Tuesday, 15 April 2014

#5 [DIY] Simple Homemade Mascara


Kemaren senin aku diajakin sama mama buat pergi kekondangan. kalo pergi kekondangan ya musti dandan dikit, minimal pake bedak, maskara, lipstik sama eyeliner aja cukup. tapi kebetulan aku ga punya maskara jadi rasanya ada yang kurang. dan tiba tiba TINGGGG~!! TONGGG~!! muncullah ide buat bikin maskara sendiri...

maskara ini aku buat dari 100% bahan bahan alami dan organik


caranya sangat sangaaaaat simple~!

 dimulai dari bahan bahan yang aku pake, diantaranya;


Castor oil; aman untuk semua jenis kulit. dan sangat baik untuk menumbuhkan serta memanjangkan bulu mata. juga bisa buat mengatasi rambut rontok dan patah.


Shea butter sudah aku tulis reviewnya disini


Karbon Arang; sebagai pewarna untuk maskara yang akan aku bikin. beberapa orang ada yang bilang kalo karbon arang bisa saja akan mengakibatkan iritasi pada mata; jadi kalau mau, bisa diganti karbon arangnya dengan bubuk coklat.

trus, disini kenapa aku pake castor oil dan sheabutter. karena kedua bahan ini sangat aman dan ramah dikulit,  termasuk dikulit mata yang paling sensitif. ketika kedua bahan ini dicampur dengan karbon arang kejadian iritasi atau sebagainya akan bisa diminimalisir seminimal minimalnya, dan seharusnya ga ada iritas sama sekali. IMO

Cara bikinnya;

pertama, campurkan semua bahan dalam wadah yang sudah disiapkan. kalo takaran yang aku bikin sedikit dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Castor oil; lima tetes
Shea butter; secukupnya
Karbon arang; sedikit aja. pokoknya sampe adonannya berwarna hitam itu sudah cukup




kedua, aduk bahan bahan yang dicampurkan sampai homogen dan berbentuk pasta



karena maskaranya dari bahan bahan alami dan organik pastinya tanpa pengawet, jadi tahannya aku perkirakan cuma tiga bulanan. atau kalau baunya sudah berubah dan ada gumpalan sebaiknya ga dipake lagi. 

trus kalo kamu punya wadah maskara bekas, wadahnya bisa dibersihin kemudian pasta maskara yang sudah dibuat masukin deh ke wadah maskara mu. jadi siap pake~

 sekarang mari aku cobaaaa~!!!

dasarnya bulu mata aku sudah cukup panjang, karena sering aku olesin castor oil <3

Sebelum pake homemade maskara

sebenernya sih kalo pake sikat maskara, aku yakin hasilnya akan lebih baik. tapi karena aku ga punya sikat maskaranya. ya udah aku pake sisir alis aja~! 

sisir alis

yaay~!! hasilnya lumayan. 
bulu mataku jadi lebih tebal, lentik, dan rapi. btw bisa juga loh diaplikasikan dialis

Sesudah pake homemade maskara

dari samping

sekarang, test ketahanan air;

pasta maskaranya aku olesin ketangan gini..

oles oles

trus, ini aku siram sama air sekitar dua menit

siram dengan air

hasilnya; tadaaaaa~!!

lumayan tahan air <3

maskaranya juga sangat mudah dibersihkan. tinggal dilap dengan tissue atau kapas basah aja udah bersih banget.

bersih

pengalaman aku pake maskara ini;

daya tahannya cukup bagus loh, aku pake dari jam tujuh pagi sampe siangan jam satu indoor outdoor suhu normal. masi nempel, dan ga meleber bikin mata racoon atau mata panda. trus ngirit dana buat beli maskara. hohoho~

tapi, maskara ini mengeringnya cukup lama, jadi ketika dipake usahakan ga kucek kucek matanya kalo ga maskaranya bakalan meleber kemana mana.

maskaranya bisa disimpan dikamar dengan suhu ruang.

dan, sekian semoga bermanfaat. bisa dicoba sendiri dirumah.

Amna




20 comments:

  1. mau tanya, kalau beli castor oil sama shea butter dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai grace, castor oilnya aku ga beli tp dikasi oleh temen. coba cek dikaskus sepertinya ada yang jual :)

      kalo sheabutternya aku beli di organic natural shop

      Delete
  2. wahh ternyata mascara bisa dibikin sendiri juga yaa,,kereeennn banget...nice review!

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you putri. iyaa, bisa kita bikin sendiri yu dicoba :)

      Delete
  3. nice tips Amna! kamu kreatif banget :)
    anyway beli castor oil dimana yah? :D

    Lova // clovers and carousel blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe terima kasih. castor oilnya aku dikasih sama temen. coba cek dikaskus sepertinya ada yang jual deh :)

      Delete
  4. aku kok malah fokus ke mata kamu sih, bagus soalnya. kamu blasteran ya? :)

    esybabsy.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai esy, wah masa terima kasih. jangan difokusin lama lama loh nanti terhipnotis #becanda :p
      btw aku orang indonesia asli ga blasteran ;)

      Delete
  5. Karbon arang? Waduh beli dimana ya heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai turiscantik, kalo karbon arang coba googling aja Indonesian Superfood ;)

      Delete
  6. hahaha ampunn deh kreatif banget, bisa diaplikasiin tebel"ngga tuh?? ngeggumpel gitu ga?

    XOXO
    leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai lee, bisa kok tebel tebel tapi semakin tebel semakin lama keringnya. karena yang aku bikin dalam bentuk pasta jadi dia sedikit agak ngegumpel kalo dipake.

      tapi ga masalah. aku bikin dalam bentuk pasta berharap bisa lebih cepat kering. kalo mau ga ngegumpel bisa bikin sedikit agak lebih cair adonannya. komposisi castor oilnya dibanyakin :D

      Delete
  7. waahh pengen , tapi bahan2nya dimana ya carinyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi nessya. aku dapetin bahan bahannya ada yang dari temen dan online shop. boleh lihat komen" diatas ya ;)

      Delete
  8. Wahhh... Castor oilnya itu tuh yang pe er nyarinya... hiks..

    Mampir ke blog ku yah. Ada postingan tutorial baru menggunakan warna paling hits tahun ini.
    Ditungguuuu....

    -MissPlum-
    http://plumblush.blogspot.com/2014/04/look-out-of-blue.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. di gms ada kayaknya (green mommy shop) :D

      Delete
  9. keren! mau coba bikin, eh baru keinget kalo ga suka pake maskara hehehehe

    ReplyDelete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...