di RSHO ini tidak ada efek samping tersebut.

mengandung vit.C : antioksidan, mendorong produksi kolagen, dan mencerahkan kulit.

 vit.E ~ tapi ada studi yg membantahnya.

RSHO termasuk salah satu jenis oil yg sudah cukup banyak riset pendukungnya. source

Ciri-ciri RHSO:

- Tidak lengket dan mudah menyerap.

- Mengandung berbagai asam lemak/fatty acids sebagai anti inflamasi dan zat astringent membuat RO sangat efektif untuk masalah kulit seperti luka bakar, bisul, jerawat, varicose veins, dan lainnya.

- Memperbaiki kerusakan kulit karena RHSO mengandung 80% fatty acids yang membantu mendorong produksi kolagen sehingga kulit menjadi kenyal.

- Mengandung  vitamin C (Trans-Retinoic Acid) alami untuk mencerahkan kulit. Vitamin C akan di convert menjadi retinol yang banyak dipakai sebagai bahan anti aging oleh industri kecantikan dalam menangkal anti aging/penuaan dini, memudarkan flek-flek, noda hitam, scars/bekas jerawat, stretch marks, dsbnya.

- Mengandung vitamin A alami (Trans-Retinoic Acid) dan akan di convert menjadi retinol oleh kulit dan beta karoten untuk menghaluskan kerutan-kerutan di wajah karena terkena sinar matahari.

- Mengandung vitamin E yang membantu menjaga kulit agar tetap sehat berseri/glowing.
  
Analisis Khas dari Rosehip Seed Oil
...
Color- Amber with Orange hue
Odor- Heavy/Characteristic
Free Fatty Acids- 0.29%
Peroxide Value- less than 0.05
Non-Saponifiables- less than 2.0
Saponification Value- 177
Iodine Value- 180
Specific Gravity- 0.94
pH- 4.00
Lycopene- 400-800 ppm
Tocopherols- 700-1100 ppm

Fatty Acids
Oleic- 13.9%
Palmitic- 3.5%
Linoleic- 44.1%
Linolenic- 33.9%

aku ingat waktu kecil aku punya jenis mawar ini dihalaman, tapi belum mateng buahnya udah aku cabut. habisnya penasaran kok bisa mawar ada buahnya. hoaahahahaha maklum masih kecil…

untuk pemakaian dianjurkan pada malam hari, karena RHSO termasuk oil yang memiliki sifat menyerap sinar matahari. Jadi kalau dipakai disiang hari akan mengakibatkan kulit menjadi gelap.

 Aku udah pernah coba dan sweaarrr!! Jangan dicoba…

Dan juga dianjurkan pemakaiannya dikonsentrasikan pada area bawah mata, area dekat hidung, dan bibir, kemudian leher. Karena bagian bagian kulit tersebut yang akan cepat mengkerut dimakan usia. Kemudian ditepuk pelan, puk puk puk..!! biar cepat meresap. Kalo aku kadang disteam sama air hangat rebusan teh hijau. Jadi sambil ngeteh sekalian steam wajah juga.

Untuk penyimpanan masukin ke kulkas aja karena gelap dan sejuk tempat yang paling pas buat RHSO. Oil ini tahan sampai 6 bulan, trus katanya kalo mau tahan lebih dari 6 bulan bias ditambahkan vit.E

Sewaktu jadi anak kos an RHSO nya aku biarin aja disuhu ruang yang fanas selama berminggu minggu karena ga punya kulkas. Akhirnya jadi cepat tengik dan tidak ias digunakan lagi. Ooo tapi bagiku tetep dipake sayang boo.. harganya mahal… jadi aku dipake in buat cream kaki. LOL

RHSO termasuk carrier oil yang bisa langsung digunakan, tanpa dilute atau diencerkan dengan ditambah bahan lain seperti essential oil.

Dan yang aku bingung, banyak yang saranin untuk RHSO tidak digunakan pada kulit yang berjerawat dan berminyak juga situsnya mountainroseherb.com juga menyarankan demikian.  karena katanya akan bikin breakout dll padahal kan fatty acid yang terkandung didalam RHSO baik untuk menyembuhkan jerawat.

Dan emang bikin breakout sih, waktu itu aku pakenya single use kemudian beberapa jerawat muncul dan bikin aku stress, kemudian bertanya tanya kapankan penderitaan ini berakhir ??? (“ok lupakan, setiap breakout aku selalu bertanya demikian, dan demikian juga jawabnya”)

Sempat stop pake RHSO selama berbulan bulan. Sampe kemudian aku coba lagi pemakaian RHSO dengan mencampurnya dengan oil yang lain yang mengandung high linoleic fatty acid. dan sejauh ini ga ada tambahan jerawat yang nongol dikulitku. Malah ludes semua…  cuma sisa beberapa bekas bekasnya aja. (senengnyaaa..)

Btw oil yang aku campur dengan RHSO

-Grapeseed Oil
-Wheat Germ Oil

Dan kalo masi takut buat nyoba dan tapi tetep ingin nyoba, bisa dilute dulu pemakaiannya kayak aku, udah yakin baru single use. 

aku punya foto lama sebelum dan sesudah pake RHSO ke luka jerawat



sebelum "luka baru"

dan setelah dipake RHSO semalaman, paginya langsung begini

sesudah

lukanya langsung kering, dan besoknya lagi udah hilang

Hohoho semoga tambah bingung~ "becanda" :p

Amna

You May Also Like

3 komentar

  1. The ordinary rose seed oil itu kita harus beli lgsg ke Australia, atau Adi Indonesia jg ada, to dmna nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak di indo online shop yang jualnya, cuma hati hati aja pilih onlshop nya. aku sendiri belum pernah beli yang the ordinary :D

      Delete
  2. Hi mba, dilute prosentase rosehip , grapessed sm wheat germ brp yah?

    ReplyDelete

Sharing is caring <3