Thursday, 10 April 2014

#3 [DIY] Mandi Rempah Rempah


Waktu dipalembang aku jalan sama tante dan ga sengaja lewat depan toko oleh oleh haji. Nah disana banyak barang barang unik yang jarang ada ditoko lain. Salah satunya satu bungkus gede yang isinya rempah rempah kering awalnya aku kira buat masak ternyata buat mandi.

Wah boleh nih…  hoho~

Langsung beli deh dan cusss~ harganya perbungkus Rp 20.000
Sesampai dirumah langsung  deh aku coba. Didalam satu bungkusnya ada banyak jenis rempah yang aku dapat. diantaranya ada daun pandan, kayu manis, jahe, akar wangi, jeruk purut, cengkeh, kunyit, kayu putih, temulawak, melati, mawar, daun sirih, adas

dan ternyataaaa..!!, mandi rempah ini pada zaman dahulu adalah salah satu ritual dari putri putri keraton dari kerajaan kuno untuk menjaga kecantikan dan kesegaran kulit mereka. selain itu mandi rempah juga bisa buat meningkatkan kesehatan jadi segar bugar dan bersemangat yay~!


cara menggunakanya:

ambil secukupnya dari rempah rempah kering. kalo aku ambil sejumput dari masing jenis rempah


kemudian, rebus dalam 2 liter air


sesudah direbus, maka airnya akan jadi merah gini trus tinggal campur deh dengan air dingin diwadah lain buat mandi~



lebih bagus kalo pakainya dibuat berendam, waaa rasanya bakalan rilex bangettt~ coba deh ga bakalan nyesel

manfaat dari jenis rempah rempah ~

 jeruk purut :  berkhasiat sebagai stimulan, berbau khas aromatik untuk menyegarkan kulit yang lelah

  Kunyit : menangani dan memperlambat kerusakan kulit, memperbaikin kondisi kulit akibat jerawat, mencerahkan kulit

   Cengkih : Salah satunya manfaatnya untuk menghilangkan jerawat karena di dalam cengkeh terdapat antiseptik dan anti bakteri

   Kayu putih : menghangatkan tubuh sekaligus memberikan efek menenangkan atau relaksasi.
    Jahe :  Menghangatkan dan mengusir bau badan serta memperlancar aliran darah.     

Temulawak : membantu mengencangkan kulit, mengatasi noda hitam dan bekas luka, serta mencegaah kanker kulit

daun pandan: pewangi, aromanya bikin rileks dan segar

mawar: dengan kandungan zat antiseptik berkhasiat membunuh berbagai kuman,
          akar wangi dan bunga melati: dengan aroma eksotis yang khas mampu memberikan efek relax bagi tubuh dan pikiran yang capek akan aktivitas seharian



daun sirih: anti bakteri, menghilangkan bau badan dan gatal gatal




adas: kaya akan antioksidant untuk menangkal radikas bebas yang merusak kulit



dari semua manfaat rempah rempah yang luarbiasa, aku bisa bayangin seperti apa cantiknya putri putri keraton jaman dahulu yang tiap hari mandi rempah. mungkin kalo salaman aja bisa kepeleset tangan yang mau salaman. 




dan setiap sudah mandi rempah rempah ini aku merasa jadi putri keraton. kulit jadi halus banget, terasa segar dan sehat. woahahahahhaha~ (tiba tiba ada bunyi gamelan) loh?





pakainya aku saranin 3 sampai 4 kali mandi dalam seminggu, mandi dengan rempah ini bantu banget buat hilangin bau badan yang jadi momok aku setiap hari. malah kemaren waktu aku pergi sama mama ke pasar panas panasan berkeringat, aku sama sekali ga pake deodorant tapi bau badanku tetep normal ga acem sama sekali~ horaayyyy...





tradisi ini ga ada salahnya dilestarikan sebagai salah satu budaya indonesia, karena banyak manfaatnya toh. sekalian memperkenalkan rempah asli indonesia yang kaya manfaat <3





xoxo

Amna

2 comments:

  1. Sebenarnya sabun mandi jaman sekarang kan juga diperkaya dengan esens dari rempah-rempah (tumbuh-tumbuhan) juga kan? Mungkin karena mandi dengan rempah langsung itu terlihat "kotor" jadinya berangsur-angsur ditinggalkan, hehehe. Padahal bahan alami dari alam adalah yang terbaik bagi manusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mawi. yaa, bener sekali yang alami dari alam adalah yang terbaik bagi manusia. kalo sabun mandi sekarang ada kok yang diperkaya dengan esen rempah dan harganya lumayan terjangkau. ga terlihat kotor kok rempahnya bisa disaring terlebih dahulu. tapi emang jadi ribet mandinya hahaha

      Delete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...