Wednesday, 5 March 2014

Cantik dari bahan bahan yang ada didapur

halo, apa kabar semua

btw, akhir akhir ini aku tertarik dengan semua perawatan alami dari ujung rambut sampai ujung kaki. 
dan apa yang aku temukan. 

voilaaaaa~ 

semua itu ada didapur kita masing masing. mulai dari beras, telur,  rempah rempah untuk masak sehari hari, buah buahan, gula, garam, kopi, dan oil oilan mulai dari palm oil (minyak sawit/minyak sayur) yang sering kita pake buat goreng ini itu, olive oil buat salad, coconut oil, sayur sayuran, cuka apple, cuka beras, green tea, susu, dan buaaaaaaanyak lagi.

source: carapedia.com

mereka semua memiliki masing masing manfaat yang sangat bagus untuk kulit.

misal, aku dua kali minggu maskeran madu + bubuk kayu manis. hasilnya kulit wajahku lebih glowing dan sehat. dan juga pakai olive oil jadi body oil pengganti body lotion. 

trus pake oil cleansing method dengan campuran olive oil  + castor oil untuk membersihkan make up pengganti make up remover yang ada dipasaran. trus luluran dengan bubuk coklat +bubuk pala jadi ga perlu beli lulur pasaran lg LOL. 

dan banyak lagi kalo diceritain.

hal diatas bener bener menghemat uang ku untuk pengeluaran membeli skin care pabrikan yang notabene beberapa mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kulit.

tapi karena semua alami bukan berarti semua bagus untuk kulit. aku harus trial and error dengan beberapa bahan yang ada didapur. ada yang cocok ada yang engga ada yang punya aturan pakai tersendiri supaya bisa didapatkan hasil yang baik. seruuuu!!

misal kalo pake bubuk kayu manis sebagai lulur. hasilnya emang kulit jadi halus dan bersih tapi sesudah itu jadi kering. dan kalo dipakai jadi masker kulitku jadi pedih pedih. ugghh >.<
makanya untuk masker aku campur kayu manis dengan madu biar balance. karena kayu manis terlalu kuat untuk kulit kalo ga dicampur dengan bahan lain atau istilahnya "dilute" dan juga bisa bikin iritasi kalo dipake berlebihan.

contoh lainnya cuka apple, aku bikin toner sendiri dari green tea + cuka apple.  tapi komposisinya green tea harus lebih banyak dari cuka applenya biar ga merusak dikulit secara cuka apple asem banget boo~ itu kalo cuma cukanya yang kebanyakan bisa asem tu kulit dan jadi kering kerontang.
seperempat sendok aja campur segelas gedee air masi berasa asemnya. paling untuk 50 ml aku masukin cuka apple cuma lima sampai tujuh tetes.

naah olive oil aku ini cintaaa banget sama yang namanya olive oil. tapi si doi punya aturan pakai sendiri. beberapa oil termasuk olive oil memiliki sifat fotosintetik artinya menyerap sinar matahari. jadi kalo dipakai dikulit saat siang hari tu kulit dijamin tanned (jadi coklat). jadi aku pakenya malem hari aja. tapi ini ide yang bagus buat yang mau tanned kulit tanpa harus beli lotion untuk tanned skin. hehehe

source: m.okezone.com

tapi olive oil akan rusak kandungan anti oksidannya jika terkena cahaya ini juga alasan kenapa kenapa aku pakenya hanya dimalam hari. juga penyimpanan olive oil harus ditempat yang tidak terkena cahaya secara langsung. trus kalo mau beli olive oil pilihlah botolnya yang gelap. dan banyak kok dijual disupermaket. okiee

jadi, cantik dari dapur itu menyenangkan sekali juga aman dan hemat. itung itung juga nambah pengetahuan baru. tapi sebenernya saat ini aku belum punya dapur sendiri secara anak kos an -___-

dan semua bahan bahan tersebut aku simpan dikamar kos. dan ini kamar keliatan jadi gudang penyimpanan barang. wkwkwkwkwkwk maaf jadi curcol. sampe tanteku komen katanya "ikaaaa bagaimana kalo kamu punya suami nanti kamarmu aja berantakan gini" LOLOLOL

okee sampai disini dulu, nanti dilanjut lagi di post berikutnya 

XOXO


3 comments:

  1. aku pakai susu Mak ... buat melembabkan kulit ku yang kusam kayak seharian udik di pasar :D biar gak kayak pantat panci :D salam kenal ya Mak :)aku dari KEB

    ReplyDelete
  2. wua.. saya masi suka yang praktis dan instan mak, kayaknya perl juga nih beralih ke yang alami..

    makasi sharenya, mak.. :)

    ReplyDelete
  3. @violetovia, salam kenal jugaa mak, wah pake susu juga ya mak mantep deh. susu emang bergizi buat kulit, bikin halus & kenyel kenyel. aku juga pake susu buat maskeran biar kinclong. :D

    @Damae, sipp, ide yang bagus buat beralih ke yang alami karena lebih aman. juga harus siap ber rempong rempong riaa karena akan makan waktu dan tenaga juga. hehe semangat buat peralihannya ke yang alami :D

    ReplyDelete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...