Sunday, 26 January 2014

Shea Butter untuk perawatan kulit

yaaaay apa kabar?
akhirnya aku bisa ngepost sesuatu lagi >///<
saat ini aku punya hobi baru yaitu trial and error dengan perawat kulit yang natural
dan, aku lagi pake Shea Butter, loh butter? bukan mentega yang didapur itu ya~

dari berbagai sumber :

apa itu shea butter?

Shea butter adalah lemak putih atau berwarna gading yang diekstrak dari kacang pohon African shea (Vitellaria paradoxa). 

Shea butter adalah trigliserida (lemak) terutama, berasal dari asam stearat dan asam oleat. Banyak digunakan dalam kosmetik sebagai pelembab, salep atau lotion. 

Shea butter digunakan dalam persiapan makanan di Afrika dan juga sebagai profilaksis. 

Kadang-kadang di industri coklat mereka menggunakan shea butter yang dicampur dengan minyak lain, sebagai pengganti cocoa butter. meskipun rasanya terasa berbeda.

Kata bahasa Inggris "shea" berasal dari s'í, nama pohon dalam bahasa Bambara dari Mali.  Nama Perancis Karite berasal dari ghariti, setara dalam bahasa Wolof Senegal. Dalam beberapa bagian Afrika Barat, shea butter disebut sebagai Ori. 

shea butter: pic. mrh

Shea butter adalah ekstrak lemak kompleks, dan disamping itu shea butter adalah komponen nonsaponifiable (zat yang tidak dapat sepenuhnya dikonversi menjadi sabun dengan perlakuan dengan alkali) dan mengandung asam lemak berikut: 


asam oleat/oileic acid (40-60%), asam stearat (20-50% ), asam linoleat/linoleic acid (3-11%), asam palmitat (2-9%), asam linolenat (<1%) dan asam arachidic (<1%).




Shea butter is a triglyceride (fat) derived mainly from stearic acid and oleic acid.


Shea butter meleleh pada suhu tubuh. 


shea butter dalam penggunaannya kebanyakan  untuk perawatan kulit karena teksturnya yang cepat menyerap ke dalam kulit, juga bertindak sebagai "refatting" agen, dan memiliki sifat mengikat air yang baik.


Shea butter terutama digunakan dalam industri kosmetik untuk kulit dan rambut. terkait produknya berupa (lip gloss, krim pelembab kulit dan emulsi, dan kondisioner untuk rambut kering dan rapuh). dan Shea butter juga digunakan oleh para pembuat sabun, biasanya dalam kecil jumlah (5-7% dari minyak dalam resep), karena memiliki sifat unsaponifiables.


Di beberapa negara Afrika seperti Benin (salah satu nama negara), shea butter digunakan untuk minyak goreng, sebagai Wax waterproofing, untuk hairdressing, pembuatan lilin, dan juga sebagai bahan baku dalam salep obat. Dan juga digunakan oleh para pembuat instrumen perkusi tradisional Afrika untuk meningkatkan daya tahan kayu (seperti kerang djembe diukir), kering labu labu, dan tali tuning kulit.


Shea butter mengandung kandungan kimia terisolasi diketahui memiliki sifat anti-inflamasi, emolien dan humektan. Shea butter juga digunakan sebagai sun block lotion dan memiliki kapasitas yang terbatas untuk menyerap radiasi ultraviolet.

shea butter bisa tahan untuk 18 sampai dengan 24 bulan.
kemudian shea butter memiliki bau alami (baunya kearah bau kacang kacangan), dan sebenernya sih shea butter yang udah lewah umurnya dari 24 bulan masih bisa digunakan sebagai pelembab kulit dan rambut tapi asam lemak dan mineral lainya yang terkandung dalam shea butternya sudah berkurang.

