Monday, 17 March 2014

MyDreamyVacation Menjelajahi Hutan Amazon

Dulu ketika aku masih duduk dibangku sd apa smp ya, aku pernah nonton film tentang petualangan seorang penjelajah dihutan amazon, penjalajah ini adalah seorang ilmuan yang sedang mencari tumbuhan langka yang bisa membuat seseorang hidup sampai beratus ratus tahun. 

diperjalanannya menjelajahi hutan amazon dia banyak menemukan hewan hewan langka yang belum pernah dilihat sebelumnya dan mereka ganas ganass. trus juga tumbuhan hidup yang makan manusiaaa whoaaaaaa serem...!!

itu semua masih teringat dikepalaku, sampe ke adegan adegannya. tapi jika ditanya apa judul filmnya? aku lupa hahaha >.<

dan saat ini aku sangat terobesesi dengan berbagai macam tumbuhan dan hewan hidup. aku ingin sekali bertemu dengan mereka secara langsung kemudian mempelajarinya. dan hutan amazon adalah salah satu tempat impianku untuk melakukan penjelajahan demi bertemu mereka.

Kanopi hutan hujan amazon
Hutan Amazon
Hutan  Amazon terletak di Amerika Selatan. Dinamai dari Sungai Amazon, yang merupakan sungai terbesar di dunia. Hutan Amazon merupakan bagian dari 8 negara: Brasil, Bolivia, Peru, Ekuador, Kolombia, Venezuela, Guyana, dan Suriname, serta Guyana Prancis, yang merupakan bagian dari Prancis.

Sungai di Brazi

Amazon adalah hutan tropis terbesar di dunia. dan lebih dari setengah hutan  Amazon terletak di Brasil.

kemudian...

Hutan Amazon ini diyakini memiliki lebih banyak spesies dibandingkan ekosistem lain di dunia. Sebanyak sepertiga spesies darat di planet ini tinggal di kawasan Amazon

dan...

di hutan Amazon ada Lebih dari 1.200 spesies baru tanaman dan vertebrata telah ditemukan, dalam biome Amazon selama dekade terakhir. 

- satu spesies baru setiap tiga hari -  Bayangkaaaan...!!!

menurut laporan terbaru WWF , Amazon Alive! yang merangkum penemuan antara 1999 dan 2009. Spesies baru termasuk 637 tumbuhan, 257 ikan, 216 amfibi, 55 reptil, 16 burung dan 39 mamalia, yang menyatakan bahwa Amazon adalah salah satu tempat paling beragam di dunia. 

berikut sedikit beberapa diantara mereka

Picture: WWF
Ini adalah Rio Acari monyet kecil ditemukan pada tahun 2000.


Picture: WWF
Ranitomeya Amazonica - kodok garis merah yang luar biasa seperti api di atas kepalanya, dan kontras air-kaki bermotif. habitat utama katak adalah di dekat daerah Iquitos di wilayah Loreto, Peru, dan hutan dataran rendah primer lembab. katak ini juga telah ditemui di Alpahuayo Mishana Nasional Reserve di Peru.


Picture: WWF
Aurantiocephala Pyrilia - anggota dari keluarga burung beo, memiliki kepala botak yang luar biasa, dan menampilkan spektrum warna yang menakjubkan. Hanya dikenal dari beberapa daerah di Madeira Lower dan Upper Tapajos sungai di Brazil, spesies telah terdaftar sebagai 'hampir terancam', karena jumlahnya cukup kecil, dikarenakan kehilangan habitat aslinya.


Picture: WWF
kali ini adalah Tarantula A 'harimau-bergaris' atau nogueiranetoi Cyriocosmus, ditemukan di Rio Branco, ibukota negara bagian Acre, Brasil. Spesies ini cokelat kemerahan, resmi digambarkan pada tahun 2005, memiliki pola yang tidak biasa dari lima 'garis harimau-' jelas di punggungnya. cantik yaaaaa :D

Salah satu tumbuhan unik dihutan Amazon

sumber
Pohon yang ada di gambar diatas namanya pohon Dinamit Hura Brasiliensis yang berasal dari hutan tropis Amazon. Kadang pohon ini dijuluki dengan nama lain, Pohon Neraka atau Pohon Kotak Pasir. Batang pohon ini ditutupi oleh duri-duri yang tajam dan getahnya pun sangat beracun. Dan para penduduk setempat memanfaatkan getah itu untuk meracuni mata panah mereka. Buah dari pohon inilah yang bisa meledak. Buah ini akan meledak ketika sudah matang. Ledakan dari pohon ini pun bisa melukai manusia dan hewan yang tidak sengaja lewat di dekat pohon ini.

jadi, sebenernya hutan Amazon sangat berbahaya untuk dijelajahi oleh orang awam dengan pengetahuan yang minim. jadi sangat diharuskan membawa guide untuk keliling keliling.  

safety first akan sangat berguna ketika menjelajah, saat menjelajah aku akan menggunakan:


 safety shoes, untuk menghindari terpijak duri, ranting, dan sengatan serangga/hewan beracun ditanah, kemudian untuk memudahkan melewati jalan terjal dan berlumpur.

celana jeans, baju lengan panjang, topi, tentu saja untuk melindungi tubuh
kemudian ga lupa bawa ransum, dan obat obatan untuk infeksi, gigitan serangga, alergi. dan bla bla bla...
perlengkapan seperti pisau, tali, senter, korek api, tenda, garam, kaca, kompas, dan bla bla  bla...

semua akan sangat berguna


kalau bisa aku mau ajak kucing kesayanganku "thomas" . tentu aja "thomas" bakalan aku kasi sepatu dan dan perlengkapan lainnya. whahahahaha :D


aku antusias sekali ya.. padahal mau keliling keliling udah sok sok-an gitu, 
maklumi namanya juga mau menjelajah daerah baru selalu bikin aku deg deg an.

