Monday, 10 March 2014

#1 [DIY] Oil Cleansing Method untuk membersihkan kulit

alohaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa semua~

apa kabar~

masih dengan obsesi aku dengan perawatan kulit yang serba alami

beberapa minggu yang lalu aku rutin menggunakan oil cleansing method (OCM) ini untuk membersihkan kulit dari make up, debu debu, dan kotoran yang menempel dikulit setelah seharian beraktivitas. cara ini termasuk hemat banget, serta alami minim resiko terkontaminasi bahan kimia berbahaya.

sesuai dengan namanya  oil cleansing method (OCM) yang dipergunakan dimetode ini adalah oil, basic oil yang direkomendasikan adalah castor oil/minyak jarak. castor oil memiliki sifat "deep cleansing" membersihkan sampai kebagian dalam pori pori kulit. castor oil juga memiliki kandungan anti oksidant  untuk mengeluarkan racun racun yang berbahaya, trus castor oil juga bersifat anti fungal atau anti jamur, dan juga memiliki asam lemak alami untuk melembutkan dan menutrisi kulit dan rambut. tapi yang jual oil ini agak susah ditemukan karena ga dijual disemua tempat.

kemudian tinggal mencampur castor oil ini, dengan oil yang lain sebagai pengencer. karena tekstur castor oil sangat kental dan lengket. dan pada dasarnya semua oil bisa sih digunakan untuk OCM, seperti olive oil, rice bran oil, sun flower oil, canola oil, dan banyaaaaak lagi. tinggal pilih mana cocok dikulit mu.

tipe kulitku normal berminyak dengan beberapa jerawat. dan campuran oil yang aku gunakan untuk percobaan pertama sampai sekarang ini




Castor oil + Olive oil (1:2)

kadang aku tambahkan Tamanu oil, aloe vera, jojoba oil, rosehip seed oil, beberapa tetes dalam rangka trial and error untuk menemukan campuran yang cocok. trial and error sendiri lebih asik hehe :p

step pertama:

campuran oil yang sudah disiapkan oles kekulit kemudian dipijat pijat lembut jangan kasar kasar, konsentrasikan dibagian yang ingin dibersihkan. pastingan tangan mu dalam keadaan bersih sebelum menyentuh kulit ya.

step kedua:

sediakan handuk hangat yang suhunya bisa ditolerir kulit mu, diamkan dikulit beberapa saat, pakai disatu sisi handuk ya. kemudian sisi handuk yang lain gunakan untuk membersihkan sisa sisa minyak yang ada dikulit dilap pelan pelan.

selesai~

progress selama dua minggu membersihkan kulit dengan OCM ini kulitku berasa sangat bersih, lembut, halus dan lebih cerah. dan beberapa jerawat juga menghilang.

tapi ada banyak prokontra dengan metode ini. dibeberapa forum dan blog yang aku baca, dibeberapa orang OCM ini malah bikin nambah banyak jerawat, bintik bintik, pori pori membesar dikulit mereka. kenapa?

kalo menurut pendapat aku, ini kembali ke kondisi masing masing tentang bagaimana memperlakukan diri sendiri. 

kualitas oil yang digunakan juga sangat penting. perhatikan grade oil yang digunakan yang baru aku tau ada yang namanya cosmetic grade dan food grade. terus cosmetic grade ini lebih baguss dari pada food grade tapi harganya lebih mahal. -__-

selain itu campuran oil yang di gunakan untuk OCM juga berpengaruh "reminder" bukan hanya karena semua yang berbasis natural sehingga semua disangka baik untuk kulit, jangaaaaaaaaaan karena ada juga yang ga baik dan ga cocok yang bikin alergi dan iritasi untuk tipe kulit tertentu. misal: Grapeseed oil yang tidak direkomendasikan untuk kulit berminyak.

dan juga yang paling penting. ini keliatannya sepele tapi sangat berpengaruh banyak yaitu: 

kebersihan

 perlindungan dari sinar ultraviolet


pola makan dan minum


dan pengendalian emosi dari stress (-)


dll.(ada banyak faktor)

 jadi jangan langsung kambing hitamkan si OCM ini yang buat ulah. T^T

o iya, untuk penggunaan OCM ini tergantung kebutuhan masing masing, kalo aku dalam seminggu bisa 4 sampai 5 kali.

terus kalo aku biasanya sesudah OCM  lanjut maskeran. terserah masker apa. kadang maskeran clay, susu, buah buahan, madu, apa yang ada :)

Ok, selamat mencoba dan selamat berempong rempong ria. jangan lupa research lagi oil oil yang sekiranya cocok untuk kulitmu okiee~

Update Cleansing Oil Method untuk membersihkan kulit II

xoxo

Amna

No comments:

Post a Comment

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...