untuk jenis shea butter:
ada dua jenis shea butter berdasarkan asal usulnya

1. East Shea Butter/Vittelaria Nilotica (dari Uganda)
  2. West Shea Butter/Vittelaria Paradoxa (dari Ghana)


East Shea Butter/Vittelaria Nilotica (dari uganda), pada suhu kamar teksturnya semi-padat dan lebih lembut dari west shea butter, hingga lebih mudah digunakan dan aromanya juga lebih manis dari west shea butter. dan saat ini disayangkan produksinya jarang karena kerusuhan sipil yang terjadi di Uganda dan Sudan. (semoga cepat berakhir dan mereka berdamai #amin)


West Shea Butter/Vittelaria Paradoxa (dari Ghana) bisa meleleh pada suhu 65 F, dan jika kondisi shea butternya dalam keadaan semi - cair shea butternya akan cepat mengeras.




nah, shea butter yang aku gunakan saat ini unrefined shea butter + Fankincense and Myrrh Essential oil.

kemudian..


yang perlu kita tahu~! unrefined shea butter adalah shea butter yang langsung dari alam dan  diekstraksi secara tradisional/cold pressed, warnanya beige dan kuning medium (yellowis), memiliki bau natural dari kacang. biasanya memiliki tekstur lengket dan berlemak. shea butter yang masih baru memiliki bau yang kuat tapi semakin lama disimpan baunya akan memudar. 


sampel
kemudian ada yang namanya refined shea butter~! adalah shea butter yang dibleached (diputihkan), deodorized (dihilangkan baunya). refined shea butter dikatakan sepenuhnya sudah kehilangan dari semua vitaminnya dan kualitasnya pun berkurang. pokoknya jauh beda teksturnya dari unrefined shea butter.

 dalam prosesnya Hexane digunakan sebagai pelarut untuk mengekstraksi shea butter yang lebih banyak. kadang-kadang malah diperlukan proses lebih lanjut untuk menghilangkan kontaminasi heksane dari shea butter. 

hexane adalah bahan kimia beracun yang dihasilkan di kilang minyak bumi dan merupakan produk sampingan dari bensin. dan juga dipakai terutama sebagai pelarut untuk mengekstrak minyak nabati dari biji dan sayuran seperti kedelai, kacang tanah & jagung. dan memiliki nilai komersial yang digunakan sebagai pelarut untuk lem, hilang & tinta. #huff banget deh

jadi~
ini dia shea butter yang aku pake,  shea butter + Frankincense and Myrrh essential oil, dan bau kacangnya udah tersamarkan karena udah dicampur dengan bahan lain.


foto dibawah juga shea butter, sampel shea butter + chamomile neroli essential oil


pengalaman aku nyobain shea butter, dan hasilnya bagus untuk kulit ku yang kombinasi, yang kadang sangat kering. lalu aku juga pakai shea butternya ke rambut sebagai masker kemudian dicuci dengan shampo hasilnya rambut aku lebih lembut, terurai, dan lebih berkilau. tapi hati hati kalau pakainya kebanyakan. juga sebagai pelembab untuk bagian kulit yang kasar seperti siku, mata kaki, dan telapak kaki juga sangat bagus

oles shea butter 
padatan shea butter
blend
selain itu shea butternya aku gunakan juga sebagai pengganti sun cream. ini tidak ekonomis, tapi  cukup hemat karena pakenya cukup secuil ga perlu banyak banyak. tapi tidak aku sarankan cuma pakai ini aja untuk seharian berpanas panas diluar ruangan.

penyimpanannya ga perlu di kulkas. cukup ditempat yang kering dan sejuk :)

udah sebulanan aku pake shea butter sampai saat ini belum ada keluhan apa pun kecuali kulitku yang semakin sehat dan lembab.


aku tambahin manfaat lainya dari shea butter :