kemudian kalau aku tersesat trus kehabisan ransum dan perbekalan lain. hewan dan tumbuhan dihutan bisa menjadi indikator untuk makanan dan air serta obat obatan yang bisa digunakan. 

dulu kata pembina pramuka ku, apa yang dimakan hewan didalam hutan berarti kalian bisa makan juga. dan dulu aku pernah liat kera dan singa makan rumput dan selidik punya selidik rerumputan tersebut mengandung antibiotik, waaah...


dan waktu pelajar biologi di sma aku pernah baca tentang cacing pipih merah yang menjadi indikator disuatu ekosistem air tercemar apa ga? jadi kalo ada cacing pipih merah hidup disana berarti airnya tidak tercemar dan bisa dikonsumsi. trus lumut bisa jadi penunjuk arah dimana sumber air berasal, arah tumbuh lumut menjadi lokasi penunjuk arah air. pentunjuk adanya kehidupan.


dan ketika kita kesasar dihutan matahari bisa jadi petunjuk jalan. karena matahari terbit dari timur kemudian tenggelam disebelah barat jadi tinggal ekspos arah lainnya. 

serta juga bisa Melalui rasi bintang
Menurut para astronom, ada tiga rasi bintang yang populer digunakan oleh para nelayan, para peladang, penyuka kegiatan alam, hingga orang-orang tersesat tentunya, untuk mengetahui arah mata angin: rasi bintang Ursa Minor (artinya Beruang Kecil. Di Indonesia di sebut Biduk) , rasi bintang Crux (Layang, Gubung Penceng, Pari), dan rasi bintang Orion.
Ursa Minor menunjukkan arah utara. Lihat bintang yang paling ujung ( alfa), disebut Polaris, itulah yang menunjukkan arah utara.


Rasi bintang Crux menunjukkan arah selatan. Bintang paling bawah (alfa, bagian lengan yang terpanjang) itulah yang menunjukkan arah selatan.

Orion menunjukkan arah barat (tiga bintang yang lebih mirip ekor kalajengking dibandingkan pinggang Orion).

Ketiganya selalu terlihat jelas ketika langit cerah. Untuk mengantisipasi bila ada bagian langit yang tertutup awan, minimal ketiganya kita mengenalnya. Kalau-kalau satu yang terlihat dan yang lainnya tidak.
Selain ketiga rasi bintang ini, rasi-rasi lain tentu sangat banyak, para astronom tentu telah banyak memetakan. Tapi, tiga rasi bintang inilah yang paling jelas terlihat di malam hari bagi orang awam seperti kita, mencolok, dan sangat terpercaya sebagai pemandu arah mata angin.

Rhett Butler di Panama pada tahun 2011
Hutan Amazon
tapi hutan Amazon sangatlah indah, mengagumkan dan eksotis. serta pengetahuan-pengatahuan baru tentang tumbuhan dan hewan dihutan Amazon tidak pernah membosankan sedikitpun. aku ingin menelusuri sepanjang sungai Amazon dan menyelam sampai kedasar sungainya. kemudian melakukan penjelajahan menyisiri setiap jengkal hutannya. trus ga lupa mengabadikan momen disana. dan siapa tau beneran ketemu tumbuhan langka yang dicari ilmuan di film yang aku tonton. hahahahahahaaaa :D

Kupu-kupu dengan sayap transparan
kupu kupu cantik dengan sayap transparan

aku juga ingin bertemu dengan masyarakat adat disana, mungkin aku bisa belajar beberapa teknik pengobatan dari para shaman atau ahli pegobatan tradisional yang menggunakan tanaman untuk menyembuhkan orang. 
ngarep :D


Waura anak di Brazil
shaman
kalau mau belajar dari masyarakat adat disana kayaknya aku perlu belajar bahasa daerahnya dulu. wah sepertinya bakalah seru >.<

dan begitulah My Dreamy Vacation Menjelajahi hutan Amazon, sambil berharap dan berdoa suatu saat bisa terkabul.

jika ini beneran terkabul, bener bener jadi suatu pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup. tsaaaaaah~



sumber
1
2
3
4

8 comments:

  1. aaak, aku jg pengen explore amazon, tp mbak knapa harus ada foto kodoknya sih? hagz ogah sm kodok >,< *salah fokus* sukses GA nya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Waaahh... species di hutan Amazon, benar2 mencengangkan ya.... Semoga bisa terlaksana ya kesana..

    ReplyDelete
  3. waaah...asyiiiik banget dreamyvacationnya ke Amazon...kebayang seruuu dan penuh tantangannyaaa...keyeen...makasih sudah ikutan GAku ya maak...

    ReplyDelete
  4. Wuih... vacationnya keren. Berasa kulaih lapangan. Semoga tercapai.^^

    ReplyDelete
  5. sumpeeeehh bikin aku ngowoh mak

    ReplyDelete
  6. @wulan, terima kasih mba wulan. haha gpp toh kodok juga mahluk hidup yang imut dan menggemaskan >.<

    @Santi Dewi, iya sangat mencengangkan mba. Aminn terima kasih doanya :)

    @indah nuria Savitri, okee maak... terima kasih kembali :D

    @Nia Haryanto, Aminn terima kasih mba Nia ^^

    @Icha, ngowoh opo toh mak?

    ReplyDelete
  7. wuuuiihh seruu banget nih impiannya.. Amazon!! semoga kesampean yah mak ;)

    ReplyDelete
  8. @momtraveler, hehe iya mak seru bangeeet, ngebayanginnya aja udah bikin deg deg an. aminn terima kasih doanya :D

    ReplyDelete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...