- Pelembab kulit harian (wajah dan tubuh)
- Kulit kering lega
- Kulit kepala kering
- Kulit ruam-ruam popok
- Mengupas kulit, setelah penyamakan
- Noda dan keriput
- Kulit Gatal karena kekeringan
- Sunburn
- Mencukur krim untuk mengurangi iritasi cukur
- Luka kulit Kecil
- Retak Kulit
- Melembutkan kulit keras pada kaki (terutama tumit)
- Peregangan mark pencegahan selama kehamilan
- Luka bakar ringan
- Eksim
- perlindungan dari matahari dan angin
- Meningkatkan skin tone
- Mengurangi noda dan bekas luka
- Menghilangkan iritasi kulit kepala dari kekeringan atau pengolahan kimia
- Mencegah benjolan setelah bercukur
- Mengurangi jerawat (terutama dalam kombinasi dengan Afrika Hitam Sabun)
- Menyerap cepat tanpa meninggalkan residu berminyak
- Membantu mengembalikan elastisitas kulit
- Mengembalikan kilau rambut

sumber: wikipedia.com dengan beberapa editing

semoga bermanfaat

amna



update 16/03/2017

aku ga nyangka masi ada yang baca blog ini. dan bener banget membelinya untuk yang unrefined sangat sulit didapatkan di-indo seperti yang diinfokan salah satu rekan pembaca kita di komen. tapi sudah ada kok beberapa online shop lokal yang menyediakan stock unrefined shea butter, dan coba juga cek bukalapak, kaskus, tokopedia, shopee (free ongkir loh) dan lain lain. atau beli langsung ke tempat tetangga paling dekat yaitu singapore. kalau aku sendiri yang ini dulu belinya di web luar https://www.mountainroseherbs.com. btw kalo yang refined saat ini punya stock dan menjualnya juga. coba cek juga di jual refined shea butter

okeh selamat berbelanja, dan trial and error.



33 comments:

  1. Khasiatnya bagus sekali ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup tapi ga selalu bagus dan cocok untuk semua orang

      Delete
  2. @mbak susi, iya mbaak khasiatnya sangat bagus sekali. monggo dicoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bolh tanya.. belinya dmn y and brp harganya mba.. mohon infonya.. tq

      Delete
    2. Kemaren saya beli pad umroh Dan ternyata tidak semua toko jual cuma Ada 1 toko,kemaren saya beli 25real 100rb an kurang,pas d pake enak banget,begitu dagu gatel Karna keringet dan debu pas d oles shea butter lgsg ilang cm beberpa menit

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Hai, aku jg pakai shea butter unrefined. Sayangnya gak smw org cocok ya. kulitku yg gak kena jerawat aq pakein hasilnye bagus, mulus, pori2 jg mengecil. Tp pas di bagian berjerawat malah tambah parah ya.. Oiya, katanya shea butter yg refined itu cocok buat yg kulit sensitif ya..? Bisa jd solusi utk yg gak cocok sm yg unrefined kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf aku kurang tau juga kalau shea butter yang refined itu cocok dengan kulit sensitif atau tidak. soalnya aku belum baca literatur atau review blogger lain tentang unrefined dan refined untuk jenis kulit. tp menurut aku yang refined itu sudah berkurang nutrisinya karena proses dan penambahan zat lain yang dilaluinya. jadi menurut aku untuk kulit sensitif sepertinya tidak.

      o iya shea butter mengandung oleic acid yang cukup tinggi.

      Delete
    2. mb anna beli shea butter di mana y? q pingin cb nich

      Delete
    3. mb anna beli shea butter di mana y? q pingin cb nich

      Delete
    4. Mbak Anna, ditanya tuh belinya dimana?

      Mbak Tinta, tidak semua yang alami cocok untuk kulit sensitif. Justru banyak yang alami harus melalui proses kimia terlebih dahulu untuk bisa diterima kulit sensitif. Proses itu meliputi pengaturan 'ph'nya, kebersihannya, kandungan bahan-bahan dan aromanya, dll.
      Saya menggunakan 'shea butter' jenis 'refined' justru karena kulit saya sangat sensitif.
      Demikian info yang saya tau.
      Semoga membantu.
      Terima kasih.

      Delete
    5. Mbak Anna, ditanya tuh belinya dimana?

      Mbak Tinta, tidak semua yang alami cocok untuk kulit sensitif. Justru banyak yang alami harus melalui proses kimia terlebih dahulu untuk bisa diterima kulit sensitif. Proses itu meliputi pengaturan 'ph'nya, kebersihannya, kandungan bahan-bahan dan aromanya, dll.
      Saya menggunakan 'shea butter' jenis 'refined' justru karena kulit saya sangat sensitif.
      Demikian info yang saya tau.
      Semoga membantu.
      Terima kasih.

      Delete
    6. ntap infonya membantu mas martinus, happy trial and error rekan rekan semuaaa.. #xoxo

      Delete
  5. beli shea butter nya dimana ya? :)

    ReplyDelete
  6. Perkenalkan, sy Thomas dari PD.Kakao Inti Jaya, Bandung. Kami adalah perusahaan supplier Cocoa Product, dalam hal ini Cocoa Butter. Untuk Info lebih lanjut silahkan hubungi saya di 081223201725 atau PIN BB 28C79CD4. Terima kasih. GBU.

    ReplyDelete
  7. Belinya dimana ya mbak? Kalau diapotik ada gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada diapotik mba (kalaupun ada jarang sekali dan aku ga tau dimana), sudah aku update carinya dimana.

      Delete
  8. hellow mba brapa harga shea butternya? disini gak ada di cantumkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ga salah dulu itu belinya segitu (yang kayak di foto) 170.000

      Delete
  9. Terimakasih banyak gan, sangat bermanfaat sekali tutorialnya...salam sukses buat admin.

    ReplyDelete
  10. untuk pesan lewat mana dan ama siapa mba' mohon info kirim ke email aku mohammad.lihawa@gmail.com ditunngu infonya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah aku emailin ga dibalas cubit loh

      lol

      Delete
  11. halo mba amna. Aku pake body lotion yg mengandung shea butter, baru tau ternyata bisa beli shea butternya aja ya... belinya dimana ya mba?

    XOXO, Cilla
    http://mkartikandini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup shea butter itu termasuk bahan mentah yang juga diolah jadi lotion dan macem macem skincare dan kosmetik lainnya

      Delete
  12. Beli dimana mbak kirim ke emailku yaa... Sadyaswati@gmail.com thanks mb amma

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah aku emailin ga dibalas cubit loh

      lol

      Delete
  13. Mbak Anna, tolong dijawab belinya dimana 'shea butter'nya?

    Untuk pembaca blog ini, sekedar saya berbagi info saja, bahwa sangat sulit mendapatkan 'unrefined shea butter' di dalam negeri, dan untuk membelinya biasanya melalui online yang toko online-nya sebetulnya ada diluar negeri. Yang terdekat ada di Singapura.
    Untuk jenis 'refined'nya, saya membeli dari label kosmetik asal Prancis, L'ocitane yang bisa ditemukan di beberapa department store besar.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas martinus, terima kasih sudah diingatkan untuk menjawab komen. sudah aku update informasi untuk membelinya dimana. terima kasih juga untuk infonya juga :D

      Delete
  14. halo mba, mau tanya, itu unrefined shea butternya bisa langsung dipakai ya?atau harus diproses dulu?klo harus diproses dulu,seperti apa ya prosesnya?
    buat info aja di web organicsupply.co ada unrefined shea butter. thanks ya

    ReplyDelete
  15. Mbk ana.. Minta tolong emailin dmna belinya dong makasih..
    avilahanap@gmail.com

    ReplyDelete
  16. coba buka di website ini www.indonesiasheabutter.com disana jual shea butter organic & unrefined. aku juga pake..

    ReplyDelete

Sharing is caring <3

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...